Cara Membuat Power Point Tampak Powerful

Bagi anda yang sering melakukan presentasi pasti sudah akrab dengan cara membuat Power Point. Program Power Point sendiri merupakan produk yang dikembangkan oleh Microsoft dan termasuk dalam paket aplikasi kantoran selain Word, Excel, Access, serta beberapa program lainnya. Aplikasi ini banyak dimanfaatkan oleh para tenaga pendidik, siswa, trainer, pegawai kantoran maupun pengusaha.

Banyak orang memahami fungsi Power Point untuk membuat slide presentasi padahal selain itu Power Point juga memberikan kemudahan dalam pengaturan dan pencetakan dari slide presentasi tersebut. Bahkan, aplikasi ini dapat membuat bahan presentasi baik dalam bentuk hardcopy maupun softcopy.

Memaksimalkan Fungsi Power Point Agar Presentasi Lebih Menarik

Slide presentasi juga memberikan pengaruh terhadap focus audience, tampilan slide yang terlalu biasa-biasa saja akan membuat mereka bosan sehingga kehilangan ketertarikan untuk mendengarkan penjelasan. Sebagian besar pengguna Power Point kurang optimal dalam memanfaatkan fungsinya sehingga slide presentasi yang dihasilkan kadang hanya berupa rangkuman dari pembahasannya.

Cara Membuat Power Point
Cara Membuat Power Point

Berikut ini kami akan membagikan tips cara membuat Power Point agar lebih menarik sehingga presentasi anda bisa menjadi lebih powerful. Caranya cukup sederhana dan tidak membutuhkan banyak waktu yaitu:

  • Killer Opening Slide

Killer opening slide berarti slide pembuka dalam presentasi yang bisa mengundang banyak perhatian audiens. Buatlah slide dengan menggunakan gambar yang unik, menarik serta warna yang cerah dan enak untuk dilihat. Awal presentasi ini sangat penting, karena ketika pembukaan anda cukup bagus orang akan tertarik untuk terus mendengarkan presentasi.

  • Theme Custom

Manfaatkan tema built in yang disediakan secara gratis pada aplikasi Power Point, atau jika anda kurang puas dapat menggunakan tema premium atau tema gratis dari beberapa web penyedia tema.

Tema pada Power Point sebenarnya tidak hanya berisi warna dan bentuk huruf yang menarik, tapi juga berisi gagasan desain slide. Hal ini akan cukup membantu anda agar bisa focus pada konten di placeholder.

  • Slide Master

Fitur ini bermanfaat untuk menjaga konsistensi elemen slide seperti bentuk huruf, gambar, warna background, dll. Anda dapat memilih template sesuai dengan yang anda inginkan tanpa mengedit slide satu persatu sehingga lebih hemat waktu. Fitur ini dapat ditemukan pada menu View.

  • Built in Slide Layouts

Jika ingin mendesain slide sendiri, anda dapat membuat slide presentasi satu persatu dengan memanfaatkan layouts yang ada. Pada tema Power Point anda dapat menemukan berbagai macam desain layout yang merupakan hasil desain slide custom.

Baca juga : Kombinasi Warna

  • Color Scheme

Color Scheme atau skema warna dapat anda gunakan untuk menciptakan keharmonisan serta profesionalitas pada slide presentasi. Warna yang harmonis akan membuat slide terlihat semakin menarik dan mengundang perhatian audiens. Anda dapat memanfaatkan skema warna yang sudah disediakan ataupun melihat dari majalah.

  • Stunning Visuals

Karena slide presentasi merupakan media komunikasi visual maka untuk mengoptimalkan fungsi tersebut anda dapat menambahkan diagram, ataupun gambar untuk membantu audiens memahami ide yang ingin anda sampaikan. Anda bahkan dapat menggunakan gambar kreatif yang menggugah rasa ingin tahu dari audiens.

  • Align Text

Agar slide terlihat rapi maka gunakanlah align text pada judul, paragraph, dan daftar list dengan konsisten. Buatlah agar teks tampak sejajar dan memiliki orientasi yang sama.

  • Power point designer

Fitur ini merupakan fitur baru dari Power Point yang akan secara otomatis muncul jika anda menambahkan gambar pada slide. Power point designer memiliki fungsi mampu membuat tata letak dari gambar dan tulisan menjadi lebih beragam sehingga tidak akan membosankan.

  • Pengaturan teks

Atur teks tersebut secara tepat dan mudah dibaca agar dapat dilihat oleh seluruh audiens yakni dengan. Gunakan ukuran teks yang cukup besar sehingga semua audiens yang berada diposisi belakangpun bisa melihat. Anda juga bisa menggunakan teks yang berbeda-beda namun tidak berlebihan dan menimbulkan kesan norak.

  • Ukuran slide

Tampilan slide default pada program Power Point adalah berukuran 4:3, namun ukuran ini bisa diubah sesuai dengan keperluan presentasi anda. Caranya adalah sebelum kamu memulai membuat presentasi, pilih menu File, kemudian pilih sub menu Page Setup dan ketik tinggi dan lebar sesuai dengan yang anda inginkan. Jika sudah mengisi ukuran sesuai keinginan tekan tombol Ok.

  • Periksa aksesibilitas

Fitur ini hanya tersedia pada Power Point versi 2016 keatas, merupakan fitur yang dapat membantu anda dalam menemukan kesalahan penulisan agar presentasi anda lebih sempurna.

  • Morph

Fitur ini memiliki fungsi mengubah gambar, teks, 3D menjadi animasi sehingga presentasi anda akan tampak lebih hidup.

Baca juga : Cara Memperbesar Ukuran Foto

  • Kurangi konten

Power Point sendiri dibuat untuk meringkas presentasi kedalam poin-poin, kemudian dari poin tersebut anda sebagai orang yang melakukan presentasi harus memberikan penjelasan kepada audiens. Power Point berfungsi sebagai bantuan untuk berbicara secara verbal, tapi bukan presentasi itu sendiri. Presentasi dengan membaca keseluruhan teks pada Power Point terkesan tidak professional dan membosankan.

  • Kontras

Kontras memiliki fungsi untuk menciptakan perbandingan, perbedaan, sehingga membuat sesuatu menjadi lebih menarik. Hal ini dapat anda terapkan dengan memberikan warna, ukuran dan tampilan yang berbeda.

Kontras adalah bagian dari konsep design presentasi yang disampaikan oleh Robin Williams. Selain kontras konsep tersebut berisi Repetition, Alignment dan Proximity atau yang sisingkat dengan CRAP.

  • Pengulangan

Pengulangan atau yang juga dikenal dengan Repetition memiliki fungsi menciptakan harmoni dalam keseluruhan file presentasi. Caranya dapat anda lakukan dengan mengulang warna, pola, tata letak, dsb dari satu slide ke slide lainnya.

  • Proximity

Gambar dan teks merupakan elemen yang ada dalam presentasi yang tidak dapat dipisahkan, karena keduanya menciptakan hubungan. Anda dapat mengelompokkan elemen yang memiliki penjelasan yang sama dan menjauhkan elemen yang memiliki penjelasan berbeda.

  • Menggunakan video

Untuk membuat suasana baru yang tidak monoton, anda juga dapat menyelipkan video pada presentasi.

  • Kesimpulan

Jangan lupa untuk memberikan kesimpulan pada slide terakhir, hal ini agar audiens dapat mengingat kembali poin-poin penting yang telah anda sampaikan.

Demikian adalah beberapa trik cara membuat Power Point anda tampak lebih menarik sehingga presentasi yang anda lakukan akan tampak lebih powerful. Dengan desain presentasi yang menarik, audiens juga tidak akan merasa bosan.

Power Point juga memiliki banyak kelebihan salah satunya dalam hal format penyimpanan datayang sangat banyak, mudah digunakan bahkan untuk pemula sekalipun, memiliki desain serta template yang menarik. Tidak berhenti disitu Power Point juga dapat digunakan untuk mengedit foto secara langsung, memiliki fitur pergerakan, dan memiliki fitur untuk memasukkan konten yang berasal dari aplikasi lain. Sayangnya Power Point memiliki kekurangan dalam hal lisensi sehingga memungkinkan penggunanya untuk membayar jika ingin menggunakan aplikasi Power Point ini.

Tinggalkan komentar