7 Langkah Cara Menghilangkan Malware Di Windows 10

Cara Menghilangkan Malware Di Windows 10 – Seiring dengan berkembangnya teknologi berbagai macam penemuan telah dipublikasikan oleh beberapa penciptanya. Perkembangan ini juga terjadi pada sistem setiap teknologi. Ada yang disebut malware, malware sendiri adalah perangkat lunak yang diciptakan untuk merusak sebuah sistem. Berikut adalah langkah cara menghilangkan malware di windows 10 :

7 Langkah Cara Menghilangkan Malware Di Windows 10

cara menghilangkan malware di windows 10
cara menghilangkan malware di windows 10

1. Backup Setiap Data

Hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan backup atau penyimpanan data di ruang lain. Backup bisa dilakukan pada flashdisk, jika data memiliki kapasitas yang besar dapat dilakukan backup di harddisk eksternal. Jika terjadi serangan dari malware maka sudah ada data yang tersimpan. Ini adalah langkah pertama untuk cara menghilangkan malware di windows 10

2. Putuskan Koneksi Internet

Apabila data sudah dilakukan backup, langkah selanjutnya adalah memastikan komputer atau alat yang dipakai tidak tersambung dengan Internet, baik itu dari kuota data maupun wifi. Langkah ini bertujuan untuk memutus akses dari malware, apabila terjadi transmisi data dari pengguna kepada pihak yang lain dengan perantara internet. Karena biasanya malware masuk lewat internet.

3. Lakukan Safe Mode

Fitur yang ada pada komputer ini memungkinkan pengoperasian Windows beriringan dengan perbaikan perangkat, hal ini dilakukan ketika terjadi serangan malware pada komputer. Langkah cara pengoperasiannya adalah :

Baca juga : Aplikasi Lirik Lagu Offline

  • Melakukan restart pada komputer atau laptop.
  • Klik F8 pada Keyboard.
  • Safe Mode akan muncul dengan pilihan Safe Mode (Tanpa Menggunakan Internet), Safe Mode with Networking (Dengan menggunakan Internet), dan yang terakhir Safe Mode with Prompt.
  • Pilih Safe Mode.

4. Lakukan Penghapusan Temporary Files

Melakukan tahap ini akan mempercepat proses scanning pada komputer, karena dengan menghapus Temporary Files akan meringankan disk space. Cara ini juga bisa menghapus malware, cara menghilangkan malware di windows 10 dengan menggunakan fitur Disk Cleanup. Disk Cleanup dapat dicari dengan Search Bar, lalu pilih drive mana yang akan dilakukan pembersihan.

5. Scanning Menggunakan Anti Malware

Apabila sudah memiliki software anti virus pada komputer atau laptop, tinggal melakukan scanning secara menyeluruh pada komputer maupun laptop yang digunakan. Cara ini membutuhkan waktu 15 menit hal ini bertujuan agar mendapatkan hasil yang benar benar maksimal. Dengan melakukan scanning ini maka secara otomatis malware juga akan ikut terhapus.

6. Hapus Software yang Tidak Dikenal

Jika sudah melakukan scanning dan juga penghapusan malware, langkah cara menghilangkan malware di windows 10 berikutnya adalah dengan menghapus program atau software yang tidak dikenal. Apabila menemui program atau software yang asing maka dapat dilakukan penghapusan program tersebut.

Baca juga : Aplikasi Tulisan Arab Melayu

Langkah untuk penghapusan program yang pertama membuka Explorer, setelah itu pilih This PC lalu Computer lalu Uninstall or change a program. Bisa juga dengan membuka Windows Setting lalu pilih Apps, setelah itu lakukan pemilihan satu persatu. Apabila ada program yang tidak dikenal, segera lakukan penghapusan atau uninstall.

7. Lakukan Reset pada Browser

Pada pembahasan awal tadi, malware sangat kerap masuk melalui unduhan dari browser. Untuk itu perlu dilakukan reset pada browser. Ini akan sangat membantu untuk meminimalisir malware yang bisa masuk melalui browser, yang digunakan. Banyak browser yang bisa dilakukan reset pada programnya, seperti Mozilla Firefox, Google chrome maupun Microsoft Edge.

Demikianlah langkah cara menghilangkan malware di windows 10. Sejatinya dengan menghilangkan malware yang terdapat pada komputer atau laptop akan membantu pengoperasian perangkat lebih optimal. Karena malware yang masuk kedalam suatu perangkat keras seperti komputer atau laptop akan mengakibatkan kerusakan. Baik itu cepat atau lambat.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar