Cara Menghapus Akun Google Dengan Benar

Cara menghapus akun google dapat kamu lakukan dengan sangat mudah. Meskipun mudah, namun resiko yang harus kamu tanggung tidak main-main. Untuk itu, pastikan kamu sudah memikirkannya dengan matang sebelum memutuskan untuk  mengeksekusinya.  Kamu bahkan bisa saja tidak bisa memulihkan kembali akun yang sudah terlanjur kamu hapus. Untuk itu, kroscek kembali ya tujuan kamu untuk melenyapkan akun google milik kamu.

Akun Google memiliki peran yang lumayan penting pada jaman sekarang. Dengan menggunakan akun Google, kita dapat berlangganan berbagai aplikasi maupun situs berbayar, menyimpan kontak dengan informasi yang jelas, menyimpan foto-foto dan video, menyimpan catatan, dan menjalankan aplikasi dari Playstore. Akun Google juga memiliki peran penting agar dapat mengakses beberapa aplikasi yang mengharuskan login menggunakan alamat email.

Hal-hal yang Perlu diperhatikan Sebelum Melenyapkan Akun Google

Ada beberapa hal yang perlu kamu pahami sebelum memutuskan untuk melenyapkan akun google yang kamu miliki. Pertama, pahami aplikasi apa saja yang terafiliasi dengan akun googlemu. Bebrapa aplikasi yang mungkin terhubung dengan akun google adalah Gmail, Gmaps, ponsel android maupun ios, Drive, Foto, Calender, Google Play, Keep, Youtube, dan tidak menutup banyak aplikasi lain yang kamu gunakan di ponselmu.

Aplikasi tersebut tidak akan dapat kamu gunakan jika kamu melenyapkan akun google yang kamu miliki. Termasuk berbagai data yang masuk disana, juga tidak akan dapat kamu akses lagi alias hilang. Untuk memulihkannya, kamu perlu memulihkan akun Google mu. Namun, hal ini juga akan menjadi hal yang sulit dilakukan.

Cara Menghapus Akun Google
Cara Menghapus Akun Google

Satu hal penting lain yang perlu kamu perhatikan adalah jika kamu terbiasa menyimpan nomor kontak teman-teman maupun kolegamu di akun google. Sebenarnya, menyimpan kontak di akun google adalah salah satu cara yang paling pas, karena kamu tidak perlu menyimpan ulang kontak yang kamu miliki setiap ganti ponsel. Menyimpan nomor kontak di kartu SIM mungkin bisa menjadi alternatif lain, namun tetap kurang efektif karena informasi yang bisa disimpan di kartu SIM sangatlah terbatas. Hal ini bisa menjadi pertimbangan jika kamu masih kukuh ingin melenyapkan akun googlemu. Pastikan kontak-kontak penting yang ada disana sudah kamu duplikasi ya.

Kedua, kamu bisa mengunduh data-data yang kamu perlukan yang selama ini tersimpan di akun googlemu. Google memberi fasilitas untuk memungkinkanmu mengunduh seluruh informasi yang terekam di Google. Sayangnya, tidak semua informasi yang menggunakan akun Googlemu dapat kamu duplikasi. Dalam hal permainan yang kamu unduh melalui Play Store, misalnya. Level permainan yang sudah kamu dapatkan bisa jadi akan hilang dan mengharuskanmu untuk mengulang permainan dari level yang paling bawah.

Baca juga : Mengubah File JPG ke PDF

Ketiga, hal yang perlu kamu tahu adalah, jika kamu telah berlangganan beberapa akun berbayar menggunakan akun google yang hendak kamu hapus, kamu tidak akan lagi bisa menikmatinya setelah akun google mu terhapus, baik itu berupa buku, musik, maupun film. Untuk itu, ada baiknya kamu mengalihkannya ke akun google yang lain, maupun menunggu waktu berlanggananmu habis.

Keempat, bagi kamu yang hobi menyimpan berkas di Drive, ada baiknya kamu menduplikasinya terlebih dulu, karena kamu tidak akan dapat mengaksesnya kembali setelah melenyapkan akun Google kamu. Kamu juga tidak akan dapat mengunduhnya setelah akun Google mu terhapus. Jika memang berkas yang kamu simpan di Drive terlalu banyak, kamu bisa menyortirnya terlebih dulu dan menduplikasi berkas-berkas yang sekiranya penting dan masih kamu perlukan saja.

Kelima, tidak semua akun Google yang sudah dihapus dapat dipulihkan. Inilah yang harus kamu pahami dan pikirkan matang-matang. Sekali kamu memutuskan untuk menghapus akun Google yang kamu miliki, bisa jadi kamu kehilangan akun itu untuk selamanya. Bahkan kalaupun kamu menyesal karena membutuhkan data yang sangat penting yang ada di akun google mu. Jadi, jangan gegabah ya!

Cara Melenyapkan Akun Google

Cara menghapus akun google mungkin bukan sesuatu yang banyak dicari oleh orang-orang, karena akun Google memiliki peran yang lumayan penting bagi sebagian orang sebagai media menyimpan informasi. Namun bagi kamu yang menginginkan melenyapkan akun Google yang dimiliki, pasti memiliki alasan logis seperti diretas, ataupun memang tidak diperlukan lagi.

Jika kamu sudah yakin dengan keputusanmu untuk melenyapkan akun Google, berikut adalah cara yang dapat kamu lakukan. Ikutilah langkah-langkahnya dengan teliti dan sabar.

Pertama, bukalah akun Google yang ingin kamu hapus. Kamu dapat membukanya melalui ponsel maupun PC. Setelah terbuka, akan muncul halaman bertuliskan “Selamat datang, (nama akun kamu)”. Pastikan kamu membuka akun Google yang tepat. Jangan sampai salah hapus akun yang lain.

Baca juga : Product Key Windows 10

Kedua, pada halaman tersebut akan muncul beberapa pilihan menu, yaitu Berkamu, Info Pribadi, Data & Personalisasi, Keamanan, Orang & Berbagi, dan Pembayaran & Langganan. Bukalah menu Data & Personalisasi. pada menu tersebut, akan muncul beberapa sub menu, yaitu saran privasi tersedia, kontrol aktivitas, pengaturan iklan, pengaturan aktivitas dan linimasa, pengelolaan penyimpanan akun, setelan layanan Google pada web, pemesanan, fitur bisnis, dan sub menu pengelolaan akun berupa download, hapus, dan perencanaan data yang dimiliki.

Pilihlah sub menu ‘hapus layanan atau akun kamu’. Setelah itu, akan muncul pilihan untuk hapus layanan atau hapus akun. Kamu tinggal memilih opsi yang sesuai dengan tujuan kamu, yaitu hapus akun. Setelah itu, kamu tinggal mengikuti langkah-langkahnya dan menunggu sampai akunmu berhasil terhapus.

Jika kamu hanya ingin melenyapkan akun Google mu dari beberapa layanan maupun aplikasi, ada baiknya kamu cukup melenyapkannya dari layanan atau aplikasi tersebut tanpa melenyapkannya secara keseluruhan, sehingga kamu tetap dapat menggunakan ponsel yang kamu miliki lengkap beserta semua fitur aplikasi yang terikat dengan Google.

Langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk melenyapkan akun Google baik di android maupun PC secara garis besar sama. Hanya mungkin tampilannya saja yang berbeda. Kamu tinggal mengikuti langkah-langkah yang sudah dipaparkan di atas.

Jika setelah melenyapkan akun kamu berubah pikiran, kamu bisa memulihkannya dengan mengikuti prosedur yang ada. Kamu akan disuguhi beberapa pertanyaan sebagai jalan pembuktian bahwa memang kamulah sang pemilik akun tersebut. Jawablah seakurat mungkin. Setelah berhasil, buatlah password yang aman dan ingatlah baik-baik. Kata sandi yang berupa kombinasi huruf kapital dan angka akan mengamankan akunmu dengan lebih baik. Sayangnya, jika akun yang ingin kamu pulihkan sudah dihapus sejak lama, berkas dan data-data yang ada di akunmu mungkin tidak akan dapat kamu akses kembali. Jadi, jika timbul keraguan setelah kamu melenyapkan akun, ada baiknya untuk memulihkannya dengan segera selagi data-datamu bisa diselamatkan.

Cara menghapus akun google sangat mudah langkah-langkahnya. Sulitnya adalah jika kamu menyesal dan ingin mengembalikan akun Google mu setelah kamu melenyapkannya. Seperti halnya akun media sosial yang lain, akun Google juga akan sangat sulit dipulihkan kembali setelah dihapuskan.

Tinggalkan komentar