Lupa Kata Sandi WiFi? Ini Solusinya

Lupa Kata Sandi WiFi – Sekarang ini jaringan internet merupakan kebutuhan utama bagi pengguna ponsel. Selain tersedia paket data juga ada pilihan menggunakan jaringan Wifi dengan cara menghubungkan melalui kata sandi. Namun ketika lupa kata sandi wifi tentunya tidak akan terkoneksi dengan jaringan.

Bahkan banyak pengguna Wifi yang lupa dengan kata sandinya sendiri sehingga susah untuk terhubung ke jaringan. Namun sekarang ini tidak perlu bingung karena ada cara untuk mengetahui kata sandi yang lupa. Berikut inilah beberapa cara mengetahui kata sandi Wifi:

Cara Mengatasi Lupa Kata Sandi WiFi

lupa kata sandi wifi
lupa kata sandi wifi

1. Menggunakan Aplikasi Wifi Master

Cara mengetahui kata sandi bisa melalui aplikasi Wifi Master menggunakan ponsel. Aplikasi berperan sebagai alat untuk mengetahui detail informasi termasuk kata sandi yang digunakan. Namun dalam hal ini tidak perlu membobolnya. Pengguna cukup download aplikasi terlebih dahulu di Play Store.

Jika aplikasinya sudah terpasang maka buka dan jalankan seperti menggunakan aplikasi lainnya. Lalu berikanlah izin apabila muncul pop up permission. Setelah itu pastikan bahwa ponsel sudah terhubung ke jaringan WiFi yang lupa dengan kata sandinya. Kemudian klik sambungkan maka aplikasi menganalisis kata sandi.

2. Menggunakan Aplikasi Wifi Test

Apabila merasa bingung dengan cara di atas, maka bagi pengguna yang lupa kata sandi Wifi bisa menggunakan aplikasi Wifi Test. Aplikasi ini memiliki kemampuan analisis kata sandi tanpa root. Namun hanya bisa digunakan pada ponsel Android. Langkah pertama harus memiliki aplikasinya dengan mengunduhnya terlebih dahulu.

Baca juga : Cara Mengatasi Suara HP Hilang

Kemudian buka aplikasi, jalankan proses pemindaian jaringan Wifi dan pilih yang akan kata sandinya lupa. Setelah itu pilih opsi bertuliskan Wifi yang Support dan tekan Ok. Tunggulah sampai muncul notifikasi The set up can take up two minutes to complete. Dengan demikian akan ada tulisan Koneksi Sukses, sehingga Wifi terhubung.

3. Lihat di Router

Apabila router masih memakai SSID dan kata sandi bawaan akan lebih mudah melihatnya. Router Wifi telah dilengkapi SSID dan kata sandi bawaan jaringan Wifi. Secara umum router modern sudah tercantum kata sandi bawaan yang sering diacak. Pengguna bisa mengetahuinya melalui router tersebut.

Caranya dengan melihat stiker pada suatu tempat yang isinya SSID dan juga kata sandi. Jika pengguna sebelumnya belum merubah maka bisa tersambung ke router. Apabila tidak ada kata sandi default pada router maka lihatlah dokumen penggunaan router. Di dalamnya terdapat informasi kata sandi default.

4. Mengecek Lupa Kata Sandi Melalui Perangkat Android

Cara mengetahui kata sandi Wifi yang terlupakan oleh pengguna sebenarnya sangat mudah. Cukup dengan menggunakan perangkat Android pun bisa mengetahui kata sandi Wifi yang digunakan. Pengguna yang lupa password hanya perlu download aplikasi Wifi Password Recovery pada ponsel.

Baca juga : Cara Setting Windows 10 Agar Tidak Lemot

Setelah itu buka aplikasi yang sudah terunduh pada ponsel pengguna. Langkah selanjutnya berikan izin aplikasi untuk mengakses Wifi yang ingin diketahui kata sandinya. Lalu aplikasi Wifi Password Recovery akan memunculkan riwayat dari jaringan Wifi yang pernah tersambung pada ponsel Android beserta kata sandi.

5. Menggunakan Aplikasi Wifi Warden

Aplikasi yang memiliki fungsi dalam mengelola Wifi salah satunya adalah Wifi Warden dengan kemampuannya menganalisis. Akan tetapi untuk menggunakan aplikasi ini butuh root dan ponsel harus Android 9 ke atas. Langkah pertama dengan download aplikasi agar bisa dioperasikan. Di halaman paling awal silahkan memilih opsi Signals.

Langkah berikutnya akan ada pilihan Wifi dan pengguna cukup memilih salah satu saja yang ingin diketahui kata sandinya. Apabila sudah memilihnya maka akan ada opsi tulisan Hubungkan ke WPS. Lalu lanjutkan dengan klik tulisan Calculate Pin dan tekan tombol Try All Pin. Dengan demikian akan muncul kata sandi dari Wifi tersebut.

Demikian penjelasan mengenai solusi lupa kata sandi wifi dengan berbagai macam cara. Pengguna bisa menggunakan cara dengan bantuan aplikasi ataupun tanpa aplikasi yang dirasa paling mudah.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar