5 Cara Mengembalikan Nomor Kontak Yang Terhapus Dengan Cepat Dan Mudah

Cara Mengembalikan Nomor Kontak Yang Terhapus – Saat ini, menyimpan kontak nomor HP tidak perlu ditulis di buku catatan. Perkembangan teknologi memudahkan penggunanya untuk menyimpan nomor dengan fitur kontak yang tersedia di semua HP. Namun, terkadang tanpa disengaja pengguna menghapus nomor HP yang tersimpan di kontaknya. Berikut cara mengembalikan nomor kontak yang terhapus dengan cepat dan mudah:

5 Cara Mengembalikan Nomor Kontak Yang Terhapus Dengan Cepat Dan Mudah

cara mengembalikan nomor kontak yang terhapus
cara mengembalikan nomor kontak yang terhapus

1. Restore Nomor Kontak Dengan Pengaturan

Cara mengembalikan nomor kontak terhapus di HP yang pertama adalah dengan menggunakan pengaturan. Cara ini mudah dilakukan karena pengguna tidak perlu mengunduh aplikasi untuk merestore kontak yang terhapus. Fitur pengaturan akan merestore nomor kontak yang terhapus dengan bantuan data yang sudah tersimpan di akun Google.

Langkah pertama cara untuk merestore nomor kontak dengan pengaturan ialah buka pengaturan lalu masuk ke menu Google. Setelah itu, pilih set up and restore dan pilihlah opsi restore contact. Tunggu beberapa saat hingga proses restore nomor kontak selesai. Akhirnya nomor kontak sudah kembali seperti sedia kala.

2. Gunakan Google Contact

Perusahaan Google menawarkan banyak fitur yang sangat bermanfaat untuk penggunanya, salah satunya ialah fitur restore nomor kontak. Pengguna dapat menikmati fitur ini dengan mengunduh aplikasi Google Contacts di Play Store secara gratis. Akun Google akan menyimpan data nomor kontak yang pernah tersimpan di HP pengguna.

Baca juga : Cara Menyambung Wifi di Laptop

Masuklah ke aplikasi Google Contacts lalu login dengan akun Google. Pilih menu bagian kiri kemudian pilih tombol lainnya. Klik opsi urungkan perubahan lalu pengguna dapat mengatur waktu recover kontak sesuai dengan waktu sebelum kontak terhapus. Selanjutnya sinkronisasi ulang dengan membuka pengaturan lalu pilih menu akun Google dan tekan sinkronkan sekarang.

3. Gunakan Aplikasi Restore Contact: Recover Deleted Contact

Cara mengembalikan nomor kontak yang terhapus dengan cepat dan mudah selanjutnya adalah menggunakan aplikasi Restore Contact: Recover Deleted Contact. Aplikasi ini membantu pengguna merestore nomor kontak apabila nomor kontak baru saja terhapus. Pengguna dapat mengunduh aplikasi Restore Contact: Recover Deleted Contact di Play Store secara gratis.

Install aplikasi di HP pengguna lalu buka aplikasi. Pengguna dapat langsung melihat daftar nomor kontak yang terhapus. Selanjutnya pengguna tinggal merestore kontak dengan menekan nomor yang akan direstore lalu pilih restore. Aplikasi Restore Contact: Recover Deleted Contact tak menghabiskan banyak ruang penyimpanan karena ukuran aplikasi hanya 2 mb.

4. Gunakan Gmail

Akun Gmail biasanya digunakan penggunanya untuk mengirim pesan elektronik. Akun ini juga memiliki fitur yang jarang diketahui oleh penggunanya yaitu menyimpan nomor kontak yang pernah tersimpan di HP. Syarat agar nomor kontak terdaftar di akun Google adalah dengan mensinkronkan antara perangkat Android yang digunakan dengan akun Gmail.

Baca juga : Cara Menggabungkan File PDF Di Laptop

Masuk ke Gmail dan buka inbox. Tekan opsi more lalu, pilih restore contact. Pengguna akan disajikan seluruh kontak yang tersimpan sampai 30 hari lalu. Pilih sinkronisasi ulang dan tunggu proses selesai. Gmail hanya bisa merestore kontak dalam batas waktu 30 hari. Jika melebihi 30 hari, nomor kontak tidak dapat dipulihkan.

5. Gunakan iCloud Bagi Pengguna iPhone

Cara mengembalikan nomor kontak yang terhapus bagi pengguna iPhone dengan cepat dan mudah bisa menggunakan iCloud. Selain itu, iCloud juga bisa mengembalikan tanda buku dan kalender yang tak sengaja terhapus di iPhone. Pengguna dapat mengakses seluruh fitur yang ditawarkan oleh iCloud dengan membukanya di iCloud.com.

Langkah pertama login akun iCloud yang sudah terdaftar. Pilih menu Account Settings dan gulir halaman ke bawah. Pilih menu Advance lalu klik Restore Contact dan pilih tanggal saat kontak terhapus. Selanjutnya klik restore again to confirm. Setelah proses selesai, pengguna akan mendapatkan notifikasi iCloud dan email.

Demikian ulasan 5 cara mengembalikan nomor kontak yang terhapus dengan cepat dan mudah. Sebelumnya pengguna disarankan untuk melakukan backup data nomor kontak, sehingga jika sewaktu-waktu nomor kontak tak sengaja terhapus pengguna tidak perlu khawatir. Saat ini, sistem backup data dapat dilakukan secara manual maupun secara otomatis.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar