Cara Menghapus Akun Zoom Paling Efektif

Khawatir data pribadi anda dicuri orang asing, temukan cara menghapus akun Zoom yang paling efektif berikut ini. Zoom sendiri mulai populer digunakan sejak pandemi Covid-19 melanda seluruh dunia, termasuk Indonesia. Aplikasi telekonferensi ini memiliki banyak pengguna karena kemudahannya untuk digunakan dibandingkan dengan platform sejenisnya.

Sayangnya aplikasi ini juga memiliki kelemahan terkait isu privasi dan keamanan yang lemah, sehingga memiliki banyak celah yang dapat dimasuki oleh para peretas. Bahakan beberapa video rekaman pertemuan virtual yang dilakukan melalui Zoom sempat bocor sehingga banyak sekali orang yang mulai khawatir untuk menggunakan aplikasi ini.

Mengapa Harus Menghapus Zoom

Aplikasi ini muncul atas ide dari Eric Yuan yang sekaligus merupakan pendiri dan CEO dari Zoom Technologies, Inc. Meski idenya ini sempat ditolak oleh para petinggi Cisco dimana ia bekerja, Eric Yuan tidak menyerah begitu saja dan pada tahun 2011 ia memilih pergi dari Cisco untuk membangun perusahaannya sendiri.

Cara Menghapus Akun Zoom
Cara Menghapus Akun Zoom

Zoom semakin aktif digunakan sejak adanya peraturan terkait physical distancing yang mengharuskan para pegawai bekerja dirumah, ataupun para belajar yang belajar dari rumah guna mengurangi penyebaran virus. Namun seiring dengan kepopulerannya Zoom juga banyak diterpa oleh isu-isu yang tidak menyenangkan terkait privasi penggunanya, hal ini bahkan telah diakui oleh pendirinya sendiri.

Sistem keamanan yang digunakan Zoom hanya bergantung pada protocol TLS (Transport Layer Security), yang merupakan protocol yang digunakan untuk tujuan memperkuat keamanan website dengan protocol komunikasi HTTPS. Protocol ini sangat jauh berbeda dengan enkripsi end to end yang mana komunikasi dari para pengguna aplikasi tidak dapat diintip oleh para peretas.

Bahkan menurut Apple Insider, aplikasi Zoom yang dipasang pada perangkat iOS mengirimkan data pribadi penggunanya ke Facebook tanpa sepengetahuan penggunanya. Sekalipun pengguna tersebut tidak memiliki akun Facebook data pribadi tersebut akan tetap dikirim. Data-data tersebut meliputi wajah, lokasi pengguna, model perangkat yang digunakan, operator selurer yang digunakan oleh pengguna, hingga Id khusus yang bisa saja dimanfaatkan oleh pihak ketiga ataupun pengiklan.

Baca juga : Memperbesar Ukuran JPG Menjadi 200 Kb

Karena isu menyangkut privasi pengguna ini, di beberapa negara bagian Amerika Serikat, aplikasi Zoom telah dilarang untuk digunakan. Meski demikian Zoom telah membantah praktik tersebut dan segera memperbaiki kebijakan privasinya dan meningkatkan keamananya dengan menambahkan enkripsi end to end khusus untuk pengguna premium. Jika anda merupakan salah satu pengguna Zoom dan khawatir akan kebocoran informasi pribadi, maka sebaiknya anda mencari cara menghapus akun Zoom.

Cara Mudah Menghapus Akun Zoom

Bagi para peserta meeting, sebenarnya anda tidak harus memiliki akun untuk dapat mengikuti conference karena cukup dengan menekan tombol Join Meeting pada link yang dibagikan. Untuk para pengguna Zoom gratis, anda bisa melakukan penghapusan akun sewaktu-waktu sementara untuk pengguna berlisensi anda harus membatalkan langganan terlebih dahulu untuk bisa menghapus akun Zoom.

Menghapus akun Zoom sebenarnya cukup mudah, berikut ini kami akan membagikan beberapa tips untuk menghapus akun Zoom anda secara permanen:

Melalui ponsel pintar

  • Masuk ke situs resmi Zoom menggunakan browser di ponsel anda
  • Kemudian login dengan cara mengetuk ikon hamburger, pilih sign in, masuk akun dengan menggunakan email dan password anda
  • Pilih menu Admin dengan mengetuk menu dropdown dibagian atas, kemudian klik Account Management
  • Klik Account Profile pada daftar pilihan yang ada
  • Untuk menghapus akun anda tekan tombol Terminate my account yang berada disebelah kanan
  • Lakukan konfirmasi dengan menekan tombol Yes

Akun Zoom telah berhasil terhapus secara permanen, namun aplikasi Zoom masih terpasang pada ponsel sehingga anda perlu melakukan beberapa tahapan lagi untuk menghapusnya yaitu:

  • Nonaktifkan Permission aplikasi Zoom dengan cara membuka menu Settings, pilih App, Zoom, dan terakhir
  • Hapus Cache dan data Zomm dengan cara masuk ke menu Storage, pilih Clear Cache dan Clear Data
  • Uninstall aplikasi Zoom pada ponsel, tekan Ok jika pop up konfirmasi muncul
  • untuk versi iOS uninstall aplikasi dapat dilakukan dengan cara memilih menu Setting, klik pada bagian General, pilih Iphone
  • pilih opsi Storage, klik pada aplikasi Zoom kemudian tekan Delete App

Baca juga : Cara Share Lokasi

Melalui laptop atau komputer

Langkah untuk menghapus akun Zoom via laptop sebenarnya tidak jauh berbeda dengan menggunakan ponsel. Langkah yang harus anda lakukan adalah:

  • Masuk ke situs resmi Zoom menggunakan browser yang ada di laptop atau komputer
  • Kemudian sign in akun dengan menggunakan email dan password anda
  • Pilih Account Management yang ada disebelah kiri layar kemudian pilih opsi Account Profile
  • Untuk menghapus akun anda tekan tombol Terminate my account yang berada disebelah kanan
  • Lakukan konfirmasi dengan menekan tombol Yes
  • Hapus aplikasi Zoom dengan cara buka Control Panel kemudian pilih Uninstall or change a program, atau cara lainnya adalah dengan mengklik aplikasi Zoom dan memilih opsi Uninstall yang berada dibagian atas

Menonaktifkan Akun Zoom Sementara

Jika anda enggan menghapus akun Zoom yang sudah dibuat, anda dapat menonaktifkan sementara akun tersebut sampai isu keamanan berhasil diperbaiki. Caranya adalah dengan keluar dari Zoom pada semua perangkat dan anda bisa masuk kembali kea kun dengan melakukan login. Berikut adalah langkah-langkah untuk menonaktifkan akun Zoom:

  • Masuk ke situs resmi Zoom, kemudian login kea kun pengguna dengan menggunakan email dan password anda
  • Pilih menu Admin dengan mengetuk menu dropdown dibagian kiri atas, kemudian klik Account Management
  • Pilih opsi Sign Me Out From All Devices, selanjutnya hapus aplikasi dari perangkat

Menghapus Akses Zoom ke Akun Google

Berkaitan dengan isu keamanan, memberikan akses akun Google terhadap aplikasi pihak ketiga bisa sangat berbahaya, sebab data-data pribadi anda bisa saja dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Jika anda menggunakan akun Gmail untuk mendaftar Zoom otomatis anda akan mengijinkan Zoom untuk mengakses data anda.

Untuk menghindari masalah tersebut, kami akan membagikan juga cara untuk menghapus akses yang diberikan akun Google anda kepada Zoom. Dibawah ini adalah langkah-langkah yang perlu anda ketahui:

  • Login pada akun Gmail yang anda gunakan untuk mendaftar aplikasi
  • Pilih logo atau huruf berbentuk lingkaran yang berada di kanan atas, kemudian pilih Kelola Akun Google Anda
  • Geser pada menu Keamanan kemudian geser ke bawah pada menu Aplikasi pihak ketiga dengan akses akun
  • Pilih Kelola akses pihak ketiga dan cari aplikasi Zoom pada daftar pilihan yang ada
  • Ketuk aplikasi kemudian pilih Hapus Akses
  • Akan muncul pop up konfirmasi penghapusan, kemudian tekan Ok

Demikian adalah beberapa cara menghapus akun Zoom, cukup mudah dan sangat efektif. Zoom memang cukup bermanfaat sebagai aplikasi teleconference, sebenarnya masih banyak aplikasi lain yang dapat digunakan untuk teleconference seperti Facetime, Google Meet, dan lainnya yang lebih terjamin keamanannya.

Tinggalkan komentar