Inilah 5 Cara Setting Windows 10 Agar Tidak Lemot

Cara Setting Windows 10 Agar Tidak Lemot – Sistem operasi yang cukup familiar dan sering digunakan diantaranya adalah windows 10 yang dikembangkan oleh microsoft. Microsoft windows 10 yang banyak melakukan pembaharuan dari versi ke versi, namun masih sering terbilang lemot. Hal tersebut menjadikan pengguna merasa terganggu dan tidak nyaman ketika menggunakannya. Pekerjaan pun akan menjadi lambat, maka harus diketahui cara setting windows 10 agar tidak lemot.

Masalah windows 10 yang lambat atau terbilang lemot ini disebabkan bukan hanya dari sistem operasinya saja. Adanya virus dari aplikasi atau RAM yang rendah dan tempat penyimpanan yang tidak mencukupi juga dapat membuat sistem operasi lemot. Mengetahui bagaimana mengatasi  hal tersebut, berikut adalah cara setting agar windows tidak lemot diantaranya yaitu:

5 Cara Setting Windows 10 Agar Tidak Lemot

cara setting windows 10 agar tidak lemot
cara setting windows 10 agar tidak lemot

1. Matikan Program Aplikasi di Startup Windows

Program aplikasi yang diinstall biasanya akan selalu aktif ketika laptop dalam keadaan menyala. Tidak disangka ternyata hal itu yang merupakan salah satu penyebab sistem operasi windows menjadi lemot dan nge-lag. Cara setting windows 10 agar tidak lemot bisa dilakukan dengan cara yang pertama ini yaitu mematikan program aplikasi di startup windows laptop.

Cara mematikan program aplikasinya pun cukup mudah dilakukan. Hanya dengan menekan tombol Windows plus R dan selanjutnya ketikan “msconfig” untuk memunculkan program aplikasi yang ingin dimatikan.

2. Hapus Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Cara kedua untuk melakukan setting windows 10 agar tidak lemot yaitu dengan menghapus aplikasi-aplikasi yang tidak digunakan. Program aplikasi yang terlalu banyak terinstall memang akan menyebabkan resiko sistem operasi menjadi lemot dalam sistem kerjanya.

Baca juga : Cara Mengatasi Instagram Error Di Android

Hal tersebut terjadi karena program aplikasi memakan banyak tempat penyimpanan. Alangkah baiknya program aplikasi yang diinstall hanya aplikasi yang penting dan sering digunakan saja.

3. Mengecek Settingan Drivers

Cara setting windows 10 agar tidak lemot yaitu salah satu diantaranya bisa dilakukan dengan mengecek settingan drivers. Metode pengecekan drivers pada sistem operasi cukup mudah dilakukan untuk pengguna yang baru saja melakukan update windows 10. Pada dasarnya sistem operasi ini setelah melakukan update membutuhkan drivers yang cocok pada sistem operasi windows tersebut.

Untuk mengecek driver di laptop bisa menggunakan kombinasi windows plus R, kemudian ketikkan “devmgmt.msc” untuk mengecek drivernya. Selanjutnya akan muncul informasi mengenai kondisi drivers tersebut, jika lambat karena pergantian drivers maka bisa dilakukan uninstall dan kembali ke drivers yang sebelumnya.

4. Hapus File Pada Folder Temp

File yang berada di folder temp adalah hasil dari ekstrak aplikasi yang terinstal atau hasil desain editing aplikasi yang digunakan. Sebagian besar pengguna mengabaikan kondisi adanya folder temp ini, karena folder temp ini akan tersimpan secara otomatis di sistem operasi.

Baca juga : Cara Membuat Partisi di Windows 10 saat Instal Ulang

Jika folder temp terus menumpuk maka menyebabkan sistem operasi lemot dan nge-lag. Menghapus folder temp bisa dilakukan dengan cara pilih windows plus R kemudian ketikkan “%temp%” dan pilih hapus folder untuk menghapusnya.

5. Hapus Backup Windows Update

Cara selanjutnya untuk mengatasi windows lemot yaitu dengan menghapus backup windows update ketika sudah digunakan. File tersebut tidak digunakan lagi dan jika dibiarkan saja akan mengakibatkan sistem operasi lemot.

Caranya sangat mudah untuk mensetting windows lemot dengan cara ini yaitu pilih file yang akan dihapus misal di tempat penyimpanan disk C. Selanjutnya akan muncul file yang ada di disk C, hapus file yang akan dihapus dengan pilih enter.

Itulah beberapa cara setting windows 10 agar tidak lemot dan dapat dilakukan secara mudah. Pada dasarnya semua cara diatas tergantung pada pemakaian aplikasi yang terinstall di sistem operasi. Sebaiknya hapus dan matikan program aplikasi ketika sudah tidak digunakan lagi untuk menghindari windows atau sistem operasi lemot.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar