Beberapa Cara Koneksi Internet Langsung ke Satelit yang Perlu Diketahui

Cara Koneksi Internet Langsung ke Satelit – Internet memang sudah menjadi kebutuhan dalam hidup. Hampir segala yang dibutuhkan maupun diinginkan. Tetapi bagaimana jika tinggal di daerah yang sulit dijangkau oleh sinyal jaringan internet? Tidak perlu bingung, karena ada cara koneksi internet langsung ke satelit. Berikut cara menggunakan internet melalui satelit, simak penjelasannya:

Apa itu Internet Satelit?

Internet satelit merupakan suatu layanan internet yang menggunakan sinyal satelit yang berada di luar bumi. Penggunaan satelit ini memiliki cakupan yang luas, sehingga mudah untuk menjangkaunya. Bahkan untuk wilayah Indonesia pada daerah-daerah terpencil yang sulit terjangkau oleh sinyal internet pada umumnya.

Salah satu perangkat yang digunakan untuk internet satelit adalah VSAT atau lebih dikenal dengan Very Small Aperture Terminal. Perangkat ini dipasang pada modem satelit yang akan mengirimkan sinyal internet ke satelit, lalu diterima satelit dan dikirim kembali ke modem tersebut.

Baca juga : Cara Merubah Link Google Form

Cara Menggunakan Internet Satelit

Ada cara koneksi internet langsung ke satelit dengan mudah dan bisa dilakukan di rumah dengan menggunakan VSAT atau menggunakan modem. VSAT ini akan mengirimkan sinyal ke satelit dan nanti satelit akan menerima lalu mengirim kembali sinyal ke VSAT untuk mengaktifkan sinyal internet. Ikuti langkah berikut untuk mengetahuinya:

  • VSAT akan menghasilkan sinyal yang bagus jika tidak ada halangan yang menghalangi sinyal tersebut sampai ke satelit. Maka, pertama yang harus dilakukan adalah menaruh VSAT di luar rumah yang jauh dari halangan pohon, bangunan lainnya. Letakkan di daerah tinggi.
  • Jika sudah terpasang dan VSAT telah diletakkan di tempat yang sesuai, selanjutnya adalah menghubungkan internet satelit tersebut. Untuk menghubungkan membutuhkan alat pendukung seperti kompatibel modem, kabel internet dan sumber daya lainnya.
  • Setelah semua tersedia, sambungkan langsung modem ke sumber daya tersebut. Lalu hubungkan soket listrik ke komputer atau laptop dan juga kabel koneksi VSAT nya.
  • Jika sudah semua dihubungkan ke VSAT, tinggal tunggu VSAT tersambung, tetapi perlu gunakan sekitar satu sampai dua kabel koneksi yang terpasang di modem nya.
  • Langkah terakhir yaitu, hubungkan modem ke perangkat komputer atau laptop untuk mengaktifkan internetnya. Sambung modem menggunakan kabel internet yang telah tersedia. Jika sudah tersambung ke laptop atau komputer, internet satelit sudah bisa digunakan.

Baca juga : Cara Menghubungi Driver Gojek Yang Sudah Selesai

Kelebihan dari Internet Satelit

Setelah tadi membahas cara koneksi internet langsung ke satelit, dan juga mengenal tentang internet satelit. Penjelasan selanjutnya adalah membahas kelebihan dari menggunakan internet satelit tersebut.

Salah satu kelebihan yang dimiliki dari internet satelit adalah sinyalnya mampu sampai ke daerah pelosok yang sulit dijangkau jaringan internet lainnya. Jika ingin lebih tahu kelebihan dari internet satelit tersebut, simak poin-poin berikut:

  • Memiliki bentuk perangkat yang kecil sehingga mudah untuk dibawa dan mudah untuk dikirim menggunakan pengiriman.
  • Proses mengaktifkan perangkat VSAT atau internet satelit ini lebih mudah dan juga cepat.
  • Minim cara pemeliharaan yaitu cukup jaga agar tidak terbentur atau jatuh, serta perawatan yang simpel. Cukup bersihkan dari debu dan noda agar tidak cepat rusak.
  • Memiliki kecepatan serta bandwidth nya tinggi sehingga hampir menyamai kecepatan internet pada umumnya.

Baiklah, itu tadi beberapa penjelasan cara koneksi internet langsung ke satelit. Serta ada pembahasan mengenai internet satelit itu sendiri, dan juga kelebihan dibaliknya. Jadi, kini semua orang bisa menggunakan internet walaupun di daerah yang sulit terjangkau oleh jaringan internet pada umumnya.


Dapatkan informasi teknologi paling update rekomendasi dari Terminal Tekno langsung ke smartphone kamu melalui aplikasi Telegram dengan bergabung di https://t.me/terminaltekno



Terminal Tekno

Teminal Tekno adalah Blog yang menyajikan berbagai macam informasi seputar review, teknologi, smartphone, komputer, aplikasi, dan sejenisnya yang paling update.

Leave a Comment