Kartu Indosat Tidak Bisa Terima SMS, Temukan Penyebab dan Solusinya Disini

Indosat Tidak Bisa Terima SMS – Perangkat HP tidak bisa menerima SMS bisa jadi karena tidak ada jaringan yang bagus di sekitar perangkat yang digunakan. Namun, apa jadinya jika penyebabnya bukan masalah jaringan? Kartu Indosat tidak bisa terima SMS juga bisa terjadi karena faktor lain seperti keadaan ponsel dan nomor kartu yang digunakan.

Pengguna Indosat yang terkendala dengan masalah mengirim dan menerima pesan harus mengecek mulai dari HP sampai sim card. Sebelum menggunakan solusi yang akan dijabarkan di bawah sebaiknya cari tahu terlebih dahulu sumber masalahnya. Jika belum mengetahui bacalah pembahasan masalah dan solusi Indosat tidak bisa terima SMS berikut ini:

Penyebab Indosat Tidak Bisa Menerima SMS

indosat tidak bisa terima sms
indosat tidak bisa terima sms

Selain faktor jaringan pengguna setia Indosat juga harus paham akan hal yang mempengaruhi tidak bisa menerima SMS ini. Misalnya perangkat yang digunakan ternyata sedang bermasalah atau karena penyimpanan ponsel penuh. Berikut ulasan penyebab Indosat tidak bisa menerima SMS bahkan mengirim SMS:

1. Penggantian Mode 4G LTE only

Apabila baru saja mengupdate layanan jaringan menjadi 4G LTE only maka jangan lupa untuk mengubah mode defaultnya. Pengguna juga harus sabar karena proses update jaringan ini memakan waktu 24 jam. Selama itu pengguna juga tidak bisa menerima maupun mengirim SMS juga tidak bisa menelepon.

Baca juga : Software Cloning Hardisk

2. Kode MMI Yang Tidak Valid

Pengguna bisa mengecek masalah seperti ini saat melakukan kode dial untuk cek pulsa Indosat. Masalah ini bisa muncul karena jaringan yang tidak stabil, kesalahan pengaturan HP, dan kesalahan pada sistem. Hal ini juga bisa menyebabkan SMS tidak bisa diterima karena jaringan dan sistem sedang bermasalah.

3. Penyimpanan Ponsel Habis

Jika jaringan di sekitar perangkat sudah kuat dan stabil, akan tetapi masih belum menerima notifikasi SMS, maka pengguna harus mengecek apakah penyimpanan internal masih tersedia. Hal ini bisa mempengaruhi penerimaan notifikasi SMS karena sudah tidak ada ruang untuk menyimpan SMS tersebut.

4. Masa Aktif Habis

Pengguna pasti telah menerima SMS sebelum nomor Indosat hangus atau sudah diblokir karena melewati masa tenggang. Masalah seperti ini juga bisa ditinjau dengan cara memasukkan kode dial Indosat untuk mengecek apakah sim card masih aktif. Jika kartu Indosat sudah tidak aktif dipastikan segala hal tentang nomor tersebut tidak tersampaikan.

Solusi Mengatasi Persoalan Tidak Bisa Menerima SMS Pada Kartu

Setelah mengetahui penyebabnya maka saatnya mencari solusi yang tepat untuk mengatasinya permasalahan. Apabila masalah yang dihadapi seperti di atas lakukanlah solusi di bawah ini. Berikut beberapa solusi untuk mengatasi permasalahan tidak menerima SMS di kartu Indosat:

Baca juga : Software Edit Video Terbaik

1. Aktifkan Mode Pesawat

Jika pengguna memiliki masalah dengan jaringan internet di sekitar perangkat maka langkah ini patut dicoba. Pengguna hanya perlu mengubah mode dengan cara membuka pengaturan kemudian pilih aktifkan mode pesawat. Setelah beberapa saat matikan mode ini maka jaringan internet yang tadinya H+ bisa jadi 4G lagi.

2. Lakukan Penghapusan Cache Data SMS

Apabila masalahnya karena penyimpanan yang tidak cukup maka lakukanlah penghapusan data cache aplikasi SMS. Langkah pertama masuklah pada pengaturan ponsel kemudian pilih pengaturan lainnya. Selanjutnya pilih menu aplikasi dan masuk pada aplikasi Pesan. Kemudian pilih penyimpanan dan hapus atau bersihkan chace.

3. Lakukan Langkah Restart HP

Merestart HP bisa mengatasi banyak masalah pada ponsel. Kebanyakan orang melakukan langkah ini karena bisa mengembalikan jaringan yang hilang juga masalah kode MMI. Caranya pengguna hanya perlu melakukan restart ponsel seperti biasanya. Setelah beberapa saat hidup kan lagi ponsel maka jaringan internet sudah kembali.

Bagi kamu yang memiliki masalah jaringan 4G pada kartu Indosat, berikut solusi dari kami mengenai cara mengatasi jaringan 4g yang lemot indosat.

Setelah memahami masalah akan kartu Indosat tidak bisa terima SMS maupun mengirim, maka pilih solusi yang tepat untuk mengatasinya. Solusi di atas patut untuk dicoba jika masalahnya tidak begitu serius. Jika masalahnya karena nomor kartu dan gangguan yang serius lainnya maka perbaikilah di gerai Indosat.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar