Rekomendasi Cara Mengatasi Suara HP Hilang Secara Tiba-Tiba

Cara Mengatasi Suara HP Hilang – HP sudah menjadi salah satu media yang tidak asing lagi untuk zaman sekarang ini. Tapi pernahkah hp yang sedang digunakan tiba-tiba tidak mengeluarkan suara? Apabila hal itu terjadi tidak perlu panik dan terburu-buru dibawa ke konter karena dianggap rusak, masih ada beberapa cara mengatasi suara hp hilang.

Ketika suara hp hilang tentunya akan sangat mengganggu aktivitas seperti tidak bisa mendengarkan media dan nada dering panggilan maupun notifikasi. Kebanyakan orang tidak mengetahui kenapa suara pada hp bisa tiba-tiba hilang. Maka dari itu perlu diketahui apa penyebab dari hilangnya suara hp dan diatasi dengan cara sebagai berikut :

Cara Mengatasi Suara HP Hilang Secara Tiba-Tiba

cara mengatasi suara hp hilang
cara mengatasi suara hp hilang

1. Periksalah Status Volume HP Tidak Mute

Jika suara hp tiba-tiba hilang, maka cara mengatasi suara hp hilang yang harus dilakukan pertama kali adalah dengan memeriksa status volume. Biasanya secara tidak sengaja bisa saja status volume hp tertekan ke mode mute. Untuk beberapa jenis hp ada yang apabila ditekan antara tombol volume up dan tombol on/off akan masuk ke mode mute.

Selain itu, bisa saja volume hp berada dalam pengaturan level yang rendah sehingga tidak ada suara yang bisa terdengar dari hp. Maka apabila ini terjadi hanya perlu meningkatkan kembali volume dari hp hingga berada pada level tinggi. Pastikan tombol volume tidak error karena sewaktu-waktu suara bisa hilang Kembali.

Baca juga : Cara Setting Windows 10 Agar Tidak Lemot

2. Bersihkan Hp Dari Cache Menumpuk

Mungkin banyak yang mengatakan bahwa antara volume dan cache tidak ada kaitan yang relevan. Tapi jangan salah, hal ini bisa terjadi pada hp karena cache yang dibiarkan menumpuk dan tidak dibersihkan akan menghambat aplikasi yang dijalankan. Hal ini akan menyebabkan stuck pada saat menjalankan program dan suara tidak terproses.

3. Pasangkan Headset/Earphone Pada Hp

Cara mengatasi suara hp hilang yang terjadi secara tiba-tiba berikutnya dengan mencoba untuk memasangkan headset atau earphone pada hp. Biasanya hp sering mengalami error pada sistem audio jack sehingga menyebabkan hp masuk kedalam settingan headset in dan suara tidak keluar. Biasanya akan ada simbol headset pada bar notifikasi bagian atas hp.

Tujuan dari memasangkan headset atau earphone ini supaya memancing kembali sistem agar berada pada settingan normal. Selain itu headset juga bisa digunakan untuk mengecek suara media dari hp. Apabila pada speaker tidak terdengar suara tanpa symbol headset dan di headset ada suara terdengar, maka bisa dipastikan bahwa speaker hp mengalami kerusakan.

Baca juga : Cara Mengatasi Instagram Error Di Android

4. Matikan Atau Restart Hp

Biasanya suara hp yang tiba-tiba hilang disebabkan oleh gagalnya sistem pengaturan suara yang disebabkan oleh bug atau sistem error. Untuk mengatasinya bisa dilakukan dengan cara matikan atau restart kembali hp yang digunakan. Tujuannya untuk menjalankan ulang program hp sehingga sistem yang akan menghubungkan suara kembali normal dan suara dapat terdengar.

5. Kembalikan Hp Pada Setelan Pabrik

Mengembalikan hp ke setelan pabrik merupakan cara mengatasi suara hp hilang yang paling akhir. Jika beberapa cara sebelumnya masih belum bisa mengembalikan suara hp yang hilang, maka cara ini bisa dicoba. Karena mengembalikan ke setelan pabrik akan memulihkan segala pengaturan yang telah diubah, mungkin saja termasuk pengaturan suara.

Setelah sistem pada hp kembali normal, maka secara otomatis suara pada hp akan kembali muncul. Namun jika setelah melakukan restart suara juga tidak kunjung muncul, maka bisa dipastikan bahwa speaker telah mengalami kerusakan. Kerusakan pada speaker tidak bisa diatasi secara program, namun memerlukan campur tangan dari ahlinya.

Sering kali kerusakan pada suara hp ditimbulkan karena adanya sistem eror yang bisa terjadi sewaktu-waktu. Namun ketika mencoba cara mengatasi suara hp hilang akan tetapi suara tidak juga muncul, maka perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut di tempat service. Karena bisa jadi ada kerusakan pada speaker hp yang tidak diketahui.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar