Penjelasan Mengenai Cara Melihat Spesifikasi Laptop dan Komputer

Cara melihat spesifikasi laptop adalah cara atau deskripsi teknis yang digunakan untuk komponen yang akan digunakan kemampuan computer. Computer akan dimulai dengan menggunakan kecepatan prosesor, dengan menggunakan berbagai model yang sangat kreatif. Computer ini bisa di gunakan dengan menggunakan produk pabrikan yang sangat sudah keren dan menawan.

Kecepatan yang digunakan untuk menunjukkan prosesor adalah gigahertz atau GHz, akan dilihat dari angka semakin tinggi dengan kemampuan semakin cepat computer yang digunakan untuk bekerja. Untuk RAM atau random access memory menunjukkan angka dengan gigabytes atau GB, semakin tinggi yang akan menggunakan RAM adalah semakin banyak yang bisa dilakukan secara berbarengan. Untuk ruang harddisk yang disebut dengan ROM biasanya ditunjukkan dengan menggunakan GB atau gigabytes. Simak penjelasannya.

Cara Melihat Spesifikasi Laptop

Mengetahui spesifikasi laptop ini bisa digunakan untuk mengatur beban yang akan menampung Batasan maksimal laptopnya dengan Batasan. Masing-masing laptop memiliki spesifikasi yang menunjukkan kegunaan laptop dengan berbagai macam desain yang menarik juga. Laptop selalu merujuk digunakan secara umum dengan menggunakan jumlah informasi yang disimpan di computer anda.

Cara Melihat Spesifikasi Laptop
Cara Melihat Spesifikasi Laptop

Jumlah informasi yang diterima dapat berupa dokumen, music, serta data lainnya yang biasa dipakai. Laptop bias digunakan untuk mengurus urusan administrasi angka, tulis menulis, mengerjakan tugas, memainkan game, serta mendesain sebuah produk. Berikut merupakan beberapa cara melihat spesifikasi laptop atau computer.

  1. Klik pengaturan atau setting
  2. Klik system
  3. Lalu klik about
  4. Selanjutnya akan muncul dengan spesifikasi laptop atau computer

Cara melihat spesifikasi laptop inilah yang paling dasar dan sangat sederhana dengan hanya membuka setting atau pengaturan yang ada di laptop atau computer anda. Maka akan muncullah gambaran umum yang ada di konfigurasi pada sistemnya. Dengan begitu bisa melihat nama laptop yang berupa ada di Bluetooth, dapat dilihat jenis prosesor, besaran yang RAM, versi laptop, edisi yang ada di detail keamanan pada laptop.

Jika anda menggunakan computer anda bisa mengklik spesifikasi laptop yang ada di my computer. Cara ini cukup sedikit membingungkan tetapi kalua sudah mengikuti caranya anda bisa dengan jelas dan mudah untuk menemukan cara melihat spesifikasi laptop dan laptop. Berikut cara yang paling cepat untuk berada dilihat spesifikasi laptop atau this pc.

Baca juga : Cara Mengetahui Password Wifi

  1. Anda bisa memulai dengan membuka windows explorer yang bisa menggunakan jalan pintas dengan bisa menekan windows+E dengan di keyboard anda
  2. Selanjutnya klik kanan yang bisa anda di pilihan my computer atau pilihan this pc kemudian silahkan pilih properties.
  3. Setelah itu anda bisa langsung melihat beberapa informasi yang berkaitan dengan spesifikasi computer atau laptop anda berupa informasi tipe, kecepatan, RAM, dan lain-lain.

Selanjutnya adalah cara melihat spesifikasi laptop yang akan menggunakan DXdiag. Cara ini adalah cara ketiga yang mudah untuk diikuti atau digunakan dan akan mempermudah anda. Berikut penjelasan caranya dengan langkah sebagai berikut.

  1. Silahkan untuk membuka menu RUN atau menggunakan tombol cepat yaitu windows + R yang ada di keyboard anda.
  2. Lalu selanjutnya anda bisa mengetikkan dengan data dxdiag yang ada di kolom open atau buka
  3. Selanjutnya anda bisa memilih pilih dan dilanjutkan dengan OK
  4. Setelah itu anda bisa melihat dengan berbagai informasi yang digunakan dan berguna untuk melihat spesifikasi computer atau laptop anda
  5. Dengan versi yang ada di system, anda bisa melihat spesifikasi yang ada di windows 64 ataua 32 bit dengan sama saja

Cara ke empat adalah cara melihat speisifkasi laptop anda dengan menggunakan command prompt. Cara ini juga termasuk cara yang mudah dan sangat cepat untuk bisa diikuti langkahnya. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Membuka windows dengan yang ada di explore dengan mengetikkan command prompt yang ada di tab search
  2. Lalu klik command prompt
  3. Ketikan system info lalu bisa klik tekan enter di command prompt
  4. Selanjutnya akan muncul tab yang bisa anda lihat dengan spesifikasi laptop atau computer anda

Dengan keempat cara tersebut bisa diikuti cara berikutnya yang tidak kalah juga dengan sama sama mudah dan cepat. Cara ini bisa dengan menggunakan CPU-Z lalu akan membantu anda bisa melihat spesifikasi laptop. Cara sebelumnya menggunakan atau memanfaatkan fitur yang sudah ada di laptop anda, tetapi cara ini menggunakan aplikasi.

Aplikasi ini bisa didapatkan dengan gratis dengan banyak yang akan di manfaatkan oleh gamers untuk menyesuaikan laptop atau computer anda. Berikut langkah-langkahnya.

Baca juga : Aplikasi Hacker

  1. Setelah CPU Z sudah anda download dan terinstal dengan selesai lalu selanjutnya aplikasi tersebut dengan kerincian informasi dengan spesifikasi langsung dilihat
  2. Anda bisa melihat dengan detail CPU lalu nama prosesor hingga core speed anda pada di kolomnya
  3. Melihat dengan berbagai informasi juga bisa dari mainboard computer atau laptop dengan membuka kolom di CPU Z
  4. Yang ada di kolom type memori bisa dilihat dari tipe memori anda dengan kolom tab SPD lalu bisa melihat slot RAM dengan berbagai informasi dengan RAM yang ada
  5. Yang ada di CPU Z anda juga bisa melihat dan mengetahui tombol power dengan consumption dengan berapa tegangan listrik yang bisa digunakan.

Selanjutnya adalah cara terakhir yang bisa anda gunakan untuk melihat spesifikasi laptop dengan menggunakan software speccy. Aplikasi ini merupakan aplikasi luar yang dapat digunakan untuk menggunakannya. Cara ini juga dapat dengan mudah dilakukan dengan orang awam.

Cara ini bisa anda unduh dengan install softwarenya terlebih dahulu di laptop atau di computer anda. Berikut merupakan cara selanjutnya.

  1. Setelah download dan terinstall serta sudah selesai, anda bisa membukanya terlebih dahulu
  2. Informasi yang rinci bisa anda lihat spesifikasi CPU
  3. Selanjutnya di tab summary, anda bisa melihat dengan detail mengenai spesifikasi yang PC

Keenam cara tersebut bisa anda lakukan dengan sangat mudah dan tidak merasa kesulitan. Dengan adanya langkah-langkahnya anda bisa mengikuti saja cara-cara yang sangat mudah tersebut. Cara tersebut bisa dilakukan dengan singkat di mesin pencari atau bisa mengecek dengan langsung setelah anda membelinya.

Bagaimana dengan informasi cara untuk melihat spesifikasi oleh keenam cara tersebut, semoga bisa mudah diikuti. Tempat untuk melihat spesifikasi laptop biasanya tergantung dengan keadaan laptop sesuai merk dan jenis. Jadi tidak semua laptop sama, tetapi bisa saja berbeda. Cara ini bisa anda gunakan ketika laptop anda lemot atau jika laptop anda bermasalah atau ada problem.

Berikut merupakan beberapa Cara melihat spesifikasi laptop yang bisa anda gunakan untuk laptop atau computer anda. Semoga salah satu cara dapat bisa digunakan untuk jenis atau merk laptop anda. Semoga membantu!

Tinggalkan komentar