7 Cara Mengatasi WiFi Indihome Lemot

Cara Mengatasi WiFi Indihome Lemot – Indihome merupakan provider internet terbesar yang penggunanya tersebar di seluruh penjuru Indonesia. Meskipun begitu, ternyata provider ini sering mendapatkan komplain dari kliennya. Hampir semua orang pasti pernah bermasalah dengan WiFi Indihome yang jaringan internetnya lemot. Sebenarnya, ada banyak sekali faktor yang menjadi penyebab gangguan tersebut. Nah, berikut adalah cara mengatasi WiFi Indihome lemot sesuai dengan penyebabnya:

7 Cara Mengatasi WiFi Indihome Lemot

cara mengatasi wifi indihome lemot
cara mengatasi wifi indihome lemot

1. Membatasi Jumlah Pengguna WiFi

Penyebab umum yang membuat WiFi lemot ialah karena banyaknya perangkat yang tersambung ke WiFi tersebut. Hal inilah yang membuat kecepatan internet terbagi-bagi ke banyak device, sehingga pas diterima menjadi berkurang. Padahal kalau dilihat-lihat, ternyata kecepatan internetnya tidak cukup menampung banyak pengguna. Oleh karena itu, batasilah jumlah orang yang memakai WiFi dengan cara mengganti password. Setelah password diganti, nantinya pengguna yang lain akan logout dengan sendirinya.

 2. Menyalakan Ulang Router

Cara mengatasi WiFi Indihome lemot yang lain adalah dengan me-restart router. Fungsi dari router itu sendiri ialah untuk menghubungkan jaringan internet ke perangkat. Selain itu, router juga berperan penting dalam menyebarkan sinyal WiFi. Router terkadang mudah error apabila sudah dipakai dalam jangka waktu yang begitu lama. Jika router error, jaringan WiFi pun akan ikut tersendat. Maka dari itu jangan lupa untuk sering restart router agar gangguannya menghilang.

Baca juga : Multiple Display Tidak Muncul Windows 10

3. Memindahkan Lokasi Router

Lokasi penempatan router yang salah akan membuat WiFi menjadi lemot. Seperti meletakkan router di tempat yang terhalang tembok. Maka sinyalnya akan lemah. Sebaiknya pindahkanlah router ke area terbuka yang bisa menjangkau banyak pengguna. Bisa di ruang tamu atau di ruang tengah. Jangan lupa untuk menyingkirkan benda elektronik di sekitar router karena bisa mengacaukan sinyal yang disebarkan router.

4. Menambah Kecepatan Internet

Jika perangkat yang memakai WiFi semakin banyak atau kebutuhan pemakaian internet meningkat, alangkah baiknya untuk menambah kecepatan internet. Indihome biasanya menyediakan paket-paket yang dapat dipilih. Jangan sungkan untuk menghubungi pihak Indihome agar masalah cepat teratasi. Cara ini terbilang cukup efektif untuk mengatasi WiFi Indihome yang sering lemot.

5. Menghapus Cache Browser

Saat menjelajahi dunia maya tiba-tiba loading menjadi lama. Siapa yang pernah mengalami hal tersebut? Mungkin saja itu terjadi karena cache yang disimpan sudah terlalu banyak. Cache yang isinya data browsing harus segera dibersihkan agar tidak membebani kerja browser. Banyaknya cache yang tersimpan menjadi salah satu faktor penyebab lemotnya jaringan WiFi Indihome. Bagi yang sudah tau, hapus cache sekarang untuk meningkatkan kecepatan internet.

Baca juga : Cara Menggunakan VPN Turbo Untuk Situs Yang Diblokir

6. Menggunakan Repeater

Lokasi router sudah benar, tapi kenapa jaringan internetnya masih lemot? Nah, bisa jadi rumah yang sedang dihuni sekarang areanya sangat luas, sehingga satu router saja tidak cukup untuk menjangkau banyak perangkat. Ada tips untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan memakai penguat sinyal atau disebut dengan repeater. Fungsi dari repeater ialah memancarkan kembali sinyal WiFi yang telah ditangkap.

7. Mengubah IRPStackSize agar Lebih Tinggi

Cara terakhir untuk mengatasi WiFi indihome agar tidak lemot lagi adalah dengan mengubah nilai IRPStackSize menjadi lebih tinggi lagi. Nilai IRPStackSize pada umumnya adalah 15. Namun ternyata bisa ditingkatkan menjadi 50. Semakin tinggi nilai IRPStackSize maka jaringan internet WiFi akan semakin cepat. Bagi yang masih pemula pasti belum tau apa itu IRPStackSize, yaitu sebuah parameter untuk mengatur jumlah lokasi stack.

Itulah beberapa cara mengatasi WiFi Indihome lemot yang dapat dilakukan sendiri di rumah. Jika sudah melakukan semua cara namun jaringan internet masih lemot bahkan error, mungkin ada kerusakan pada perangkat WiFi seperti router atau kabel optiknya. Segera hubungi pihak Indihome agar teknisi bisa datang ke rumah untuk mengecek kondisi perangkat. Penyebab lain lemotnya WiFi juga bisa terjadi karena ada maintenance yang dilakukan Indihome. Tunggu dan sabar saja sampai proses selesai.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar