Langkah Cara Menggunakan VPN Bawaan Android dengan Mudah

Cara Menggunakan VPN Bawaan Android – Pemakaian VPN sangat marak di kalangan anak muda untuk membuka situs yang dibatasi atau diblokir oleh negara. Sebenarnya, cara kerja VPN berkaitan dengan keamanan dalam menggunakan internet. Teknologi satu ini memiliki kemampuan dalam menyembunyikan alamat IP pengguna sehingga tidak akan bisa dilacak oleh siapapun. Bagi yang ingin memakai VPN tanpa aplikasi, langkah cara menggunakan VPN bawaan android perlu diketahui.

Apa Itu VPN dan Fungsinya?

Sebelum masuk ke langkah cara menggunakan VPN bawaan android, alangkah baiknya untuk tau apa itu VPN dan fungsinya. VPN itu ialah singkatan dari (virtual private network) yang bahasa Indonesianya adalah jaringan pribadi virtual.

Secara harfiah, VPN merupakan sebuah layanan yang membuat penggunanya bisa mengakses situs secara pribadi dan aman. Bagaimana caranya? Yaitu dengan menghubungkan komputer atau smartphone ke perangkat lain yang lokasinya jauh, sehingga pengguna bisa membuka internet lewat koneksi perangkat tersebut.

Bila memakai VPN, server VPN akan mengirimkan koneksi pengguna ke situs yang mau dibuka. Makanya koneksi yang dikenali saat itu adalah dari server VPN bukan jaringan pengguna. Teknologi ini sering digunakan oleh perusahaan besar untuk mentransfer data agar aman dari hacker yang ingin mencuri.

Baca juga : Cara Mengatasi WiFi Indihome Lemot

Fungsi utama dari VPN sendiri adalah untuk menjaga privasi penggunanya. Saat membuka aplikasi atau melakukan browsing dengan VPN, data akan terenkripsi sehingga aktivitas online pengguna tidak dapat dilihat orang lain. VPN juga dapat digunakan dalam mengakses situs yang tidak bisa diakses dari negara ini. Selain itu, VPN juga berguna untuk menyamarkan lokasi asli pengguna dan terakhir dapat mengurangi gangguan koneksi.

Langkah-langkah Menggunakan VPN Bawaan Android

cara menggunakan vpn bawaan android
cara menggunakan vpn bawaan android

Seperti yang telah disampaikan, situs yang diblokir oleh pemerintah tidak akan bisa terbuka kecuali menggunakan VPN. Kualitas jaringan saat memakai VPN pun cenderung stabil dan cepat. Teknologi ini sangat banyak fungsinya, ratusan juta orang dari berbagai negara pasti pernah memakai VPN untuk kepentingan tertentu. Teruntuk yang belum tau, VPN ternyata bisa digunakan tanpa bantuan dari aplikasi tertentu.

Memang jika ingin memakai VPN biasanya harus punya aplikasinya dahulu, yang bisa diunduh lewat playstore. Namun, kini pengguna bisa dengan leluasa menggunakan VPN tanpa aplikasi dan tanpa root. Caranya gampang karena sudah bawaan dari Android itu sendiri. Bagi yang belum tau, ikutilah tiap-tiap langkah dibawah ini dengan seksama, jangan melompatinya agar mendapatkan hasil yang maksimal:

Baca juga : Multiple Display Tidak Muncul Windows 10

  • Bukalah menu pengaturan (setting) yang ada di android.
  • Cari dan pilihlah menu koneksi atau jaringan.
  • Tab menu “pengaturan koneksi lainnya”.
  • Masuk ke menu VPN.
  • Apabila belum menggunakan VPN, langsung saja klik tombol “tambah profil VPN”.
  • Sebelumnya cari dulu alamat server, password dan username VPN di website yang menyediakan VPN gratis.
  • Kemudian, editlah jaringan VPN dengan memasukkan informasi username beserta alamat server yang tadi.

Jika sudah selesai, lihat kembali konfigurasi VPN. Perhatikan dengan teliti, jangan sampai username atau passwordnya salah. Apabila satu huruf atau satu angka saja tidak sinkron, maka pengguna tidak dapat menggunakan VPN bawaan android. Jangan lupa juga untuk mengubah tipe VPN menjadi PPTP. Langkah-langkah ini sama persis dengan cara mematikan VPN.

Pengguna cukup masuk ke menu pengaturan, setelah itu tekan menu jaringan, nirkabel atau koneksi. Carilah menu VPN yang ada di dalam menu “pengaturan lainnya”. Jika sudah ketemu, tap VPN yang sedang dijalankan lalu tekan tombol disconnect. Maka VPN yang terhubung otomatis akan terputus. Nah, itulah langkah cara menggunakan VPN bawaan android yang bisa dilakukan dengan mudah.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar