Cara Menghapus Akun Instagram Secara Permanen Terbaru

Sebenarnya ada beberapa cara menghapus akun instagram secara permanen membutuhkan waktu selama ±30 hari / 1 bulan. Ini tidak seperti sosial media yang lain yang hanya tekan delete untuk menghapus akun secara permanen.

Instagram sendiri telah mengubah cara menghapus akun beberapa waktu lalu. Jadi jika masih mengikuti cara lama untuk menghapus akun maka akan muncul keterangan bahwa halaman ini tidak dapat diakses. Jadi simak penjelasan lengkap tentang cara untuk menghapus akun instagram terbaru di bawah ini.

Alasan Menghapus Akun Instagram

Setiap orang pasti mempunyai sebuah alasan untuk menghapus akun instagram. Hal ini pun merupakan hak privasi seseorang yang sebenarnya tidak perlu untuk dikomentari. Jadi tidak seharusnya bertanya tentang alasan pribadi seseorang mengapa akun instagramnya dihapus.

Cara Menghapus Akun Instagram
Cara Menghapus Akun Instagram

Namun pasti ada sebuah rasa penasaran untuk mengetahui lebih dalam atas alasan untuk menghapus akun instagram. Di bawah ini adalah beberapa persepsi tentang alasan menghapus akun instagram :

  1. Rasa malu terhadap diri sendiri

Alasan pertama bagi seseorang menghapus rasa instagram yaitu rasa malu akan diri sendiri. Hal ini disebabkan kegagalan dan belum bisa menerima kenyataan bahwa tidak semua berjalan sesuai dengan keinginannya.

Beberapa orang terdekat biasanya bertanya – tanya atas suatu kegagalan itu. Hal ini seakan membuat dirinya semakin terpojok dan tertekan. Menutup diri dengan menghapus akun menjadi satu – satunya untuk menenangkan pikiran.

  1. Sakit hati mengenang masa lalu

Setiap orang pasti mempunyai kenangan masa lalu dan menyimpannya di instagram. Namun ada suatu hal yang membuat sebuah kenangan masa lalu yang bahagia menjadi kenangan pahit. Daripada mengingatnya dan dipenuhi rasa sakit hati, lebih baik menghapus akun instagram.

Baca juga : Cara Hapus Akun Facebook

  1. Butuh istirahat

Terkadang sosial media dapat menyebabkan rasa lelah. Ada kalanya sejenak membuat hati dan pikiran butuh untuk rilex tanpa memikirkan apapun. Yang harus dilakukan yaitu menenangkan hati dan pikiran. Biasanya dengan pergi ke suatu tempat yang tenang.

  1. Mengontrol diri dan menghilangkan rasa impulsif dengan media sosial

Media sosial seperti instagram dapat menjadi hal yang adictif dan menimbulkan rasa impulsif. Hal itu seolah membuat diri sendiri merasa harus membagikan setiap moment di media sosial. Padahal hal itu tidak seharusnya dilakukan. Secara psikologis, rasa impulsif yang berlebihan sangat tidak baik untuk kesehatan mental.

Satu-satunya cara untuk mengurangi adictif aka media sosial dan rasa impulsif yaitu dengan menghapus akunnya. Kemudian uninstal aplikasi instagram. Kemudian hapus history dan speed dial di browser.

Cara Menghapus Akun Instagram Permanen

Untuk menghapus akun instagram tidak hanya sekedar mengikuti step by step. Tetapi pahami juga beberapa ketentuannya. Ada 2 buah pilihan untuk menghapus akun instagram, yaitu secara temporer dan permanen.

Cara untuk menghapus akun instagram secara temporer

Sosial media kini seolah menjadi kebutuhan dalam hidup. Namun ada kalanya mencari waktu untuk berhenti menggunakan media sosial. Tetapi tidak mungkin untuk tidak menggunakan media sosial selamanya. Maka dari itu, sebaliknya nonaktifkan akun sementara.

Di bawah ini adalah cara untuk menonaktifkan akun sementara :

  • Pertama – tama, login akun instagram dengan browser. Baik itu melalui smartphone ataupun komputer. Instagram sama sekali tidak menyediakan akses mengelola akun secara lengkap.
  • Masuk ke halaman profil.
  • Klick edit profil.
  • Scroll bagian bawah dan klick Temporarily Disabled My Account / Nonaktifkan Sementara Akun Saya.
  • Pada tampilan temporarily account, pilih salah satu alasan mengapa menonaktifkan akun untuk sementara waktu. Kemudian pada kolom bawahnya, ketik password instagram kamu.
  • Selanjutnya klick Temporarily Disabled Account. Lalu akun instagram kamu akan nonaktif dan tidak dapat diakses sama sekali selama 1 bulan. Setelah satu bulan, kamu dapat login kembali ke akun instagram.

Baca juga : Cara Menghapus Akun Zoom

Cara untuk menghapus akun instagram secara permanen

Instagram memiliki beberapa ketentuan khusus dalam menghapus akun secara permanen. Ketentuan itu meliputi :

  • Seandainya kamu memilih untuk menghapus akun instagram, maka foto, video, komentar, likes hingga pengikut akan terhapus dan hilang sepenuhnya secara permanen. Apabila sebelumnya kamu meninggalkan beberapa komentar, maka komentar itu akan hilang.
  • Setelah akun kamu terhapus, kami tidak bisa lagi membuat akun instagram dengan username yang sama dengan username akun yang telah dihapus.
  • Instagram memberikan waktu selama 1 bulan untuk proses menghapus akun. Selama masa itu, sebenarnya kamu masih bisa login. Pada masa itu pula, kami harus memilih unggahan mana yang terasa penting. Jika penting maka simpan terlebih dahulu di memori internal pada perangkat kamu.
  • Masa penghapusan akun seutuhnya, dapat memakan waktu selama ±90 hari.
  • Semua history akun kamu tersimpan ke dalam cloud internet server pusat. Instagram pun memiliki hak untuk mengaktifkan kembali akun kamu untuk kepentingan tertentu.
  • Setelah melakukan penghapusan akun, instagram memberikan kebijakan lain jika sewaktu – waktu ingin berubah pikiran untuk menghapus akun. Caranya dengan login akun sebelum tanggal penghapusan yang telah tertera dan keep your account.

Sama seperti nonaktifkan akun sementara, jika ingin menghapus akun instagram secara permanen harus menggunakan browser. Tidak harus lewat komputer, namun dapat pula mengaksesnya dengan smartphone.

Lalu halaman untuk menghapus akun instagram seolah tersembunyi. Sebab di setiap menu yang ada sama sekali tidak terdapat keterangan / opsi untuk menghapus secara permanen.

Sebenarnya ada sebuah cara khusus untuk mengetahui dan mengakses halaman harus akun instagram secara permanen. Cara menghapus akun melalui smartphone adalah sebagai berikut ini :

  1. Login akun terlebih dahulu di browser smartphone.
  2. Masuk ke halaman profil.
  3. Klik ikon setting yang terdapat pada pojok kiri atas jika menggunakan smartphone.
  4. Scroll dan perhatikan halaman paling bawah.
  5. Klik menu help center.
  6. Lalu scroll halaman ke bawah.
  7. Pada bagian “Sedang Tren”, pilih “berhenti sejenak menggunakan instagram”.
  8. Kamu akan diberi 3 buah pilihan, yaitu hapus akun sementara, hapus akun permanen dan cara akses data pribadi di instagram. Dari 3 pilihan itu, pilih “Bagaimana Cara Menghapus Akun Instagram Saya “.
  9. Perhatikan langkah pertama dari bagian “Untuk Meminta Penghapusan Akun Secara Permanen”. Pada langkah pertama, terdapat link “Hapus Akun Anda”. Klick link tersebut.
  10. Kemudian kamu akan masuk ke halaman hapus akun secara permanent.
  11. Pilih salah satu opsi alasan kamu untuk menghapus akun.
  12. Selanjutnya masukkan password akun.
  13. Baca ketentuan tanggal berapa akun akan terhapus sepenuhnya. Selian itu ada pula sebuah kebijakan lain yang berhubungan dengan hapus akun secara permanen.
  14. Langkah terakhir yaitu Klick deleted (nama akun kamu).

Itulah penjelasan lengkap tentang cara menghapus akun instagram secara permanen terbaru. Instagram pun dapat sewaktu – waktu mengubah cara / ketentuan dalam penghapusan akun.

Tinggalkan komentar