Cara Membuat PPT yang Menarik Agar Presentasi Lebih Menakjubkan

Cara membuat PPT yang menarik semakin banyak dicari utamanya oleh mahasiswa untuk keperluan tugas kuliah. Pasalnya, di bangku kuliah kita pasti akan sering diminta untuk melakukan presentasi dengan menggunakan media Power Point atau PPT. Meski identik dengan perkuliahan, tetapi PPT juga sering dimanfaatkan untuk presentasi pada keperluan lain.

Misalnya, saat ada pertemuan organisasi atau rapat bisnis pasti juga diperlukan presentasi dengan memanfaatkan Power Point. Semakin bagus PPT yang dibuat, maka audiensi akan lebih mudah dalam menangkap pesan yang disampaikan dalam presentasi. Dalam sebuah PPT atau Power Point, ada baiknya jika tidak meletakkan terlalu banyak teks pada slide karena akan sangat membosankan.

Cara membuat PPT yang menarik adalah dengan meletakkan sedikit teks, tetapi ditambahi dengan gambar yang kece dan penjelasan yang berkualitas. Jika diperlukan, Anda juga bisa memasukkan data dalam bentuk grafik atau diagram agar lebih bervariasi. Percuma saja Anda membuat PPT dengan total puluhan slide tetapi maksud dari presentasi tidak mampu dipahami oleh audiens karena terlalu berputar-putar.

Cara Membuat PPT yang Menarik untuk Presentasi yang Lebih Hidup

Cara Membuat PPT yang Menarik
Cara Membuat PPT yang Menarik

PPT dan presenter merupakan dua hal yang sama-sama tidak boleh gagal dalam presentasi. Jika presenter mampu menjelaskan dengan baik tetapi PPT yang disajikan kacau, audiens akan merasa kebingungan. Begitu pula sebaliknya, jika PPT sangat keren tetapi presenternya kaku, tentu presentasinya tidak akan berjalan maksimal. Oleh karena itu, selain menyiapkan PPT yang menarik, sebelum presentasi Anda juga harus benar-benar siap agar mampu menyampaikan materi secara maksimal.

Buatlah Slide Pembuka yang Menarik Perhatian

Cara membuat PPT yang menarik yang pertama adalah membuat killer opening slide atau slide pembuka presentasi yang membunuh atau menarik perhatian. Jika awal presentasi sudah terlihat menarik, maka audiens akan terus memperhatikan slide presentasi hingga akhir. Hal ini dikarenakan tujuan dari presentasi adalah untuk memberikan informasi mengenai suatu tema sekaligus untuk menarik perhatian dari audiens.

Semakin audiens tertarik dan antusias dengan presentasi kita, maka artinya kita telah sukses dalam melakukan presentasi. Untuk membuat slide yang menarik, Anda bisa menggunakan gambar-gambar yang unik serta memiliki warna terang namun tetap nyaman dilihat. Tetapi, jangan gunakan gambar atau warna yang berlebihan karena akan terkesan membosankan bagi audiens.

Baca juga : Cara Menggunakan Aplikasi Discord

Gunakanlah Tema yang Keren

Agar presentasi terasa lebih hidup, sebaiknya Anda menggunakan tema custom pada presentasi yang dibuat. Untungnya, Microsoft sudah memiliki beberapa tema built-in yang dapat digunakan secara gratis. Anda bisa menyesuaikan tema yang digunakan dengan tema dari presentasi yang akan dilaksanakan.

Jika kurang puas dengan tema yang sudah tersedia, Anda bisa mengunduh tema-tema lain dari berbagai situs yang ada di internet. Biasanya tema dari situs lain memiliki lebih banyak variasi dan mengandung lebih banyak gagasan. Cara membuat PPT agar terlihat menarik juga harus benar-benar diperhatikan karena tema merupakan nyawa dari sebuah PPT.

Perhatikan Layout Slide

Cara membuat PPT agar terlihat lebih menarik selanjutnya adalah memperhatikan layout slide seperti gambar atau teks yang dimasukkan dalam slide. Jangan sampai Anda memasukkan gambar atau teks yang tidak berkaitan isi dari slide tersebut. Karena hal itu akan membuat media presentasi Anda terlihat payah.

Buatlah slide yang di dalamnya memuat pesan yang ingin Anda sampaikan dengan rapi dan baik. Pastikan gambar dan teks yang ada dalam satu slide saling berkaitan dan merupakan satu kesatuan. Perhatikan juga kontras dari setiap slide agar terlihat lebih menarik.

Perhatikan Jenis, Warna, dan Ukuran Font

Dalam PPT, tentu kita harus memasukkan teks-teks sebagai penjelasan dari materi presentasi. Saat memasukkan teks, maka Anda harus memperhatikan jenis, warna, dan ukuran font yang digunakan. Cara membuat PPT yang satu ini tidak boleh terlupakan karena akan memengaruhi kualitas dari PPT Anda buat.

Pastikan bahwa jenis font yang Anda pilih mudah dibaca. Pilihlah juga warna font yang tidak bertabrakan dengan warna latar belakang slide supaya bisa terbaca dengan jelas. Gunakanlah juga ukuran yang sekiranya bisa dibaca dari jarak yang lumayan jauh.

Jadikan Ekspor PPT yang User-Friendly

Selain memperhatikan keindahan dari PPT yang dibuat, Anda juga harus memikirkan bagaimana rekan atau orang lain dapat membuka dan menggunakan file PPT tersebut. Pasalnya, orang lain mungkin saja tidak memasang Power Point pada komputernya.

Atau mungkin Anda tidak menginginkan orang lain melakukan pengeditan terhadap PPT yang telah dibuat. Maka Anda bisa menyimpan file PPT tersebut dengan menggunakan format PDF agar bisa dilihat oleh siapa pun dan tidak bisa diedit oleh orang lain.

Baca juga : Cara Membuat Poster

Terapkan Tips Presentasi yang Menakjubkan Berikut!

Setelah mengetahui bagaimana cara membuat PPT agar lebih menarik dan mengaplikasikannya, tugas Anda selanjutnya adalah mempersiapkan diri untuk presentasi. Terdapat beberapa tips yang perlu dilakukan agar presentasi Anda terlihat lebih menakjubkan. Apa saja tipsnya? Nah, untuk lebih jelasnya simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Lakukan Persiapan yang Maksimal

Terdapat sebuah ungkapan yang menyatakan bahwa persiapan yang baik telah membantu setengah dari kesuksesan Anda. Artinya, setelah berhasil mempraktikkan cara membuat PPT yang agar lebih menarik, selanjutnya Anda harus melakukan persiapan yang maksimal. Persiapan yang dimaksud meliputi latihan berbicara, intonasi, ekspresi wajah, dan lain-lain.

Selain itu, Anda harus menyesuaikan penyampaian presentasi dengan audiens yang akan dihadapi. Penyampaian kepada anak usia SD tentu berbeda dengan penyampaian kepada mahasiswa. Jadi, gaya bicara dan bahasa yang digunakan harus disesuaikan.

Berikan Pembuka yang Menawan

Sebagaimana telah disampaikan pada pembahasan cara membuat PPT lebih unik dan menarik, bahwa pembuka yang menarik akan menyihir audiens untuk terus memperhatikan presentasi. Namun, selain membuat slide pembuka yang menarik, Anda juga harus membuka presentasi dengan kalimat atau cerita yang menarik perhatian. Tak ada salahnya juga jika di awal Anda mengajak audiens untuk bermain games agar lebih rileks.

Perhatikan Komunikasi Non-Verbal

Saat Anda sedang melakukan presentasi, maka panggung yang ada di depan adalah seutuhnya milik Anda. Oleh karenanya, Anda bebas berpindah-pindah dari satu sisi ke sisi lain untuk berinteraksi dengan audiens. Anda juga bisa menggerak-gerakkan tangan sambil menjelaskan materi presentasi. Jangan lupa juga untuk melakukan kontak mata dengan audiens. Hal tersebut perlu dilakukan untuk membangun ke mistri antara pemateri dengan audiens.

Itulah dia penjelasan mengenai cara membuat PPT yang menarik beserta tips presentasi yang menakjubkan. Setelah menyimak pembahasan di atas, semoga Anda bisa lebih baik dalam membuat PPT untuk presentasi di berbagai keperluan. Yang paling penting Anda harus bisa membuat presentasi menjadi menyenangkan agar mendapat perhatian yang maksimal dari para audiens. Semoga informasi mengenai cara membuat PPT atas membantu. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar