Ternyata Mudah! Langkah Cara Membuat Partisi di Windows 10 saat Instal Ulang

Cara Membuat Partisi di Windows 10 saat Instal Ulang – Seperti yang telah diketahui, partisi adalah salah satu bagian komputer yang dapat menyimpan banyak data. Banyak sekali fungsi partisi pada windows, sehingga sangat dianjurkan untuk membuat partisi. Tentunya langkah cara membuat partisi di windows 10 saat instal ulang harus diketahui.

Instal ulang digunakan untuk mengupgrade sistem komputer menjadi lebih canggih. Dengan demikian, para pengguna komputer tidak lagi mengeluh dengan sistem komputer yang sering lambat. Kegunaan partisi sangat penting bagi windows, karena agar windows menjadi lebih rapi dan aman. Untuk membuat partisi cobalah ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah Cara Membuat Partisi di Windows 10 saat Instal Ulang

cara membuat partisi di windows 10 saat instal ulang
cara membuat partisi di windows 10 saat instal ulang

1. Membuka Menu Start

Menu start adalah berisi beragam laman yang sangat penting bagi pengguna komputer, bagian dari menu start yaitu dokumen, gambar, dll. Menu start sebagai kunci langkah selanjutnya dalam membuat partisi. Dikarenakan, partisi bermula dengan membuka menu start, dan langkah membuat partisi di windows 10 saat instal ulang semakin mudah.

2. Pilih Laman Computer Management

Langkah selanjutnya setelah membuka menu start ialah dengan memilih laman computer management. Kemudian, pilih disk management. Dalam disk management banyak sekali daftar-daftar partisi yang diinginkan mulai yang termudah hingga yang tersulit, sehingga tidak perlu ragu-ragu dalam membuat partisi di windows 10.

Baca juga : Cara Menghilangkan Malware Di Windows 10

Langkah cara membuat partisi di windows 10 saat instal ulang hanya bisa dilakukan dengan komputer yang sudah memiliki windows. Sangat diharapkan jika belum mencapai windows 10 agar segera mengupgrade sistem windows menjadi windows 10. Maka, cara ini dapat dilakukan.

3. Klik Partisi yang Diinginkan

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, dalam disk management banyak sekali daftar-daftar partisi, dan langkah selanjutnya dengan memilih partisi yang diinginkan. Dengan memilih partisi yang disukai akan membuat bersemangat dalam menggunakan komputer karena fungsi partisi ialah mengamankan file dan data dalam komputer saat menginstal ulang komputer.

Ada 3 jenis partisi, ada Primary Partition yang merupakan partisi utama pada hardisk, ada juga Extended Partition, kedudukannya sejajar dengan Primary Partition dan yang terakhir Logical Partition yang ternyata bagian dari Extended Partition. Ketiganya memiliki fungsi yang sama dan penyimpanan saja yang berbeda.

4. Klik Kanan, Tekan Laman Shrink Volume

Shrink volume berfungsi untuk mengecilkan ukuran partisi hardisk, setelah menemukan partisi yang diinginkan alangkah baiknya untuk mengecilkan ukuran partisi tersebut agar tidak mengalami kendala dalam melakukan penginstalan ulang pada komputer. Fungsi lain pada shrink volume ialah memperbaiki partisi yang tidak bisa digunakan, maka shrink volume sangat praktis.

Baca juga : Aplikasi Lirik Lagu Offline

Sangat kecil kekurangan shrink volume, dikarenakan penggunaan shrink volume yang mudah dan praktis menyebabkan pengguna komputer sangat menyukai shrink volume. Dalam membuat partisi haruslah mengatur penyimpanan partisi pada shrink volume.

5. Pilih New Simple Volume

Setelah mengatur penyimpanan partisi, langkah cara membuat partisi di windows 10 saat instal ulang selanjutnya dengan memilih menu new simple volume. Tujuan adanya new simple volume adalah untuk membuat partisi. Setelah itu, akan ada tampilan new simple volume wizard. Dengan mengklik next hingga muncul tampilan specify volume size.

Kemudian, tekan laman assign for drive untuk memilih drive penyimpanan partisi, dan memilih NTFS di file system. Berilah nama partisi sesuai keinginan. Pilih laman finish sebagai langkah terakhir.

Begitulah langkah cara membuat partisi di windows 10 saat instal ulang. Sangat praktis, bukan? Dengan langkah cara tersebut diharapkan tidak lagi mengalami kesulitan kehilangan data saat penginstalan ulang. Partisi tersebut memiliki pengaruh besar dalam sistem komputer. Sering terjadi kesalahan dalam membuat partisi karena membuat partisi memiliki ketelitian dalam membuatnya. Oleh karena itu berhati-hatilah.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar