Cara Share Lokasi Lebih Mudah Melalui Perangkat Android Dan Komputer

Bagaimana cara share lokasi Anda kepada teman dengan mudah? Dengan kecanggihan teknologi saat ini, berbagi lokasi untuk mempermudah memberitahukan lokasi Anda kepada orang lain sudah bisa dilakukan melalui smartphone maupun komputer. Tetapi perangkat yang sering digunakan adalah smartphone karena memang bisa Anda bawa kemana saja dan kegunaan utamanya memang sebagai alat komunikasi. Anda bisa berbagi lokasi ini bisa melalui berbagai aplikasi. Untuk informasi lebih lengkapnya bisa Anda simak pada penjelasan berikut ini.

Cara Share Lokasi dengan Berbagai Aplikasi Android

Cara share lokasi ini bisa Anda lakukan dengan berbagai bantuan aplikasi seperti Google Maps, Whatsapp, Line, dan juga Facebook. Aplikasi-aplikasi tersebut menyediakan fitur berbagi lokasi kepada orang lain sehingga sangat membantu. Setiap aplikasi memiliki cara sendiri-sendiri dalam membagikan lokasi, dan Anda perlu untuk mengetahuinya untuk mempermudah Anda dalam menggunakan fitur-fitur yang disediakan aplikasi tersebut.

Cara Share Lokasi
Cara Share Lokasi

Google Maps

Google Maps merupakan salah satu fasilitas dari Google yang menunjukkan lokasi atau sama dengan peta online. Untuk mengakses Google Maps ini Anda bisa secara langsung pada pencarian Google atau juga dengan download aplikasinya. Ketika Anda membuka Google Maps ini, Anda akan menemukan fitur share location untuk memberitahukan lokasi Anda secara akurat kepada orang lain.

Untuk tata cara penggunaanya, langkah pertama yang perlu Anda lakukan tentunya membuka aplikasi Google Maps yang tersedia di smartphone Anda. Kemudian Anda bisa menekan di bagian pojok kiri atas layar yang berbentuk seperti hamburger. Setelah muncul beberapa pilihan Anda tekan yang bagian Share Location.

Setelah menekan bagian Share Location tersebut, pilih Get Started yang kemudian akan muncul dua pilihan batasan waktu Anda berbagi lokasi secara real-time, yaitu pilihan pertama dengan batasan waktu minimal 1 jam hingga maksimal 3 hari. Dan pilihan kedua adalah tanpa ada batasan waktu berbagi lokasi, tetapi Anda bisa mematikan fitur ini sesuai yang Anda inginkan.

Setelah memilih batasan waktu berbagi, secara default Anda bisa memilih dari tiga pilihan, yaitu Select People, Messages, dan More. Untuk pilihan more, Anda bisa menggunakan aplikasi atau media sosial lain untuk membagikan lokasi tersebut.

Dari ketiga pilihan tersebut, Anda akan mendapatkan sebuah link yang bisa secara langsung Anda kirim kepada orang yang ingin Anda beritahu. Pengiriman link tersebut bisa Anda lakukan melalui pesan elektronik.

Baca juga : Aplikasi Desain Baju

Whatsapp

Whatsapp merupakan salah satu aplikasi komunikasi lisan maupun tulisan secara online. Dengan aplikasi ini Anda bisa saling bertukar kabar dan berbagi informasi dengan orang lain secara mudah. Whatsapp juga menyediakan fitur yang bisa digunakan untuk berbagi informasi lokasi Anda saat itu maupun lokasi suatu tempat.

Sebenarnya, aplikasi ini bisa Anda gunakan untuk berbagi lokasi dengan link yang Anda dapatkan dari Google Maps. Tetapi itu cukup ribet, karena Whatsapp sendiri sudah memiliki fitur yang terhubung langsung dengan maps. Pada aplikasi ini terdapat tiga jenis lokasi yang bisa Anda bagikan, yaitu berbagi lokasi Anda saat ini, berbagi lokasi yang Anda inginkan, dan berbagi lokasi Anda secara real-time.

Langkah-langkah yang perlu Anda lakukan pertama adanya dengan membuka aplikasi WhatsApp kemudian pilih kontak orang yang Anda ingin bagikan lokasi. Setelah itu Anda pilih bagian attract yang ada di bagian samping kiri tombol send.

Setelah muncul berbagai pilihan, pilih menu location dan pilih salah satu dari jenis berbagi lokasi yang ada. Dari ketika jenis berbagi lokasi tersebut, untuk lokasinya bisa Anda dapatkan dari live location serta pilihan lokasi setelah Anda lakukan pencarian (search).

Ketika Anda memilih berbagi lokasi real-time atau share live location, Anda bisa memilih batasan waktu lokasi Anda dibagikan ke orang yang Anda kirimi. Dan lokasi Anda pun sudah bisa dengan mudah ditemukan oleh orang yang Anda kirimi. Cukup mudah yang efisienkan..

Facebook

Facebook sebagai salah satu media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat juga tidak ketinggalan dalam melakukan pengembangan fitur-fiturnya. Saat ini fitur Facebook sudah dilengkapi dengan adanya berbagi lokasi.

Cara menggunakan Facebook untuk berbagi lokasi ini bisa Anda lakukan dengan langkah pertama tentunya dengan membuka aplikasi Facebook Messenger. Anda pilih akun mana yang Anda kirimi lokasi tersebut. Setelah itu Anda tekan pada bagian titik empat yang ada pada bagian kiri bawah layar smartphone.

Setelah muncul berbagai pilihan, pilihlah opsi location dan kemudian bagikan live location atau memilih salah satu titik lokasi yang ada pada tampilan peta digital tersebut. Langkah terakhir adalah dengan menekan send dan lokasi Anda sudah dapat diketahui dengan mudah oleh orang yang Anda kirimi.

Baca juga : Tes Kepribadian Online

Line

Hampir sama dengan WhatsApp, Line juga merupakan aplikasi berbagai pesan lisan maupun tulisan untuk memberikan informasi lebih cepat kepada orang lain. Mungkin Anda bisa saja membagikan lokasi Anda melalui link yang Anda dapatkan dari Google Maps, tetapi akan lebih mudah lagi ketika Anda bisa menggunakan fitur berbagi lokasi yang ada dalam aplikasi tersebut.

Cara penggunaan fitur ini adalah yang pertama membuka aplikasi Line kemudian pilih kontak mana yang akan Anda tuju. Selanjutnya klik pada bagian ikon + (plus) yang ada di sebelah kiti bawah layar smartphone. Setelah itu Anda bisa memilih titik lokasi yang akan Anda bagikan dengan orang lain.

Cara Share Lokasi Lewat Komputer

Cara berbagi lokasi kepada orang lain dengan menggunakan perangkat komputer sebenarnya sama dengan aplikasi yang ada di android. Untuk aplikasi yang bisa Anda gunakan melalui perangkat komputer ada Chrome.

Untuk mendapatkan lokasi Anda, Chrome akan mengirimkan informasi lokasi Anda ke layanan lokasi Google. Setelah itu Chrome akan membagikan informasi tersebut kepada orang yang membutuhkan informasi lokasi Anda.

Sistem kerja Chrome ini sama dengan Google Maps karena memang disambungkan. Untuk pengirimannya bisa Anda lakukan melalui pesan online. Untuk mendapatkan lokasi Anda, langkah yang perlu Anda lakukan dengan cara membuka aplikasi Chrome yang ada pada komputer Anda. Lalu klik bagian titik tiga yang ada pada bagian kanan atas, lalu pilih setelan.

Setelah muncul bagian Privasi dan keamanan, klik setelan situs lalu pilih lokasi. Langkah terakhirnya adalah dengan mengaktifkan bagian “tanyakan sebelum mengakses”. Langkah-langkah ini akan mengaktifkan lokasi Anda saat ingin membagikan lokasi Anda.

Apakah Cara share lokasi di atas dapat membantu Anda? Cara-cara tersebut bisa lebih mudah Anda pahami ketika Anda mempraktikkannya secara langsung. Karena dengan mencobanya langsung Anda akan mengetahui praktik real dari langkah-langkah yang telah dijelaskan. Semoga sedikit informasi di atas bisa bermanfaat serta Anda bisa dengan mudah membagikan informasi lokasi Anda ke orang lain.

Tinggalkan komentar