5 Cara Mengatasi Multiple Display Tidak Muncul Windows 10 Dengan Mudah!

Multiple Display Tidak Muncul Windows 10 – Memakai dua monitor atau lebih sangat bermanfaat bagi pengguna komputer, tetapi ada kalanya multiple display tidak muncul Windows 10. Multiple display atau disebut juga multi monitor adalah monitor tambahan yang digunakan pengguna komputer untuk mendapatkan view yang lebih luas atau ruang lebih banyak untuk pekerjaannya.

Multiple monitor sering dipakai oleh programmer, gamers, atau siapapun yang membutuhkan monitor tambahan untuk menunjang kegiatannya. Contohnya rapat menggunakan Zoom sambil bekerja pada monitor lainnya. Terkadang monitor tambahan gagal terkoneksi atau tidak terdeteksi. Ada banyak faktor yang  membuat multiple display tidak terdeteksi pada Windows 10, berikut cara mengatasinya dengan mudah:

5 Cara Mengatasi Multiple Display Tidak Muncul Windows 10 Dengan Mudah

multiple display tidak muncul windows 10
multiple display tidak muncul windows 10

1. Periksa Peralatan

Ketika ada masalah multiple display tidak muncul Windows 10, hal yang pertama diperiksa adalah peralatannya. Ada kemungkinan kalau ada peralatan yang bermasalah, atau tidak terpasang dengan benar. Agar dapat mengatasinya, bisa dimulai dengan memeriksa peralatan-peralatan dibawah ini:

  • Periksa kabel yang menyambungkan PC dengan monitor kedua, apakah sudah memasang kabel dengan benar dan tepat. Jika kabel rusak, maka harus diganti.
  • Cabut kabel atau aksesoris yang dapat mengganggu sambungan PC dan monitor
  • Periksa apakah monitor kedua sudah tersambung dengan sumber listrik.
  • Coba menggunakan PC monitor kedua yang berbeda system.
  • Coba ganti dengan monitor lain, untuk memeriksa jika masalahnya ada pada monitor.
  • Update firmware dari monitor kedua yang digunakan, agar sesuai dan mengatasi bugs.

Baca juga : Cara Menggunakan VPN Turbo Untuk Situs Yang Diblokir

2. Restart PC

Jika cara-cara basic diatas telah dilakukan, untuk mengatasi multiple display tidak muncul Windows 10 selanjutnya adalah dengan merestart PC. Melakukan restart PC biasanya selalu berhasil dalam mengatasi berbagai permasalahan komputer. Cara melakukan restart adalah pilih Start > Power > Restart.

3. Mengatur Windows 10 agar Mendeteksi Monitor kedua

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan setting untuk memaksa Windows 10 mendeteksi monitor kedua. Cara ini dapat dilakukan bila tidak ada kendala dalam peralatan seperti monitor dan kabel. Caranya adalah masuk ke Setting > System, lalu klik display. Setelah masuk ke menu display, pilih bagian Rearrange Your Display, lalu klik Detect.

4. Sambungkan Dengan Wireless Display

Jika multiple display tidak muncul Windows 10 ada cara lain untuk mengatasinya, yaitu dengan  mengkoneksikan Wireless Display. Wireless Display atau disebut juga WiDi adalah teknologi yang dikembangkan oleh Intel. Teknologi ini membuat user memungkinkan untuk melakukan streaming apapun tanpa kabel, dari PC ke HDTV yang sesuai.

Baca juga : Cara Mengembalikan Data Aplikasi yang Terhapus

Sebelum mencoba mengkoneksikan Wireless Display, pastikan HDTV monitor yang akan dipakai sesuai. Untuk mengatur WiDi, masuk ke Settings > Devices, Klik Bluetooth & other devices. Selanjutnya adalah pilih Wireless display or Dock. Pastikan Wireless display sudah On dan discoverable. Pilih display yang ada pada daftar, lalu ikuti instruksi pada layar.

5. Update, Install Ulang atau Rollback Graphic Driver

Apakah multiple display tidak muncul Windows 10 masih terjadi? Graphic Driver yang mempunyai bugs, tidak update, atau corrupted bisa jadi adalah masalahnya. Hal-hal tersebut dapat menjadi penyebab utama jika Windows 10 tidak dapat mendeteksi monitor kedua. Untuk mengatasi hal ini, silahkan ikuti cara-cara dibawah ini:

  • Update Graphic Driver, caranya klik kanan, Start > Device manager, pilih Display adapters, klik kanan, lalu pilih menu Update-Driver. Kemudian klik tulisan Search-automatically-for-updated-driver-software, lalu restart
  • Install ulang Graphic Driver, caranya klik kanan, Start > Device manager > Display Adapters, klik kanan lalu pilih Uninstall device. Kosongkan kotak pada pilihan delete-the-driver-software-for-this-device, kemudian Uninstall. Nyalakan ulang PC, lalu kembali ke Device manager Klik nama PC yang digunakan, Lalu pilih Scan for hardware changes.
  • Roll Back dengan cara klik kanan, Start > Device manager, pilih Display adapters, lalu klik kanan dan pilih Properti. Pilih tab Driver, lalu klik Roll back driver. Pilih yes lalu restart komputer

Kegiatan yang mengharuskan multitasking menggunakan komputer tentu akan sangat terbantu dengan menggunakan multiple display. Agar tidak terlalu banyak kendala seperti multiple display tidak muncul Windows, pastikan dulu kesiapan monitornya, kabel-kabel bahkan kesiapan listriknya. Untuk monitor kedua yang wireless, pastikan wifi menyala dan koneksinya stabil.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar