Cara Untuk Login SIM PKB Terbaru 2021

Login SIM PKB banyak dicari tutorialnya oleh para guru yang ingin sekali meningkatkan kemampuan dan kompetensi yang dimilikinya. Namun, sebenarnya apa sih SIM PKB itu sendiri? Dan mengapa banyak guru yang ingin mendaftar SIM PKB? Bagi Anda yang masih bingung mengenai apa itu SIM PKB, berikut adalah penjelasannya untuk Anda.

Pengertian SIM PKB

SIM PKB adalah singkatan dari Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Maksud dari adanya SIM PKB adalah untuk menyelenggarakan proses kegiatan belajar mengajar bagi para guru dengan harapan agar kualitas dan kompetensi guru bisa semakin berkembang dan lebih profesional.

Dengan adanya SIM PKB ini, guru bisa meningkatkan kualitas dan kompetensi agar bisa melaksanakan segala tugas yang dimilikinya. Nah, dengan memiliki SIM PKB ini maka Anda sebagai guru bisa dengan mudah login ke pretest dan post test PKB.

Namun, sebelum Anda bisa login di SIM PKB maka Anda harus masuk dengan komunitas Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK). Jadi menariknya adalah siapapun yang mengikuti program PKB, maka segala program yang diikuti untuk mengembangkan kompetensi adalah tanggungjawab komunitas, bukan sekolah.

Lalu siapa saja yang bisa ikut dalam program pengembangan kompetensi untuk guruini ?

Guru dengan Hasil UKG Minimal

Untuk bisa mengikuti program PKB, maka Anda harus berhasil dalam mengikuti Uji Kompetensi Guru Profil (UKG) dengan angka minimal 3-10. Jika Anda belum mengikuti  UKG atau sudah mengikuti namun tidak sesuai dengan keahlian, maka Anda perlu melakukan tes awal lagi dengan menggunakan sistem dari UKG.

Guru yang Masuk di Komunitas

Sesuai yang sudah dijelaskan, untuk bisa mengikuti program pengembangan guru ini, setidaknya Anda bisa masuk dalam sebuah komunitas GTK.

Guru yang Berada di Lokasi  dengan Akses Internet Kuat

Apabila Anda ada mengikuti program PKB secara online atau daring, maka Anda harus berada di wilayah dengan  akses internet yang kuat.

Guru yang Telah Menyetujui Program PKB

Apabila Anda ingin sekali bisa mengikuti program PKB, pastikan Anda menyatakan persetujuan Anda untuk melakukan berbagai kegiatan pembelajaran yang diselenggarakan. Anda harus mempunyai kemauan dan komitmen besar untuk menyelesaikan seluruh program PKB selama 1 tahun.

Baca juga : Cara Login Sispena

Cara Menemukan Nomor UKG

Dikarenakan untuk bisa login SIM PKB Anda harus mempunyai nomor UKG, berikut adalah cara untuk bisa menemukan UKG yang digunakan untuk login ke sistem PKB  :

  1. Bukalah browser pada laptop, PC atau smartphone Anda.
  2. Klik alamat situs https://paspor-gtk.belajar.kemdikbud.go.id/casgpo/login
  3. Jika Anda belum mempunyai akun, maka Anda bisa mengklik tulisan”Registrasi Akun”
  4. Kemudian halaman akan meminta Anda menuliskan detail nomor peserta UKG 2015 dan juga tanggal lahir Anda.
  5. Lupa dengan nomor UKG Anda? Tenang, saja! Anda  bisa mencari nomor peserta Anda dengan mengetikkan menu di “Cari No UKG”.
  6. Di menu tersebut, Anda bisa menuliskan nama Anda sebagai Peserta UKG, kemudian klik “Provinsi” dan pilih tulisan “Kota/Kab” baru kemudian Anda bisa mengklik ”Cari GTK”
  7. Jika sudah menemukan nama peserta dan nomor UKG Anda, maka segeralah untuk mengcopy nomor peserta UKG Anda.

Cara Login SIM PKB

Login SIM PKB
Login SIM PKB

Berikut adalah cara untuk bisa login ke sistem PKB dengan nomor UKG yang Anda miliki :

  1. Masukan detail nomor UKG yang Anda miliki
  2. Masukkan juga “Tanggal Lahir” Anda
  3. Klik tulisan ‘Saya Bukan Robot’ untuk melanjutkan login.
  4. Klik tulisan “Register”
  5. Setelah itu akan muncul sebuah notifikasi ‘Persetujuan’ yang perlu Anda klik.
  6. Jika sudah mengklik ‘Persetujuan’, maka Anda akan harus menyimpan file akun guru pembelajaran secara mandiri dengan cara “Save as PDF”.
  7. Proses registrasi Andapun selesai karena Anda sudah mendapatkan “Username dan Password Akun” yang ada di file PDF.
  8. Cobalah untuk kembali ke menu awal untuk bisa login lagi dengan Username dan Password Akun”

Mengapa Guru Perlu Mengikuti Program PKB?

Apa itu kompetensi guru? Kompetensi adalah keterampilan dan pengetahuan yang memungkinkan seorang guru untuk menjadi sukses. Untuk memaksimalkan pembelajaran siswa, guru harus memiliki keahlian dalam beragam kompetensi dalam lingkungan yang kompleks di mana ratusan keputusan penting diperlukan setiap hari.

Beberapa pekerjaan menuntut integrasi penilaian profesional dan penggunaan kompetensi berbasis bukti yang mahir seperti halnya mengajar. Mengapa program PKB ini penting? Kekuatan transformasional dari seorang guru yang efektif adalah sesuatu yang dibutuhkan. Secara intuitif, hubungan antara pengajaran dan prestasi akademik siswa adalah hal yang tidak dapat dipisahkan.

Penelitian menegaskan persepsi umum tentang suatu tautan dan mengungkapkan bahwa dari semua faktor di bawah kendali sekolah, guru adalah pengaruh paling kuat terhadap keberhasilan siswa.

Kompetensi mana yang membuat perbedaan terbesar? Pemeriksaan penelitian tentang praktik pendidikan yang membuat perbedaan menunjukkan bahwa empat kelas kompetensi menghasilkan temuan terbesar.

  1. Pemberian instruksi
  2. Manajemen kelas
  3. Penilaian formatif
  4. Kompetensi pribadi (soft skill)

Baca juga : Cara Mengecilkan Ukuran Foto

Selanjutnya, penelitian menunjukkan bahwa kompetensi dan pengembangan yang diberikan guru ini dapat digunakan untuk mengatur berbagai keterampilan dan pengetahuan khusus yang tersedia untuk membangun pengembangan guru yang efektif.

PKM memberi tahu Anda apa yang dapat diharapkan dari seorang guru yang menggunakan strategi dan praktik pengajaran yang terbukti mengarah pada peningkatan penguasaan pelajaran.

Pembelajaran yang lebih baik terjadi dalam lingkungan yang dinamis di mana guru menawarkan pengajaran aktif secara eksplisit daripada dalam situasi di mana guru tidak secara aktif memandu pengajaran daripada hanya menyerahkan kontrol atas kecepatan pengajaran kepada siswa.

Program pengembangan kompetensi ini dapat digunakan guru secara efisien dan efektif untuk meningkatkan penguasaan materi dan skill pada berbagai kurikulum? Pendekatan terstruktur dan sistematis dari program PKB menekankan penguasaan pelajaran.

Program ini mengajarkan guru untuk bisa memahami apa yang telah diajarkan, menjadi fasih dalam materi baru, dan dapat menggeneralisasi apa yang dipelajari pada situasi baru yang mereka hadapi di masa depan.

Guru harus membangun pengetahuan / keterampilan yang diperoleh dengan cara-cara kreatif untuk membantu siswa memahami materi. Guru harus membantu siswa dalam menggeneralisasi pengetahuan / keterampilan yang baru diajarkan dalam konteks yang lebih besar dari satu pelajaran.

Guru harus bisa menekankan penguasaan keterampilan dasar seperti membaca dan matematika, dan kemudian secara sistematis memperkenalkan peluang untuk mengintegrasikan keterampilan kritis dalam pelajaran berbasis penemuan untuk memaksimalkan pengalaman keberhasilan siswa.

Guru harus menghubungkan pelajaran dengan isu-isu kompleks dan ide-ide besar yang memberikan makna yang lebih dalam dan memberikan siswa pemahaman yang lebih baik tentang materi yang disampaikan dan semua itu bisa didapatkan dengan mengikuti program PKB. Bagi yang bingung dengan bagaimana cara login SIM PKB, semoga cara-cara di atas bisa membantu.

Tinggalkan komentar