Cara Login Sispena dan Fungsi Dari Sispena

Cara login Sispena perlu diketahui oleh tenaga pendidikan untuk bisa mengurus akreditasi sebuah sekolah. Jika tidak mengetahui bagaimana cara untuk bisa login ke Sispena maka maka pengelola sekolah tidak bisa mengetahui bagaimana cara untuk mendaftar akreditasi sekolah yang ia miliki.

Namun, sebelum mengetahui bagaimana sih cara untuk login ke Sispena itu sendiri, Anda perlu tahu apa itu arti Sispena dan apa saja sih fungsi dari Sispena itu sendiri? Berikut adalah keterangan mengenai Sispena secara detail.

Apa itu Sispena? Dan Apa Saja Fungsinya?

Sispena adalah Sistem Informasi Penilaian Akreditasi yang mana sistem ini sudah berbasis web. Sispena  bisa untuk diakses oleh pengguna di mana pun dan kapan saja hanya dengan menggunakan internet. Sispena ini diciptakan oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah atau Madrasah (BAN-SM).

 Untuk bisa mengakses Sispena, Anda bisa menggunakan berbagai perangkat, bisa komputer, laptop bahkan smartphone. Lalu apa sih sebenarnya fungsi dari sispena itu sendiri? Nah, setelah Anda mengetahui apa itu Sispena, saatnya menelisik lebih jauh apa sih fungsi dari Sispena itu sendiri?

Sesuai dengan namanya, sistem informasi berbasis berbasis web, Sispena ini sengaja dimanfaatkan agar bisa melakukan penilaian layak tidaknya sebuah sekolah mendapatkan akreditasi. Ya, penilaian ini perlu dilakukan kepada sekolah-sekolah agar bisa mendapatkan akreditasi.

 Jadi, jika sekolah yang Anda kelola ini ingin mendapatkan akreditasi, pastikan Anda memiliki Sispena. Berikut adalah fungsi dari Sispena secara garis besarnya :

Mencatat Pendataan Sekolah

 Kegunaan sispena adalah untuk melakukan atau mencatat pendataan sekolah yang ingin diakreditasi secara sah.

Mengirim Berkas-Berkas Secara Online

Kehadiran Sispena sangat penting untuk mengirim berkas-berkas. Jadi, dalam mengurus akreditasi, nantinya Anda sebagai pengelola sekolah akan diminta mengirim beberapa berkas atau dokumen persyaratan akreditasi.

Nah, semua berkas-berkas itu tidak perlu dikirim secara offline melainkan secara online saja. Pastikan Anda mengetahui bagaimana cara untuk mengirim berkas-berkas tersebut supaya Sispena ini bisa menerima file yang Anda kirimkan.

Memberikan Penilaian

 Sispena berfungsi untuk memberikan penilaian pada sekolah yang mendaftar akreditasi. Ada  beberapa instrumen yang berisi penilaian akreditasi yang nantinya akan dimuat di dalam sistem Sispena. Nah, jika Anda diberi tanggung jawab untuk mendaftarkan sekolah Anda agar bisa mendapatkan akreditasi, maka  Anda akan diminta menjawab berbagai pertanyaan-pertanyaan yang ditampilkan dalam sispena.

Baca juga : Cara Membuat CV Online

 Pertanyaan  itu merupakan instrumen-instrumen yang berisi penilaian untuk menentukan apa akreditasi yang diberikan kepada sekolah Anda. Nantinya, jawaban Anda akan dikoreksi dan disinkronisasi oleh asesor dengan menyesuaikan pada bukti-bukti dokumen yang telah Anda upload sebelumnya.

Melakukan Analisa Penilaian

Sispena ini bisa melakukan penilaian otomatis pada sekolah yang Anda daftarkan untuk diakreditasi. Kemampuan sispena ini sangat otomatis karena sistem bisa menganalisa hasil jawaban yang Anda berikan kepada instrumen-instrumen dan menyesuaikannya dengan syarat-syarat yang telah Anda untuk sebelumnya.

Kehadiran sispena ini tentu sangat memudahkan para pengelola sekolah untuk bisa mendaftarkan akreditasi sekolah ataupun madrasahnya. Jadi anda tidak perlu repot-repot untuk mengunjungi Badan Akreditasi Sekolah dan mengurus semuanya secara manual karena hanya dengan online saja Anda sudah bisa mendaftarkan sekolah Anda agar agar bisa terakreditasi.

 Apalagi di musim pandemi Covid-19 ini, social distancing sangat diperlukan untuk mencegah masyarakat tertular virus ini.

Cara Login Sispena

Cara Login Sispena
Cara Login Sispena

Lalu  bagaimana sih cara supaya Anda bisa login ke akun sispena Anda? Berikut adalah caranya :

  1. Buka situs website https://bansm.kemdikbud.go.id/sispena/login
  2. Masukkan username dan password yang sudah Anda miliki.
  3. Jika Anda belum mempunyai username dan password, maka Anda bisa memasukkan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) Anda.
  4. Selesai memasukkan NPSN sebagai username dan password, langkah selanjutnya adalah Anda harus mengisikan kode captcha yang tertera.
  5. Jika Anda tidak bisa membaca kodenya, Anda bisa klik tulisan “disini” untuk merefresh kode captcha baru.
  6. Apabila Anda sudah bisa membaca kode captcha baru, maka segera klik tulisan “LOGIN”.
  7. Setelah berhasil masuk ke sistem, maka Anda akan diharuskan mengisi kolom pendaftaran akreditasi, mulai dari profill dan visi misi sekolah, tahun didirikan dan status akreditasi sebelumnya.
  8. Jika sudah menyelesaikan kolom halaman beranda, maka selanjutnya adalah Anda harus masuk ke Data Isian Akreditasi (DIA).
  9. Di menu DIA ini, Anda akan diminta mengunduh berbagai persyaratan yang harus diunduh ke sistem.

Mengapa Sebuah Sekolah Harus Mempunyai Akreditasi?

Apa itu akreditasi? Akreditasi adalah pengakuan bahwa suatu institusi memiliki standar yang diperlukan bagi lulusannya untuk dapat diterima di lembaga pendidikan tinggi terkemuka lainnya atau untuk mencapai titik kredensial untuk praktik profesional.

Tujuan akreditasi adalah untuk memastikan bahwa pendidikan yang disediakan oleh lembaga-lembaga pendidikan tinggi memenuhi tingkat kualitas yang dapat diterima. BAN-SM berupaya mengembangkan kriteria evaluasi dan melakukan evaluasi sejawat untuk menilai apakah sebuah sekolah memenuhi kriteria untuk diakreditas atau tidak. bertemu.

Baca juga : Cara Membuat Daftar Pustaka

Sekolah yang memenuhi kriteria kemudian akan mendapat status”terakreditasi” oleh BAN-SM. Akreditasi melindungi kepentingan siswa, orang tua siswa, sekolah itu sendiri, dan calon pemberi kerja. Akreditasi memastikan bahwa program pendidikan yang ditawarkan telah mencapai tingkat yang memenuhi atau melampaui standar yang dikembangkan oleh para ahli di bidangnya.

Namun, akreditasi sekolah tidak memastikan bahwa setiap siswa yang lulus akan menjadi seorang profesional yang sukses. Akreditasi sekolah hanya menjamin bahwa siswa telah menunjukkan serangkaian keterampilan dan kemampuan tertentu yang tercermin dalam kriteria akreditasi.

Akreditasi sekolah bukan syarat yang cukup untuk menunjang kesuksesan profesional, tetapi dalam beberapa disiplin ilmu, akreditasi sekolah berfungsi sebagai syarat mutu pendidikan diperlukan. Berikut adalah alasan mengapa sebuah sekolah perlu mendaftarkan akreditasi sekolahnya :

Bagus untuk Menarik Minat Siswa Baru

Jika sebuah sekolah sudah mendapatkan akreditasi, maka banyak siswa baru yang nantinya akan tertarik masuk ke sekolah tersebut. Orangtua siswa selalu menginginkan anaknya mendapatkan pendidikan yang bermutu tinggi. Oleh sebab itu akreditasi sekolah penting untuk diurus karena memang kebanyakan calon siswa menggunakan status akreditasi program / lembaga sebagai faktor dalam keputusan mereka untuk mendaftar.

Membanggakan Alumni

Banyak lulusan sekolah yang menggunakan akreditasi untuk memperkenalkan latar belakang pendidikan mereka kepada pemberi kerja dan program-program di sekolah lain. Sehingga adanya akreditasi memenuhi persyaratan masuk atau mendapatkan keuntungan dibandingkan pelamar dari program yang tidak terakreditasi

Meningkatkan Kualitas Dan Relevansi Lulusan

Masyarakat profesional menggunakan proses akreditasi untuk memastikan relevansi kurikulum di bidang minat mereka. Seiring waktu, pembentukan dan proliferasi program terakreditasi mampu meningkatkan kualitas dan relevansi lulusan baru dengan profesi.

Mudah Mendapat Bantuan dari Pemerintah

Seperti halnya industri, beberapa pemerintah menggunakan akreditasi sebagai kriteria seleksi calon pekerja. Selain itu, program terakreditasi sering memiliki keunggulan dalam keputusan pemerintah tentang pendanaan publik untuk penelitian atau infrastruktur pendidikan. Dalam beberapa kasus, akreditasi mempengaruhi masalah kebijakan yang lebih luas seperti memberikan kucuran dana pembangunan atau beasiswa.

Dengan beberapa alasan di atas, maka sangat disarankan bagi Anda untuk mendaftarkan akreditasi sekolah Anda melalui Sispena. Gunakan cara login Sispena yang sudah dijelaskan di atas.

Tinggalkan komentar