Cara Membuat Sticker Telegram Tanpa Aplikasi dan Melalui Aplikasi

Cara Membuat Sticker Telegram – Telegram saat ini menjadi sebuah aplikasi chatting yang populer di kalangan masyarakat khususnya anak muda. Banyak sticker lucu yang bisa dibagikan kepada teman saat sedang melakukan interaksi. Cara membuat sticker Telegram juga sebenarnya sangat mudah.

Pengguna bisa membuatnya sendiri melalui aplikasi atau tanpa aplikasi. Tentunya pengguna bisa berkreasi dengan membuat sendiri stickernya. Berikut ini ada beberapa cara untuk membuat berbagai sticker lucu di Telegram.

Cara Membuat Sticker Langsung di Aplikasi Telegram

cara membuat sticker telegram
cara membuat sticker telegram

Bagi pengguna yang enggan mendownload aplikasi lain untuk membuat sticker Telegram, bisa langsung membuatnya di aplikasi tersebut. Cara membuatnya juga sangat mudah, pengguna hanya perlu mengikuti langkah-langkahnya dengan tepat. Berikut cara membuat sticker Telegram langsung di aplikasinya:

Buka Aplikasinya

Langkah pertama, pengguna harus membuka dan masuk lebih dulu ke dalam aplikasi Telegram. Setelah itu, pengguna masuk ke kolom pencarian dengan logo kaca pembesar di pojok kanan atas. Kemudian masukkan user bot @stickers. Ini merupakan bot resmi yang disediakan oleh Telegram untuk membuat sticker.

Klik Mulai/Start

Saat memasukkan user bot, biasanya akan muncul akun centang biru paling atas. Pengguna bisa klik akun tersebut. Setelah di klik, akan muncul tampilan seperti room chat. Klik mulai/start yang ada di bagian bawah.

Baca juga : Cara Membuat Undangan Zoom Meeting

Klik Perintah /New Pack – Buat Paket Sticker Baru

Jika sudah mengklik mulai/start, maka akan muncul daftar berbagai perintah yang bisa pengguna pilih sesuai kebutuhan. Apabila pengguna ingin membuat sticker, maka bisa memilih perintah yang bertuliskan /new pack – buat paket sticker baru.

Pengguna akan diminta memilih sebuah nama untuk paket sticker yang ingin dibuatnya. Pastikan untuk membuat nama yang sesuai, karena kalau sudah dibuat, nama sticker tidak akan bisa diubah lagi.

Kirim File Gambar yang Transparan

Setelah memilih perintah /new pack, maka pengguna nantinya diminta mengirim sebuah gambar yang transparan. Ukurannya harus 512×512 persegi. Kemudian pengguna klik menu Attachment agar bisa mengirim gambar PNG. Pastikan untuk selalu mengirim gambar dalam format file, bukan langsung berbentuk gambar.

Pilih Emoji Sesuai Keinginan

Langkah yang selanjutnya, pengguna bisa memilih emoji yang akan dilampirkan dengan stickernya. Jika sudah selesai, pengguna akan mendapatkan pesan bahwa pembuatan sticker telah berhasil dilakukan. Pengguna juga bisa membuat sticker lain dengan mengirim berbagai file PNG sesuai keinginan. Lalu kemudian, jangan lupa lampirkan emoji yang berbeda agar sticker semakin menarik.

Baca juga : Software VoIP Berbasis Open Source

Pilih Nama Untuk Paket Sticker

Jika sudah selesai, Langkah terakhir yang harus dilakukan yaitu kirim perintah berupa /publish. Buatlah nama yang singkat dan tentunya unik sebelum pengguna menyebarkannya. Dengan begitu, sticker berhasil dibuat dan siap digunakan untuk berinteraksi dengan teman-teman.

Cara Membuat Stiker Telegram Menggunakan Aplikasi

Pengguna yang ingin membuat sticker juga bisa menggunakan aplikasi yang bernama Sticker Make fpr Telegram. Jika ingin menggunakan aplikasi ini, pengguna bisa mendownload aplikasi ini lebih dulu melalui Play Store. Berikut cara untuk membuat stickernya menggunakan aplikasi ini:

  • Langkah pertama, pengguna harus terlebih dahulu mengunduh aplikasinya.
  • Lalu kemudian, bukalah aplikasinya dan pengguna bisa klik tanda tambah “+” yang ada di bawah sebelah kanan.
  • Memasukkan gambar yang mau dibuat sebagai sticker, dan pilih.
  • Pengguna bisa menambahkan teks atau emoticon menarik yang disediakan oleh aplikasi ini. Kemudian simpan dengan mengklik ikon save di bagian atas sebelah kanan.
  • Secara default pada grup, sticker yang dibuat oleh pengguna yaitu my first pack. Pengguna bisa menggantinya dengan mengklik ikon hamburger di bagian atas, dan klik
  • Kemudian pilih export, dan klik Telegram.
  • Nantinya pengguna akan diarahkan menuju akun bot Telegram, Setelah itu, klik atau pilih.
  • Kemudian, pilih add sticker dan pilih.
  • Klik Sticker Maker for Telegram dan tunggu sampai proses export ke aplikasi Telegram selesai.

Itulah cara membuat sticker Telegram melalui aplikasi Telegram langsung maupun menggunakan aplikasi. Pengguna bisa membuat sticker sesuai dengan keinginan melalui bantuan aplikasi maupun tanpa aplikasi.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar