Beberapa Cara Memperbesar Ukuran Foto Agar Tampak Bagus

Cara memperbesar ukuran foto yang memiliki resolusi kecil sangat mungkin dilakukan di era yang serba canggih ini. pernahkah anda memiliki foto dari masa lalu yang ingin anda cetak sebagai kenang-kenangan, sayangnya foto tersebut memiliki resolusi rendah sehingga pecah-pecah begitu ukurannya diperbesar? Hal ini pasti membuat anda kesal. Namun kini, masalah semacam itu dapat diatasi dengan mudah.

Bagi anda yang ingin mencetak foto lama atau mengunggahnya di media sosial, resolusi foto tersebut dapat diperbesar terlebih dahulu sehingga akan tampak lebih bagus. Cara tersebut dapat dilakukan dengan mengandalkan perangkat lunak ataupun tanpa perangkat lunak, dengan cara online maupun offline. Bahkan anda bisa memperbaiki resolusi foto tersebut hanya dengan menggunakan ponsel pintar yang anda miliki.

Memanfaatkan Perangkat Lunak Pada PC

Cara memperbesar ukuran foto yang pertama adalah dengan mengandalkan perangkat lunak atau software, baik itu software bawaan Windows yakni Paint ataupun dengan mengunduh dan menginstallnya pada PC anda seperti Adobe Photoshop. Berikut ini kami akan membagikan tips atau langkah-langkah untuk memperbesar ukuran foto menggunakan perangkat lunak pada PC.

Paint

Paint
Paint

Paint perangkat bawaan dari Windows yang didesain sebagai program pengolahan grafis sederhana. Namun Paint juga memiliki kemampuan untuk memperbesar ukuran atau resolusi gambar sehingga akan tampak lebih bagus. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk memperbesar ukuran foto menggunakan Paint:

  • Pilih gambar yang ukurannya ingin diperbesar
  • Klik kanan pada gambar tersebut, pilih Open With pada drop down yang muncul kemudian klik Paint
  • Setelah gambar terbuka pada Paint, klik menu Resize untuk melakukan pengaturan ukuran
  • Pilih Pixels pada kolom Resize by untuk mencari tahu ukuran asli dari gambar tersebut
  • Centang bagian Maintain aspect ratio agar skala gambarnya tidak berubah kemudian atur ukuran sesuai yang diinginkan
  • Tekan tombol OK
  • Klik File dan pilih Save As, kemudian pilih format JPEG untuk menyimpan gambar
  • Beri nama file dan pilih folder tempat menyimpan foto tersebut kemudian tekan tombol Save

Adobe Photoshop

Adobe Photoshop
Adobe Photoshop

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan software profesional dan yang paling banyak digunakan tidak hanya oleh para professional tapi juga pemula yaitu Adobe Photoshop. Seperti yang telah dibahas pada artikel sebelumnya yang mana Adobe Photoshop dapat digunakan untuk mengecilkan ukuran foto, software ini juga dapat digunakan untuk memperbesar ukurannya.

Adobe Photoshop adalah perangkat lunak edit grafis yang dibuat oleh Adobe System dan dikhususkan untuk mengedit foto atau gambar serta membuat efek. Karena banyak digunakan, Adobe Photoshop dianggap sebagai market leader untuk perangkat lunak pengolahan gambar atau foto. Software ini memiliki banyak versi, yang terakhir adalah versi keempat belasnya bernama Adobe Photoshop CS7.

Berikut ini adalah tahapan dalam memperbesar ukuran foto menggunakan Adobe Photoshop:

  • Buka software Adobe Photoshop pada PC atau laptop anda
  • Klik menu Open kemudian pilih gambar yang ingin diperbesar ukurannya
  • Setelah gambar terbuka klik menu Image kemudian pilih sub menu Image Size
  • Untuk memperbesar ukuran gambar naikkan angka pada kolom Pixel Dimention sedangkan pada kolom Width dan Height isi dengan ukuran yang anda inginkan
  • Beri tanda centang pada kolom Scale Style, Constrain Proportions, dan Resample Image
  • Pilih menu Best for Reduction atau Bicubic Sharper
  • Tekan tombol OK kemudian cek ukuran gambar pada PC apakah sudah sesuai dengan keinginan anda

Adobe Photoshop memiliki kelebihan tidak hanya pada ukuran yang lebih besar tapi tingkat kecerahan dan kualitas gambar yang lebih bagus. Software ini telah tersedia versi portable sehingga anda tidak perlu menginstalnya pada laptop, ukurannyapun jauh lebih ringan.

Baca juga : Aplikasi Edit Foto

Memanfaatkan Situs Website Gratis

Selain menggunakan perangkat lunak pada PC, memperbesar ukuran gambar atau foto juga dapat dilakukan secara online yakni dengan memanfaatkan situs-situs khusus yang memang difungsikan untuk kebutuhan tersebut. Selain tidak perlu repot menginstal aplikasi, dapat diakses secara gratis, cara ini juga cukup sederhana dan mudah dipahami. Hanya saja anda harus tetap terkoneksi dengan internet untuk dapat menggunakannya.

Berikut ini adalah beberapa situs website yang dapat anda manfaatkan untuk memperbesar ukuran foto:

Image Optimizer

Image Optimizer
Image Optimizer

Image Optimizer sendiri memiliki versi perangkat lunak yang dapat diunduh secara gratis untuk diinstal pada PC. Sedangkan versi situsnya memiliki tampilan yang sangat sederhana sehingga lebih mudah digunakan karena, pada halaman utama anda langsung berhadapan dengan fitur untuk membesarkan file jpg. Dibawah ini adalah langkah-langkah mengubah ukuran foto secara online dengan Image Optimizer:

  • Pilih menu Choose File, kemudian pilih file gambar atau foto dari folder di komputer anda
  • Pilih ukuran pixel dan kualitas gambar, tersedia pilihan dari yang Minimum hingga Best
  • Klik Optimize Now! dan tunggu hingga proses selesai dijalankan
  • Unduh kembali file yang ukurannya telah dirubah tersebut dengan mengklik Download to your computer

Resize Image

Resize Image
Resize Image

Cara memperbesar ukuran foto dengan menggunakan situs ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan situs sebelumnya, cukup dengan mengandalkan koneksi internet. Kelebihan lain dari menggunakan cara online adalah anda dapat melakukannya tidak hanya lewat laptop atau komputer tapi juga HP. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Kunjungi situs website dari Resize Image atau mengetikkan keyword tersebut pada mesin pencarian
  • Pada halaman utama dari situs website terdapat menu Upload an image, Crop your image, Rotate your image, Resize your image, Make background transparent, Select the output image format dan Optimize your image.
  • Masukkan foto yang ingin diperbesar ukurannya dengan menekan tombol Upload an image
  • Tunggu hingga proses pengunggahan selesai kmudian scroll kebawah pada pilihan Resize your image
  • Ubah ukuran gambar sesuai dengan yang anda inginkan dan biarkan kolom Keep aspect ratio tetap tercentang agar skala gambar tidak berubah
  • Pilih JPG pada bagian Select the output image format
  • Pada bagian Optimize your image centang pilihan Best image quality agar kualitas gambar yang diperoleh bagus
  • Klik tombol Resize Image dan tunggu hingga proses selesai dijalankan
  • Unduh gambar dengan mengklik tombol Download Image

Selain dua situs yang sudah disebutkan, sebenarnya masih banyak lagi situs-situs yang menyediakan fitur untuk memperbesar ukuran foto seperti Waifu2x, Let’s Enhance dan masih banyak lagi. Cara lainnya yang dapat anda gunakan adalah dengan memanfaatkan aplikasi yang tersedia pada Google Play Store atau Apple Store seperti Remini, dan menginstalnya pada ponsel pintar anda. Demikian adalah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk memperbesar ukuran foto, anda bisa menggunakan cara manapun sesuai keinginan.

Tinggalkan komentar