5 Cara Mengembalikan Data Aplikasi yang Terhapus

Cara mengembalikan data aplikasi yang terhapus mungkin bagi sebagian orang yang awam akan berpikir tidak mungkin. Di era teknologi informasi seperti saat hal yang tidak mungkin bisa menjadi kenyataan terjadi. Aplikasi saat ini bisa melakukan restore data yang terhapus ataupun memperbaiki data yang rusak.

Hal ini sangat membantu bagi pengguna yang dilema dengan kehilangan data penting. Data yang terhapus bisa dikembalikan lagi dengan bantuan aplikasi, sayangnya untuk bisa menggunakan beberapa fitur canggih tersebut pengguna harus melakukan pembelian. Berikut cara mengembalikan data foto atau file dengan beberapa aplikasi yang bisa membantu:

5 Cara Mengembalikan Data Aplikasi yang Terhapus

1. Gunakan Aplikasi DigDeep Image

Aplikasi DigDeep Image
Aplikasi DigDeep Image

Aplikasi DigDeep Image digunakan untuk mengembalikan data dalam bentuk foto. Pengguna dapat melakukan pemulihan data dalam bentuk foto yang terhapus. Pengguna dapat dengan mudah menggunakan aplikasi ini.

Caranya dengan mengunduh dan menginstall terlebih dahulu aplikasi pada handphone. Pengguna cukup melakukan pemindaian pada yang ingin di recovery, Berikutnya aplikasi akan menampilkan data foto yang terhapus untuk pulihkan.

2. Gunakan Aplikasi Dumpster

Aplikasi Dumpster
Aplikasi Dumpster

Aplikasi Dumpster memiliki cara kerja seperti Recycle Bin yang terdapat PC. Aplikasi Dumpster digunakan untuk mengembalikan data yang terhapus. Cara menggunakannya sangat mudah, tanpa harus melakukan proses root pada handphone dan berjalan secara offline.

Baca juga : Cara Melihat Kecepatan WiFi

Aplikasi Dumpster menyediakan banyak format data untuk melakukan pemulihan data. Format data yang bisa dikembalikan adalah mp3, mp4, dan format file lainnya. Pengguna bisa melakukan pemulihan data dengan memilih file direktori, kemudian pilih tombol pulihkan lalu tunggu sampai proses selesai.

3. Gunakan Aplikasi Recover Deleted Photos

Recover Deleted Photos
Recover Deleted Photos

Aplikasi Recover Deleted Photos memiliki fitur yang hampir sama dengan aplikasi recover deleted foto lainnya. Perbedaannya ada pada kecepatan untuk mengembalikan foto yang terhapus dan foto yang tersembunyi yang ada di handphone.

Pengguna tidak perlu lagi melakukan proses root dengan PC untuk menggunakan aplikasi Recover Deleted Photos. Aplikasi Recover Deleted Photos sudah diunduh sebanyak lebih dari 60 ribu kali di playstore. Aplikasi recover data ini bisa menjadi pilihan alternatif cara mengembalikan data aplikasi yang terhapus.

4. Gunakan Aplikasi Undeleter Recover Files & Data

Undeleter Recover Files & Data
Undeleter Recover Files & Data

Aplikasi Undeleter Recover Files memiliki kemampuan untuk memindai data yang pernah dihapus atau yang terhapus pada memori internal ataupun eksternal. Aplikasi ini bisa mengembalikan data dalam format foto, suara, dan video.

Baca juga : Lupa Kata Sandi WiFi

Pemindaian data hanya dapat dilakukan saat handphone dalam keadaan root. Pengguna dapat menggunakan aplikasi ini secara gratis tetapi dengan munculnya banyak iklan. Untuk dapat digunakan secara maksimal, pengguna harus membeli agar iklan tersebut tidak muncul lagi.

5. Gunakan Aplikasi Recuva File Recovery

Recuva File Recovery
Recuva File Recovery

Aplikasi Recuva File Recovery merupakan aplikasi yang cukup terkenal untuk pengguna PC atau pun laptop. Recuva adalah sebuah aplikasi freeware kecil yang berguna untuk melakukan pemulihan pada gambar, musik, dokumen, dan video. Pengguna harus melakukan proses install terlebih dahulu untuk melakukan pemulihan.

Proses untuk melakukan pemulihan dengan cukup dengan menghubungkan hp android lewat kabel data atau USB. Berikutnya adalah dengan memilih semua format file dan klik next, selanjutnya pilih direktori yang ingin direcovery, lalu tunggu sampai proses selesai.

Pengguna bisa mencoba beberapa cara mengembalikan data aplikasi yang terhapus ini sebagai tools yang bermanfaat untuk membantu pekerjaan sehari-hari. Beberapa aplikasi yang sudah direkomendasikan ada baiknya digunakan secara bijak untuk kepentingan tertentu, seperti mengembalikan file penting yang rusak.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar