5 Cara Melihat IP Address WiFi Terbaru

Berbagai macam cara melihat ip address wifi bisa dilakukan oleh penggunanya. Mulai dari mengecek melalui laptop atau PC, Android bahkan dari perangkatnya langsung. IP Address Wifi bisa juga disebut sebagai gateway dari perangkat yang digunakan. Berikut 5 cara untuk melihat IP Address Wifi:

5 Cara Melihat IP Address WiFi Paling Baru

cara melihat ip address wifi
cara melihat ip address wifi

Melalui Command Prompt

Cara yang pertama, bisa dilakukan pada PC atau Laptop dengan mengakses command prompt. Command Prompt ini akan memberikan informasi bila user mengetikkan perintah yang diinginkan, contohnya perintah untuk melihat IP Address Wifi yang digunakan oleh perangkat dengan ‘ipconfig’. Langkah awal, bukalah command prompt atau masuk ke Run lalu ketik cmd kemudian Enter.

Setelah masuk pada command prompt, ketikkan perintah ‘ipconfig’ lalu klik Enter. Di tahap ini command prompt akan menampilkan informasi mengenai Windows IP Configuration. Jika ingin melihat IP Address Wifi maka lihatlah pada ‘Wireless LAN adapter Wi-Fi’ lalu ‘Default Gateway’. IP pada Default Gateway itulah yang merupakan IP Address Wifi yang ada.

Melalui Network dan Sharing Center

Pada Network dan Sharing Center akan menampilkan informasi detail dari perangkat maupun dengan internet. Ada berbagai pilihan cara supaya bisa masuk ke ‘Network and Sharing Center’, salah satunya adalah melalui ‘Control Panel’. Masuklah ke ‘Control Panel’ dan ‘Network and Internet’, bila telah masuk maka akan menampilkan ‘Network and Sharing Center’ serta ‘Internet Options’.

Baca juga : Cara Melihat Story Instagram Akun yang di Private

Pilihlah ‘Network and Sharing Center’ dan klik jaringan yang terhubung dengan perangkat di bagian ‘Connections’. Untuk melihat ip address wifi maka perlu meng-klik ‘Details’ dan carilah ‘Default Gateway’ yang ada. Sesuaikan pada penggunaan, bisa IPV4 Default Gateway atau IPV6 Default Gateway.

Melalui Network & Internet Sharing

Untuk cara melihat ip address wifi selanjutnya adalah melalui ‘Network & Internet Settings’ yang akan muncul bila mengklik ikon wifi. Di bawah pilihan koneksi yang tersedia terdapat pilihan ‘Network & Internet Settings’ dan bila di klik maka akan mengarahkan ke Settings.

Pada bagian ‘Status’ terdapat pilihan ‘View Network Properties’ lalu akseslah. Informasi yang ditampilkan akan detail, mulai dari nama, deskripsi, MAC perangkat, Status, Max transmisi, kecepatan menerima dan mengirim, DHCP, IP Address, Default Gateway bahkan DNS. Jika akan melihat ip address wifi maka perhatikan Default Gateway yang ada.

Melalui Android

Supaya cara ini berhasil maka pastikan Android telah terhubung dengan jaringan yang ada serta Android tersebut memiliki ketentuan bisa mengakses Properties Wifi yang digunakan. Jika tidak tahu sesuai atau tidak maka ada cara yang bisa dicoba. Langkah awal yang wajib dilakukan adalah hubungkan Android ke jaringan.

Baca juga : Cara Uninstal Aplikasi Laptop

Klik jaringan yang terhubung lalu tunggulah hingga properties dari Wifi tersebut muncul. Jika properties telah muncul maka carilah Default Gateway yang ada. Selain Default Gateway, di menu ini bisa juga untuk melihat IP Address dari Android.

Melalui Perangkat Modem

Pilihan cara ini paling mudah bila kardus pembungkus modem masih ada. Setiap modem memiliki informasi mengenai IP, username, password, SSID, dan WLAN Key awal sebelum modem tersebut di setting.

Informasi tersebut selain berada pada kardus, bisa juga berada pada bawah perangkat modem atau Wifi Router yang digunakan. Penandanya bila IP Address Wifi yang digunakan itu bertuliskan IP lalu diikuti dengan ip address.

Itu tadi 5 cara melihat ip address wifi untuk para pengguna wifi. Cara yang disediakan termasuk mudah, baik yang menggunakan perantara yaitu perangkat lain ataupun dari modem wifi-nya langsung.


Dapatkan informasi teknologi paling update rekomendasi dari Terminal Tekno langsung ke smartphone kamu melalui aplikasi Telegram dengan bergabung di https://t.me/terminaltekno



5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar