8 Aplikasi Tulisan Arab Melayu yang Mudah Digunakan

Aplikasi Tulisan Arab Melayu – Pada era digital ini segala sesuatu dipermudah, salah satu contohnya yaitu menulis aksara Arab secara digital. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi tulisan Arab melayu di smartphone atau pada perangkat komputer.

Dengan bermodalkan smartphone atau perangkat komputer dan kuota internet, maka pengguna bisa menggunakan berbagai aplikasi tersebut dengan mudah. Berikut beberapa aplikasi yang direkomendasikan untuk dicoba, yaitu antara lain:

8 Aplikasi Tulisan Arab Melayu yang Mudah Digunakan

aplikasi tulisan arab melayu
aplikasi tulisan arab melayu

Arab Melayu Digital

Program digital satu ini dipercaya dapat membantu pengguna menuliskan berbagai huruf Arab dan Arab melayu. Aplikasi tulisan Arab melayu dengan berbasis komputer ini merupakan ciptaan Putera Jati Riau, ditemukan sekitar tahun 2007.

Bila dilihat, perbedaan dengan aplikasi lain yakni pada peletakan huruf Arab di keyboard. Tombol di keyboard telah disesuaikan dengan QWERTY dan diposisikan sesuai huruf latin.

Arabic Keyboard and Typing Arabic

Arabic keyboard and typing Arabic merupakan aplikasi tulisan Arab melayu yang bertujuan untuk pembelajaran, menulis dan mengobrol menggunakan bahasa Arab. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur seperti dapat menggunakan emoji dan auto teks yang dapat membantu setiap pengguna dalam menulis huruf Arab. Dengan ukuran file 14 mb saja, tentu tidak akan membuat kinerja perangkat pengguna menurun karena penyimpanan penuh.

Baca juga : Cara Hemat Kuota YouTube

Arabits

Aplikasi pembelajaran bahasa Arab yang lengkap karena dibuat oleh pengajar profesional yang berpengalaman dan AI canggih satu ini bisa menjadi solusi terbaik bagi para penggunanya. Terutama apabila ingin belajar bahasa Arab sendiri dengan mudah dan cepat berdasarkan kurikulum standar pendidikan internasional.

Aplikasi ini memiliki berbagai macam fitur seperti, multiplayer speaking challenges yang memberikan kesempatan untuk berbicara dengan orang lain. Selain itu, aplikasi ini juga menawarkan beberapa kelas yang bisa pengguna ikuti mulai dari kelas dasar hingga tingkat lanjut.

Nulis Arab Pegon

Nulis Arab Pegon adalah aplikasi tulisan Arab melayu yang di kembangkan oleh NatijahSantri INC. Tujuan utama aplikasi ini adalah untuk membantu para pengguna dalam mempelajari bahasa Arab dengan mudah dan cepat. Dan juga, untuk mengenalkan warisan karya para ulama zaman dulu.

Malay Arabic Translator

Aplikasi satu ini terbilang dapat menerjemahkan secara langsung dari teks dan kata. Bahkan sangat mudah digunakan di perangkat smartphone dan secara cepat menerjemahkan kata dari bahasa Arab. Dengan fitur yang telah disediakan, aplikasi ini dapat menerjemahkan melalui suara pengguna serta mendengarkan cara pengucapan kata yang benar dari bahasa Arab.

Baca juga : Cara Agar TikTok Masuk FYP

Tulis Jawi

Tulis Jawi adalah aplikasi yang dapat mengubah tulisan bahasa Arab ke melayu, begitu pun sebaliknya. Pengguna dapat menggunakan fitur copy-paste kata ke dalam aplikasi lalu akan otomatis diterjemahkan. Ukurannya yang cukup kecil yaitu 3,59 MB membuat aplikasi ini nyaman untuk digunakan karena tidak memenuhi memori penyimpanan smartphone.

Arabic Language

Arabic Language adalah aplikasi yang dapat mengubah keyboard smartphone pengguna menjadi bermacam-macam huruf bahasa Arab. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga bisa menerjemahkan bahasa Arab ke bahasa indonesia. Dengan beragam emoji dan tampilan UI yang nyaman, membuat aplikasi ini pun menjadi lebih menarik untuk digunakan.

Duolingo

Aplikasi pembelajaran bahasa yang tidak hanya Arab saja melainkan berbagai bahasa dari negara lain satu ini memang cukup populer. Aplikasi ini memudahkan setiap pengguna untuk belajar menulis, tata bahasa, membaca, dan mampu mengucapkan kata tersebut dengan benar.

Sekian pembahasan mengenai berbagai aplikasi tulisan Arab melayu yang memiliki keunikannya masing-masing. Tentunya pengguna bisa lebih mudah dalam menggunakannya untuk menerjemahkan kata dari bahasa Arab atau beragam bahasa yang lain. Pengguna dapat mencoba bermacam aplikasi sesuai selera dan kebutuhan masing-masing.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar