Cara Melihat Kecepatan WiFi dengan Situs Website

Cara Melihat Kecepatan WiFi – Sejak adanya pandemi yang muncul di dunia saat ini, membuat keberadaan internet menjadi sangat penting bahkan masuk dalam kebutuhan pokok. Maka dari itu banyak orang yang ingin memasang WiFi di rumahnya. Ada banyak sekali provider yang bisa dipilih. Namun, sebelum punya WiFi, pengguna harus tau dulu cara melihat kecepatan WiFi untuk menjadi bahan pertimbangan dalam memilih provider.

Mengapa hal itu menjadi sangat penting? Sebab semua kegiatan yang melibatkan internet di dalamnya membutuhkan kecepatan akses yang bagus. Seperti melakukan browsing, mengirimkan data, mengikuti zoom meeting, dan lain-lain. Siapa yang mau saat sedang WFH tiba-tiba akses internetnya menjadi lambat? Tidak ada bukan? Nah, berikut ada cara yang bisa digunakan untuk melihat kecepatan WiFi:

Cara Melihat Kecepatan WiFi dengan Situs Website

cara melihat kecepatan wifi
cara melihat kecepatan wifi

1. Mengakses Situs Speedtest.net

Cara melihat kecepatan WiFi  dapat dilakukan dengan mengakses situs speedtest.net. Situs ini sangat terkenal karena pertama kalinya rilis itu di tahun 2006. Cukup lama bukan? Bahkan pengunjung setiap bulannya mencapai 20 juta pengguna. Pemilik dari situs speedtest.net ini adalah perusahaan Ookla yang berasal dari Montana (Amerika Serikat).

Bagi yang ingin mengukur kecepatan internetnya dengan situs ini, ikutilah langkah berikut; masuklah ke situs speedtest.net, klik tombol “mulai” atau “go”, dan tunggu beberapa saat sampai hasil yang diinginkan keluar. Selain kecepatan WiFi, website ini juga memberikan informasi seputar besaran ping. Speedtest.net juga tersedia dalam bentuk aplikasi, semua user baik Android maupun iOS dapat mengunduh aplikasi ini di playstore.

Baca juga : Lupa Kata Sandi WiFi

2. Mengunjungi Situs Fast.com

Situs website lain untuk mendeteksi kecepatan WiFi yaitu fast.com, yang diluncurkan oleh Netflix sendiri. Cara mengukur kecepatan internet dengan situs ini tidaklah susah. Pengguna cukup mengunjungi fast.com, maka secara otomatis website tersebut akan menjalankan tugasnya. Tunggu beberapa saat sampai loading berhenti dan menunjukkan angka kecepatan internet. Cara ini terhitung sangat mudah karena pengguna tidak perlu menekan tombol apapun.

3. Menggunakan Situs Speedsmart.net

Ada salah satu situs website yang bisa mengukur kecepatan WiFi secara akurat karena menggunakan HTML5 yaitu speedsmart.net. Secara keseluruhan, cara kerja website ini hampir mirip dengan situs lain. Pengguna cukup masuk ke situs ini lalu tekan tombol start berwarna biru. Beberapa detik kemudian akan muncul hasil rekapan kecepatan seperti informasi kecepatan download, kecepatan upload, besaran ping, nama provider bahkan asal servernya.

Situs speedsmart.net juga hadir dalam bentuk aplikasi. Jadi bagi yang sering mengecek kecepatan WiFinya download saja aplikasi ini di playstore supaya lebih praktis. Bukan hanya pengguna Android saja yang bisa mengunduh aplikasi ini, user iOS pun juga bisa. Aplikasi ini sudah mendapatkan rating 4.7 di playstore yang menandakan bahwa speedsmart.net adalah platform berkualitas.

Baca juga : Cara Mengatasi Suara HP Hilang

4. Membuka Situs Meter.net

Bagi yang tidak mau mendownload aplikasi pengukur kecepatan internet karena takut tempat penyimpanannya penuh, cobalah untuk menggunakan situs website. Salah satunya adalah situs meter.net. Proses pengecekan di situs ini berlangsung selama 30 detik dengan sekali ketuk tombol start. Setelah itu pengguna dapat melihat berapa angka kecepatan WiFi yang ada di rumah.

5. Memakai Situs Cbnspeed.com

Situs website terakhir yang bisa digunakan untuk menguji kecepatan internet adalah cbspeed.com. Caranya adalah dengan mengakses situs tersebut melalui browser, setelah itu ketuk tombol “mulai” dan tunggu beberapa detik saja. Jika sudah selesai, layar akan menunjukkan informasi terkait besaran ping, kecepatan unduh dan unggah, alamat IP, nama provider, dan terakhir alamat server.

Nah, itulah cara melihat kecepatan WiFi dengan situs website dan juga aplikasinya. Perlu diketahui, ada beberapa faktor yang menyebabkan jaringan internet terganggu hingga saat memakainya terasa lambat. Salah satu penyebabnya ialah karena banyaknya pengguna yang memakai WiFi tersebut. Padahal kapasitasnya tidak mencukupi untuk menampung banyak user.  Maka dari itu pastikan tidak ada tetangga atau teman yang bisa mengakses Wifi tersebut.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar