Cara Menyambung Wifi di Laptop Tanpa Ribet

Cara Menyambung Wifi di Laptop – Wifi sangat dikenal oleh banyak orang. Secara garis besar Wifi didefinisikan sebagai jaringan area lokal atau dikenal dengan LAN (Local Area Network). Agar bisa memanfaatkan jaringan ini, pengguna perlu tahu cara menyambung Wifi di laptop tanpa ribet. Dengan begitu, pengguna tidak perlu takut kehabisan kuota untuk berselancar di internet.

Pada dasarnya menghubungkan Wifi dari laptop ke internet sangatlah mudah. Tidak diperlukan keahlian yang khusus atau trik-trik agar laptop bisa terhubung ke internet melalui Wifi. Hanya saja, biasanya pengguna perlu mengetahui kata sandi dari jaringan Wifi yang ingin dihubungkan. Nah, kira-kira bagaimana cara untuk menyambungkan Wifi dengan laptop?

4 Cara Menyambung Wifi di Laptop Tanpa Ribet

cara menyambung wifi di laptop
cara menyambung wifi di laptop

1. Menyambungkan Wifi Melalui Taskbar

Cara menyambung Wifi di laptop yang pertama yakni melalui tombol Wifi pada taskbar. Taskbar terdapat di sebelah kanan laptop. Untuk bisa terhubung dengan Wifi, tekan dan cari nama Wifi yang terdekat. Kemudian isi password Wifi tersebut dan tunggulah beberapa saat, maka, Wifi dapat tersambung dan dapat digunakan.

Jika Wifi telah tersambung, pengguna bisa dengan mudah dan bebas mengakses internet. Akan tetapi, semakin banyak yang menggunakan Wifi tersebut, maka jaringan Wifi tersebut akan lambat.

Baca juga : Cara Menggabungkan File PDF Di Laptop

2. Menyambungkan Wifi Melalui Control Panel

Control Panel memiliki fungsi untuk membantu para pengguna web dan penyedia web untuk mengelola dan menjalankan berbagai ragam fasilitas yang telah disediakan sesuai kebutuhannya. Cara menemukan Control Panel pada laptop dengan tekan tombol Windows dan cari laman Control Panel kemudian, pilih Network and Internet setelah itu, pilih Change Adapter.

Tunggulah beberapa saat, akan muncul LAN (Local Area Network) dan Wireless Network. Setelah itu klik kanan pada ikon Wireless untuk menampilkan laman tab Wireless. Pilih Wifi yang terdekat dan masukkan password Wifi tersebut tunggulah beberapa saat. Maka, Wifi dapat digunakan.

3. Memakai Tombol Wifi di Laptop

Jika 2 cara awal tidak berfungsi untuk menyambungkan Wifi dengan internet, maka ikuti langkah ketiga. Beberapa laptop memiliki tombol khusus Wifi pada laptop masing-masing. Perbedaan tombol Wifi itu mati atau hidup dengan melihat indikatornya.

Umumnya saat Wifi hidup, tombol indikator akan menyala. Sebaliknya, tombol indikator tidak akan menyala jika Wifi mati. Cara ini sangat praktis digunakan bagi pengguna laptop untuk pemula.

Baca juga : Cara Mengetahui Pengguna Wifi Indihome

Sayangnya, tombol Wifi di laptop sangat sulit ditemukan. Oleh sebab itu, dalam mencari tombol tersebut haruslah teliti dikarenakan tombol tersebut terletak diantara tombol f1-f12 yang tersebar di keyboard laptop. Tidak dapat dipungkiri beberapa orang tidak menyadari kehadiran tombol Wifi tersebut.

4. Menggunakan Tombol Kombinasi Keyboard

Cara menyambung Wifi di laptop yang terakhir yakni dengan menggunakan tombol kombinasi. Tombol kombinasi fn selain dapat mengecilkan dan membesarkan suara, juga bisa menyalakan Wifi pada beberapa laptop. Cara menggunakannya dengan mencari tombol fn pada keyboard laptop. Kemudian, pilih simbol Wifi, pilih Wifi terdekat dan masukkan password, tunggulah beberapa saat.

Jika sudah menunggu dan Wifi hidup, maka pengguna bisa mengakses internet. Dengan menggunakan tombol kombinasi ini, pengguna tidak perlu lagi repot-repot mengklik menu-menu yang ada di laptop. Cukup menekan tombol kombinasi ini, maka laptop akan terhubung dengan Wifi, sehingga lebih praktis dan simpel.

Begitulah penjelasan mengenai cara menyambung Wifi di laptop tanpa ribet. Dengan adanya beberapa cara ini, pengguna bisa dengan cepat dan mudah terhubung dengan internet melalui Wifi. Satu hal yang perlu diperhatikan sebelum terhubung dengan Wifi yakni pastikan kata sandi sudah diketahui. Karena jika tidak, maka pengguna tidak akan bisa mengakses internet.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar