Tips Mencari Product Key Windows 10 Dengan Mudah

Product key windows 10 adalah kumpulan yang terdiri dari 25 kode digit yang unik dan menarik untuk digunakan sebagai aktivasi sistem operasi yang ada di laptop atau komputer anda. Product key ini berfungsi untuk membuat beda antara satu PC dengan satu PC lainnya. Hal itu digunakan agar tidak adanya persamaan kode dalam setiap jenis atau merk komputer anda.

Microsoft sudah menyediakan windows 10 yang sangat baik sehingga sudah termasuk dengan pemasangan di komputer untuk dijual secara fisik dan digital. Selain itu, Product key juga merupakan elemen yang sangat penting agar bisa dihubungkan dengan aktivasi sistem windows tersebut dengan mudah dan simple. Simak penjelasan berikut.

Cara Aktivasi Product Key Windows 10

Secara umumnya, anda bisa melihat atau menemukan product key ini di dalam kemasan laptop maupun kemasan kotak CD. Selain itu kalau kamu membeli digital dengan windows 10, kamu juga bisa menemukannya dalam email yang di konfirmasi oleh pembelian sejak awal. Kode digit itu akan hanya berlaku dalam satu PC itu saja dan jarang sekali menemukan kode yang sama dengan PC lainnya.

Product Key Windows 10
Product Key Windows 10

Proses mengaktifkan biasanya akan berjalan dengan seiring kamu membeli komputer yang baru atau kamu sedang menginstal ulang secara menyeluruh bagian komputer. Untuk melakukan instalasi windows, kamu akan diminta untuk memasukkan kode tersebut. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Buka setting atau pengaturan
  2. Klik update dan security
  3. Selanjutnya klik tombol activation
  4. Lalu kamu akan menemui update product key
  5. Yang terakhir kamu bisa klik change product key
  6. Selesai sudah, product key kamu sudah aktif

Selain mengaktivasikan dengan cara di atas, anda bisa mencoba cara lain dengan menggunakan lisensi digital yang sudah tersedia. Biasanya lisensi digital akan tersedia jika kamu sudah upgrade dari windows 7 menuju windows 8.1 atau upgrade ke versi yang Pro, dan mendapatkan secara online atau di Microsoft store secara langsung. Lisensi digital ini mempunyai akun Microsoft yang akan kamu daftarkan, jadi kamu tidak akan menemukannya di PC lain (kecuali jika kamu menghubungkan PC tersebut sudah login dengan email kamu dan sudah terhubung dengan internet).

Baca juga : Aplikasi Screenshoot PC

Tips Melihat Product Key Windows 10

Untuk melihat product key windows 10 ini kamu bisa membuka kotak kemasan pada saat pembelian atau kamu lebih baik upgrade windows terlebih dahulu. Berikut cara agar kamu bisa melihat product key windows 10.

  1. Buka dan klik tombol search yang ada di desktop bar (terletak di sebelah tombol start)
  2. Lalu kamu bisa ketik activation dan klik
  3. Setelah muncul menu activation sudah ada, kamu bisa mencari deretan kode angka yang ada di keterangan product key.

Setelah itu kamu bisa melihat kode unik khusus untuk laptop anda dan tidak dapat ditemukan di kode unik laptop lainnya walaupun sama merk dan jenisnya. Kode unik ini berisi 25 angka unik atau acak dan lumayan Panjang. Tetapi terdapat tips melihat product key windows 10 jika hasil dari update an dari windows 7 atau windows 8.1. berikut penjelasannya.

Nantinya jika windows 10 yang kita pakai tertulis promo update gratis Microsoft yang memiliki lisensi digital, berarti bisa memakai aplikasi keyfinder untuk menemukannya.

  1. Sudah melakukan download dan install program keyfinder yang ada di laman resmi websitenya.
  2. Proses instalasi program keyfinder ini tidak begitu memakan waktu yang lama dan hanya sekitar 5 hingga 10 menit saja untuk mencapai kata “selesai”
  3. Setelah selesai, lebih baik jalankan program tersebut terlebih dahulu
  4. Lalu terakhir akan muncul dan kamu sudah bisa melihat product key windows 10 yang sudah ada

Agar langkah tersebut sudah terjamin aman dan akan melakukan pengamanan kembali sebaiknya kamu bisa menyimpannya. Simpan data tersebut dengan memilih file lalu klik save as saja terlebih dahulu. Cara tersebut akan membuat lebih aman dan terjamin.

Untuk penyimpanan biasanya akan tersimpan di OneDrive. Penyimpanan di OneDrive akan mudah untuk mengaksesnya tanpa takut bahwa suatu saat PC yang kamu gunakan sedang mengalami masalah atau harus dilakukan paksa untuk hard reset.

Setelah tidak mengaktifkan windows 10, aka nada efek yang ditimbulkan tetapi tidak membahayakan dan tidak membuat risiko tinggi. Berikut penjelasannya.

Baca juga : Cara Melihat Spesifikasi Laptop

Efek Tidak Aktivasi Windows 10

Efek ini akan berlangsung jika anda tidak mengaktivasi windows 10 dengan benar atau tidak diaktifkan sama sekali. Program yang ada di komputer atau laptop anda tidak akan berjalan dengan baik dan mungkin tidak bisa digunakan sama sekali. Berikut efek yang akan dialami:

  1. Ada tulisan atau watermark yang berada di windows berada di kanan bawah layer (kebanyakan laptop)
  2. Komputer atau laptop anda bisa mengalami kemacetan atau tidak bisa berjalan dalam beberapa interval jika menggunakan dalam jangka waktu yang lama
  3. Laptop juga tidak mengizinkan kita untuk mengatur lebih banyak personalia, termasuk dengan modifikasi atau me rest wallpaper, warna tampilan, tema laptop, layer kunci, dan lain-lain
  4. Menggunakan fitur yang sinkronisasi dengan Microsoft juga tidak akan bisa didapatkan dengan mudah dan begitu saja. Pengaturan sinkronisasi pada perangkat yang berada di Microsoft harus mengaktifkan windows terlebih dahulu

Berikut merupakan efek yang akan dialami jika tidak mengaktifkan windows 10 dalam jangka waktu yang lama. Kelamaan begitu membuat laptop baru anda terasa tidak berguna dan tidak akan bisa terpakai, terlebih jika berhubungan dengan program dari Microsoft. Dimana Microsoft membutuhkan lisensi atau aktivasi terlebih dahulu dari windows tersebut.

Product key yang dihasilkan dari sistem operasi windows 10 ini sebagai identitas sebuah komputer atau laptop tersebut. Oleh karena itu pada kebanyakan laptop, product key sistem operasi ini hanya digunakan untuk melindungi dari pembajakan. Identitas yang digunakan biasanya KTP, karena itu identitas yang tidak sembarangan maka dari itu setiap orang harus melindungi data atau identitas dari kesalahgunaan oleh orang lain.

Perlu diketahui cara menggunakan product key sangatlah mudah karena tidak perlu terlalu lama untuk mengaktivasinya. Namun diingat beberapa antivirus akan membaca aplikasi yang mungkin anda install merupakan virus dengan menganggap sebagai hal yang mengancam system. Jika ini terjadi, anda hanya perlu menonaktifkan perlindungan dari antivirus terlebih dahulu agar program yang anda install tersebut dapat berjalan dengan baik dan tidak tersendat.

Berikut merupakan tips dan cara melihat Product key windows 10 dengan mudah dan simple. Sebaiknya kamu amati dan perhatikan secara rinci langkah-langkahnya agar tidak terjadi kesulitan sangat pengecekan atau saat melakukan aktivasi. Anda harus bijaksana dalam menggunakan aplikasi tersebut. Semoga bisa membantu kalian!

Tinggalkan komentar