5 Langkah Cara Memasang Bluetooth di PC Windows 7

Cukup dengan beberapa langkah cara memasang bluetooth di pc windows 7, pengguna bisa berbagi file dengan perangkat lain tanpa repot dan tanpa menggunakan internet. Berikut 5 langkah cara yang bisa dilakukan untuk memasang Bluetooth di pc dengan OS windows 7:

5 Langkah Cara Memasang Bluetooth di PC Windows 7

cara memasang bluetooth di pc windows 7
cara memasang bluetooth di pc windows 7

Lakukanlah Instalasi Driver Bluetooth

Langkah ini akan dilakukan bila windows tidak memiliki driver Bluetooth bawaan. Jika tidak memiliki CD/DVD dari driver, pengguna bisa mendownload atau membelinya di situs resmi yang ada. Carilah situs resmi yang terpercaya dan menyediakan driver yang sesuai dengan PC. Setelah memiliki driver, langkah selanjutnya adalah instalasi.

Apabila pengguna tidak mengetahui versi yang sesuai untuk PC yang digunakan maka bisa menggunakan driver identifier, yang dapat mendeteksi otomatis. Tahapan pertama instalasi, klik file driver yang biasanya berformat exe. Pada layar akan menampilkan instalasi dengan tombol ‘Install’ di bawah pilihan lalu klik ‘Next’ dan tunggulah sampai proses selesai.

Mengaktifkan Bluetooth di Pengaturan Device

Tahapan ini bisa dilakukan bila instalasi driver berhasil. Untuk mengecek keberhasilannya bisa dilihat di Device Manager, yang dapat dicari pada windows atau melalui windows + R lalu ketikkan ‘devmgmt. msc’. Jika logo Bluetooth dan driver (Intel Wireless Bluetooth) telah muncul berarti telah berhasil diinstal.

Baca juga : Cara Melihat Log Panggilan WA Yang Sudah Dihapus

Klik dua kali logo Bluetooth lalu masuk ke ‘properties’ di driver tersebut. Pilih bagian ‘driver’ untuk ‘Enable’ atau mengaktifkan Bluetooth pada PC, tanda telah berhasil bila pilihan yang muncul adalah ‘Disable’. Selain digunakan untuk menonaktifkan atau mengaktifkan Bluetooth bagian ini juga bisa untuk update driver yang dimiliki sebelumnya.

Memeriksa System Tray

Pada ujung kanan bawah PC terdapat ikon Bluetooth yang akan masuk otomatis pada pengaturan Bluetooth. Jika di klik nantinya akan menemukan fitur Add a Device, Show Bluetooth Device, Allow Device to Connect, Receive and Send a file. Bila semua fitur tersebut bisa dibuka dan digunakan untuk berkirim file, maka instalasi Bluetooth berhasil.

Untuk melihat perangkat yang terhubung bisa melalui Show Bluetooth Device, sekaligus digunakan untuk memutus perangkat yang diinginkan. Add Device digunakan untuk menyambungkan perangkat ke PC, perangkat yang akan dihubungkan juga harus menyala Bluetooth-nya agar terdeteksi oleh PC.

Menggunakan Bluetooth Adapter

Bluetooth Adapter atau bisa juga dibilang dengan USB Bluetooth ini sangat berguna untuk menyambungkan perangkat wireless ke PC. Cara pemasangan dan instalasinya pun mudah dan otomatis. Jika ingin menggunakan Adapter ini maka PC harus memiliki port USB atau USB hub yang aktif.

Baca juga : Cara Mempercepat Kinerja Windows 10

Langkah instalasinya, pertama hubungkan USB Bluetooth dengan memasangkannya ke USB hub yang ada. Selanjutnya, untuk instalasi cukup mengikuti langkah yang ada dengan meng-klik tombol ‘Next’ pada setiap tahap dan klik ‘Finish’. Jika proses telah selesai maka otomatis PC sudah bisa mengirim atau menerima file, terhubung dengan perangkat lainnya.

Mencoba Bluetooth

Langkah ini sangat penting karena dengan ini, pengguna bisa yakin bahwa cara memasang bluetooth di pc windows 7 dilakukan secara benar dan berhasil. Buka pengaturan Bluetooth melalui system tray atau pada pencarian. Pada pengaturan tersebut ada pilihan Receive untuk menerima file dan Send untuk mengirim file dari PC.

Klik Receive bila perangkat yang akan mengirim telah terhubung dengan PC, klik ‘Next’ atau terima file yang akan diberi. Tunggulah proses berjalan hingga selesai lalu pilihlah lokasi dari file yang akan disimpan. Untuk Send, pilihlah file yang akan dikirim ke perangkat yang terhubung. Setelah itu, tunggu file terkirim atau diterima oleh perangkat dan proses selesai.

Nah, itu tadi 5 cara memasang bluetooth di pc windows 7 yang bisa dilakukan oleh pengguna. Cara diatas tidak ribet dan setelah memasang Bluetooth tersebut tidak perlu khawatir menggunakan internet kecuali untuk update driver yang dimiliki.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar