Cara Memindahkan Penyimpanan iCloud ke iPhone Secara Simpel

Cara Memindahkan Penyimpanan iCloud ke iPhone – Banyaknya macam file berupa video, foto, dan dokumen yang perlu disimpan mengakibatkan satu saja ruang penyimpanan tidak cukup untuk keperluan pengguna. Untuk itu, para pengembang smartphone sudah menyediakan layanan penyimpanan awan. Cara-cara memindahkan file ke penyimpanan awan dan sebaliknya pun mudah, termasuk cara memindahkan penyimpanan iCloud ke iPhone.

Para pengguna perangkat Apple seperti iPhone tentu tahu yang namanya iCloud. Penyimpanan awan ini membuat file dapat diakses di berbagai perangkat Apple. Mungkin banyak pengguna, khususnya yang terbiasa dengan Android, merasa asing dengan istilah ini serta cara pemakaiannya.

Mengenal iCloud

cara memindahkan penyimpanan icloud ke iphone
cara memindahkan penyimpanan icloud ke iphone

iCloud adalah penyimpanan awan yang disediakan khusus bagi perangkat-perangkat Apple seperti iPhone, iPad dan Mac. Sesuai namanya, iCloud memiliki logo berlatar belakang putih dengan ikon awan berwarna biru. Selain menyimpan file, fungsi-fungsi iCloud yaitu menyinkronkan kontak, melacak perangkat yang hilang, dan masih banyak lagi.

Pada versi gratis, ruang penyimpanan iCloud disediakan sebesar 5 GB. Versi iCloud pemula ini dapat ditingkatkan ke iCloud+ yang memiliki lebih banyak fitur premium. Sayangnya, untuk memperbesar ruang penyimpanan iCloud, pengguna harus mengeluarkan kocek yang tidak sedikit.

Baca juga : Cara Membuka Gmail Lupa Sandi

Akan ada saatnya iCloud penuh. Jika pengguna tidak segera mengelola penyimpanan iCloud, maka iCloud dikhawatirkan tidak akan dapat berfungsi dengan baik. Namun, tenang saja. Faktanya, penyimpanan iCloud bisa dipindahkan ke iPhone dengan berbagai metode, baik melalui situs iCloud.com maupun hanya memakai iPhone sendiri.

Langkah Cara Memindahkan Penyimpanan iCloud ke iPhone

Seperti yang sudah disebutkan di atas, penyimpanan iCloud dapat dipindahkan ke penyimpanan internal iPhone. Langkah-langkahnya juga sangat mudah untuk diikuti, tanpa perlu perangkat tambahan. Berikut ini urutan langkahnya:

1. Buka iCloud di Menu Pengaturan

Bagi yang belum terbiasa memakai perangkat Apple, ikon menu pengaturan berbentuk lingkaran abu-abu dengan lingkaran abu-abu gelap di dalamnya. Setelah mengetuk ikon ini, akan langsung ditemukan ikon profil akun ID Apple tepat di bawah kata “Pengaturan”. Ketuk ID Apple ini, kemudian ketuk tulisan “iCloud”.

2. Ketuk Kelola Penyimpanan > Cadangan

Setelah mengetuk tulisan “iCloud”, di layar akan segera muncul bar persentase ruang penyimpanan iCloud Drive yang telah digunakan. Di bawah bar berwarna-warni tersebut, ketuk “Kelola Penyimpanan”. Setelah mengetuk “Kelola Penyimpanan” akan muncul layar “Penyimpanan iCloud” dengan tampilan yang hampir sama persis dengan layar sebelumnya. Langsung saja ketuk “Cadangan”.

Baca juga : Cara Nonton Youtube Sambil Membuka Aplikasi Lain Di Xiaomi

3. Pilih Nama Perangkat yang Digunakan

Pada menu “Cadangan”, akan ditampilkan perangkat-perangkat apa saja yang terhubung dan dicadangkan ke iCloud Drive. Ketuk nama perangkat yang digunakan. Setelah itu akan muncul info pencadangan terakhir, ukuran cadangan, ukuran cadangan berikutnya, serta nama aplikasi yang masih dicadangkan hingga kini.

4. Nonaktifkan Aplikasi yang Tidak Ingin Dicadangkan

Di samping setiap ikon, ada tombol lingkaran berwarna putih yang bisa digeser ke kiri untuk menonaktifkan aplikasi. Tekan “Tampilkan Semua App” untuk melihat seluruh app yang dicadangkan pada perangkat.

5. Tekan “Nonaktifkan & Hapus”

Setelah mengkonfirmasi aplikasi yang hendak dinonaktifkan dan dihapus, aplikasi tersebut beserta segala datanya akan tercabut dari iCloud. Namun, alangkah baiknya bila sebelumnya data-data tersebut telah diunduh terlebih dahulu ke dalam penyimpanan internal.

Demikian langkah cara memindahkan penyimpanan iCloud ke iPhone secara simpel. Langkah-langkah ini dapat langsung dipraktekkan bagi yang tidak ingin repot-repot mengakses iCloud.com ataupun menggunakan Mac. Meski begitu, memindahkan penyimpanan dengan cara ini akan agak lama karena tidak bisa memindahkan lebih dari satu folder sekaligus.


Dapatkan informasi teknologi paling update rekomendasi dari Terminal Tekno langsung ke smartphone kamu melalui aplikasi Telegram dengan bergabung di https://t.me/terminaltekno



5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar