Cocok Untuk Pengusaha Pemula! Ketahui Pengertian, Fitur, dan Cara Daftar Software SMS Marketing

Software SMS Marketing – Pernahkah pembaca mendapatkan pesan teks promosi? Terkadang pesan teks promosi yang didapatkan seringkali menggunakan nomor unik atau malah tidak ada nomor uniknya namun hanya nama merk yang dipromosikan. Rupanya ini merupakan salah satu fitur yang bisa didapatkan dari penggunaan software SMS marketing. Tertarik untuk mencoba? Ketahui selengkapnya dari ulasan berikut:

Tentang Aplikasi SMS Marketing

Sebenarnya software SMS Marketing merupakan aplikasi broadcast SMS. Artinya penggunaan software ini ditujukan untuk mengirim pesan ke banyak nomor sekaligus. Melalui sebuah aplikasi, pengguna bisa mengirimkan pesan yang sudah di kustomisasi ke banyak nomor sekaligus dan tidak terbatas pada provider nomor tertentu saja.

software sms marketing
software sms marketing

Aplikasi ini kebanyakan digunakan oleh perusahaan dalam berbagai macam bidang. Mulai dari perusahaan kuliner, asuransi, transportasi, penawaran agen pulsa, dan masih banyak lagi jenis perusahaan lain yang menggunakan software ini. Penggunaan aplikasi ini disebut sebagai solusi penawaran produk yang lebih murah dan praktis.

Baca juga : Software Animasi 3D Arsitektur

Ini dikarenakan software SMS tidak memerlukan pulsa untuk dioperasikan. Dengan biaya langganan atau harga lisensi yang telah ditentukan di awal, pengguna dapat mengirim pesan yang tidak terbatas jumlahnya. Tentu jika dibandingkan dengan SMS manual, penggunaan software ini jauh lebih murah dan yang pasti menguntungkan untuk para pengusaha dan perusahaan.

Fitur Aplikasi SMS Marketing

Selain murah dan mudah, software SMS marketing masih memiliki banyak fitur lainnya. Fitur-fitur inilah yang menjadi keunggulan utama dari penggunaan aplikasi SMS marketing.  Meskipun setiap aplikasi SMS marketing memiliki fitur dan spesifikasi yang berbeda, namun kebanyakan aplikasi ini memiliki beberapa fitur standar yang sama sebagai berikut:

  • Import kontak. Pengguna bisa menyimpan nomor yang akan dikirim SMS dalam dokumen excel. Dokumen tersebut selanjutnya dapat di import ke aplikasi sehingga data kontak dalam aplikasi SMS marketing sesuai dengan dokumen excel yang telah disiapkan.
  • Menyediakan OTP. Hampir semua pengguna aplikasi pernah mendapatkan kode OTP yang digunakan untuk memverifikasi nomor pendaftaran. Aplikasi SMS marketing dapat mengirimkan kode OTP atau One Time Password secara otomatis. Tentunya penggunaan kode OTP untuk verifikasi akan menambah kesan profesional pada bidang usaha pengguna.
  • Sender ID. Seperti yang sudah disinggung sedikit di atas, pengguna dapat mengatur nama pengirim SMS sesuai dengan nama merek atau perusahaan.
  • Penjadwalan SMS. Melalui aplikasi SMS marketing, pengguna dapat mengatur jadwal kapan saja SMS perlu dikirimkan. Misalnya seperti mengirimkan pesan promosi terjadwal dan sebagainya.
  • Pengiriman yang cepat. Kecepatan pengiriman SMS menggunakan aplikasi tidak dapat dipungkiri cepatnya. Rata-rata aplikasi ini dapat mengirimkan puluhan SMS per detiknya.
  • Memberikan Meski semua pengiriman dapat dilakukan aplikasi secara otomatis, pengguna akan tetap mendapatkan laporan SMS. Pengguna bisa melihat apakah SMS berhasil masuk atau nomor yang dikirim SMS sudah tidak aktif lagi.

Baca juga : Indosat Tidak Bisa Terima SMS

Cara Daftar Aplikasi SMS Marketing

Sebaiknya pengguna berhati-hati agar tidak kena tipu. Umumnya, software SMS marketing yang terpercaya memiliki kontak, alamat, serta alamat situs yang dapat dikunjungi. Cara pendaftarannya pun juga dapat dilakukan melalui situs resminya. Adapun cara daftar aplikasi SMS marketing umumnya sebagai berikut:

  • Umumnya di tahap awal calon pengguna akan diajak untuk melakukan registrasi terlebih dahulu. Pada bagian ini pengguna harus menuliskan beberapa informasi seperti nama dan bidang perusahaan, alamat, kontak dan sebagainya.
  • Pembayaran dan konfirmasi bayar. Tahap berikutnya pengguna harus melakukan pembayaran. Harga untuk aplikasi ini cukup bervariasi termasuk dengan kelengkapan fitur yang dipilih.
  • Pembuatan akun. Usai melakukan pembayaran dan konfirmasi, pengguna akan memasuki langkah pembuatan akun. Pengguna diminta memasukkan username dan password.
  • Mulai kirim pesan. Setelah berhasil membuat akun, biasanya pengguna akan mendapatkan demo tutorial penggunaan aplikasi. Kemudian, pengguna dapat mulai mengirimkan SMS dengan aplikasi.

Itulah informasi terkait software SMS marketing. Mulai promosikan usaha pembaca sekarang juga dan buat promosi lebih menarik dan profesional dengan aplikasi SMS marketing. Selamat mencoba!

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar