6 Cara Mengatasi Komputer Lelet Praktis dan Mudah

Cara Mengatasi Komputer Lelet – Kinerja komputer yang baik menjadi sesuatu yang dibutuhkan untuk berjalannya aktivitas agar semakin lancar. Seringnya komputer dipakai terkadang membuat kinerja komputer menjadi lelet. Hal tersebut membuat penggunanya perlu suatu cara mengatasi komputer lelet tersebut agar aktivitas kembali lancar.

Permasalahan komputer yang lelet memang sangat mengganggu kelancaran aktivitas yang membutuhkannya. Akan tetapi, tidak perlu dibingungkan karena terdapat cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi lemotnya komputer yang digunakan. Berikut, 6 cara mengatasi komputer lelet praktis dan mudah:

6 Cara Mengatasi Komputer Lelet Praktis dan Mudah

cara mengatasi komputer lelet
cara mengatasi komputer lelet

1. Pakai Antivirus

Permasalahan kinerja komputer yang lelet biasanya disebabkan karena terkena virus atau malware. Untuk mengatasi hal tersebut maka pakaikan antivirus pada komputer yang digunakan. Usahakan untuk menggunakan antivirus yang terbaik agar tidak mudah untuk diserang segala virus.

Tidak hanya memasang anti virus nya saja, akan tetapi dipastikan untuk sering mengecek dengan rutin terhadap antivirus. Serta, untuk selalu melakukan update antivirus yang digunakan. Hal tersebut dilakukan agar antivirus dapat otomatis membaca dan mencegah segala virus yang menyerang.

2. Pakai Aplikasi yang Sesuai Spesifikasi Komputer

Setiap komputer memiliki spesifikasi yang berbeda-beda untuk penggunaanya. Sehingga, ketika komputer yang memiliki spesifikasi tidak besar tetapi digunakan untuk aplikasi yang besar akan membuat komputer lelet.

Baca juga : Cara Mengembalikan Nomor Kontak Yang Terhapus

Cara mengatasi komputer lelet karena masalah tersebut maka pakailah aplikasi yang digunakan sesuai dengan spesifikasi komputer. Untuk mencegahnya juga pastikan sebelum membeli komputer untuk mengecek spesifikasinya agar dapat disesuaikan dengan penggunaan aplikasi yang dibutuhkan.

3. Hapus Aplikasi yang Tidak Penting

Pemakaian aplikasi yang terlalu banyak pada komputer dapat menyebabkan kinerja komputer menjadi semakin lelet. Apalagi ketika kapasitas penyimpanan Drive C sangat terbatas sementara penggunaan aplikasi sangat banyak akan membuat kapasitasnya penuh dan mudah lelet.

Untuk mengatasinya maka perlu untuk hapus aplikasi-aplikasi yang tidak penting untuk digunakan. Gunakan aplikasi yang sesuai dengan yang dibutuhkan saja agar komputer dapat bekerja dengan maksimal dan tidak menurun kinerjanya.

4. Tambah RAM Komputer

Masalah komputer yang lelet biasanya disebabkan juga oleh penyimpanan atau RAM yang dimiliki oleh komputer rendah. RAM yang rendah membuat komputer ketika banyak dipasang aplikasi maka akan cepat penuh dan membuat komputer lelet.

Untuk itu agar mengatasinya dapat dilakukan dengan menambah RAM pada komputer dengan kapasitas yang lebih besar. Perlu diperhatikan agar juga menyesuaikan dengan spesifikasi RAM yang digunakan ketika ingin menambah RAM.

Baca juga : Cara Menyambung Wifi di Laptop

5. Periksa Hardisk Komputer

Komputer yang menjadi lelet juga dapat disebabkan kondisi harddisk yang sudah penuh kapasitasnya. File yang terlalu menumpuk pada harddisk dapat menyebabkan kinerja komputer menjadi menurun dan lebih lelet.

Untuk mengatasinya maka perlu rutin untuk memeriksa kapasitas hardisk komputer. Apabila sudah terlalu penuh maka dapat menggantinya dengan harddisk yang baru. Dikarenakan harddisk juga memiliki batas pakai yang apabila sudah terlalu lama akan mempengaruhi kinerja komputer.

6. Restart Komputer

Cara mengatasi komputer yang lelet dengan restart komputer mungkin terlihat sepele, namun cara ini dapat ampuh digunakan untuk mengatasinya. Komputer yang terlalu lama digunakan hampir setiap jam tanpa berhenti akan membuat kinerja nya menjadi menurun dan lelet.

Restart komputer akan membuat komputer menurunkan kinerja processor nya sehingga tidak terlalu panas atau overheat. Dalam merestart komputer perlu dipastikan bahwa semua file yang penting sudah tersimpan dengan aman, agar data tidak hilang.

Demikian tadi ulasan mengenai beberapa cara mengatasi komputer lelet yang dapat digunakan dengan praktis dan mudah. Apabila cara yang sudah diulaskan masih tidak dapat mengatasi leletnya komputer maka dapat membawanya ke servis komputer untuk dikonsultasikan masalahnya.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar