6 Software Animasi 3D Arsitektur yang Wajib Diketahui Oleh Calon Arsitek

Software Animasi 3D Arsitektur – Seiring berkembangnya dunia teknologi, semakin banyak aplikasi desain rumah yang dikembangkan oleh para developer. Para mahasiswa calon arsitektur wajib mengetahui software animasi 3D arsitektur yang pastinya akan sangat menunjang kemampuan dalam dunia desain. Bagi yang ingin belajar mendesain rumah pun, software seperti ini akan sangat membantu.

Dengan menggunakan bantuan software desain arsitektur, pastinya calon arsitek dan pengguna yang ingin belajar desain akan sangat terbantu dalam mendesain berbagai rancangan bangunan. Berikut ini ada beberapa rekomendasi software arsitektur animasi 3D yang bisa dicoba:

6 Software Animasi 3D Arsitektur yang Wajib Diketahui Oleh Calon Arsitek

Energy3D

Energy3D
Energy3D

Tentunya sesuai dengan namanya, rekomendasi aplikasi yang pertama ini bisa digunakan untuk membuat desain animasi 3D. Dengan menggunakan aplikasi Energy3D, maka pengguna bisa jauh lebih mudah dalam mendesain dan mengedit hunian impian.

Terdapat banyak tools yang bisa digunakan oleh pengguna. Bagi pemula, tidak perlu khawatir, tools yang terdapat pada software ini tentunya sangat mudah untuk digunakan. Hasil desain dari aplikasi ini dapat diekspor ke dalam format file PNG.

Sweet Home 3D

Sweet Home 3D
Sweet Home 3D

Software yang satu ini telah dikenal dan juga banyak digunakan oleh orang yang menyukai dunia desain. Bahkan cukup banyak para arsitek yang menggunakan software ini. Terdapat banyak fitur dan juga plugin yang bisa digunakan oleh pengguna. Kurang lebih ada 75 furniture yang bebas digunakan oleh pengguna pada saat mendesain rumah.

Baca juga : Indosat Tidak Bisa Terima SMS

Dengan menggunakan software ini juga membuat hasil desainnya akan terlihat seperti rumah sungguhan. Tampilan yang dihasilkan terlihat sangat modern dan pastinya berkualitas. Software ini juga sangat user friendly sehingga pengguna pemula pun bisa menggunakannya dengan mudah.

3D Studio Max

3D Studio Max
3D Studio Max

Software animasi 3D arsitektur yang direkomendasikan selanjutnya yaitu 3D Studio Max. Diberbagai negara software ini paling banyak digunakan, sehingga membuat software ini paling banyak digunakan. Plugin yang disediakan software ini terbilang cukup lengkap, sehingga pengguna pemula sekalipun akan sangat terbantu. Tidak hanya itu, software ini pun dapat digunakan untuk mengedit animasi, rendering, games dan modeling.

 Sketchup

 Sketchup
Sketchup

Google tidak memerlukan waktu lama untuk membeli hak paten software ini. Bahkan iklan yang dibuat google mampu membuat software ini semakin memiliki banyak pengguna. Namun nyatanya, software ini memang sangat bagus dan berkualitas sehingga banyak pengguna dan arsitek yang menggunakan software ini.

Sketchup memungkinkan para penggunanya untuk dapat merancang bangunan dengan sangat mudah dan cepat. Software ini menyediakan fitur yang bisa melakukan import gambar ke format yang cukup beragam seperti 3DS, PDF dan DWG. Banyak juga video tutorial yang disediakan, sehingga memudahkan pengguna pemula dalam mendesain rumah.

Baca juga : Software Cloning Hardisk

AutoCad Architecture

AutoCad Architecture
AutoCad Architecture

Untuk software animasi 3D arsitektur yang satu ini lebih banyak digunakan oleh kalangan arsitektur professional. Bahkan software ini menjadi salah satu aplikasi arsitektur 3D terbaik dan terfavorit bagi arsitektur professional. Pengguna dapat merancang berbagai gambar dengan detail akurat dan cepat. Tampilan desain rumah yang dihasilkan juga terlihat sangat nyata dan berkualitas. Hal ini tentunya akan membuat klien merasa sangat puas. Software ini juga bisa merancang detail yang sangat sulit dengan tingkat akurasi tinggi dan terukur.

Virtual Architect Home Design

Virtual Architect Home Design
Virtual Architect Home Design

Jika ingin merancang gambar yang berkualitas dan modern, pengguna bisa menggunakan software yang satu ini. Tools dan fitur yang ada didalamnya sangat lengkap sehingga pengguna bebas berkreasi. Interface yang disuguhkan juga sangat menarik, sehingga pengguna akan nyaman saat menggunakannya.

Pengguna pemula yang ingin menghasilkan desain dengan kualitas profesional,, dapat menggunakan software ini. Hal ini karena, aplikasinya memiliki fitur yang lengkap namun tetap mudah dioperasikan. Pengguna yang bukan mahasiswa arsitektur pun bisa menggunakan software ini karena ada video tutorial gratis yang disediakan.

Itulah 6 software animasi 3D arsitektur yang bisa dicoba oleh calon arsitek maupun pengguna yang ingin belajar mendesain bangunan. Beberapa software di atas juga sangat mudah digunakan, sehingga akan memudahkan para pengguna yang ingin belajar dan mendalami dunia desain menggunakan aplikasi.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar