5 Cara Melihat Data yang Tersimpan di Akun Google

Ada beberapa pilihan cara melihat data yang tersimpan di akun google baik itu data berupa foto, dokumen, video dan lainnya. Google LLC membuat aplikasi atau website yang bisa melihat atau mengakses data tersebut. Berikut 5 cara yang bisa dilakukan untuk melihat data yang tersimpan di Google:

5 Cara Melihat Data yang Tersimpan di Akun Google Terbaru

cara melihat data yang tersimpan di akun google
cara melihat data yang tersimpan di akun google

Melalui Google Drive

Google Drive ini bisa dilihat pada aplikasi maupun website yang telah dibuat oleh Google LLC. Dalam GDrive akan menampilkan semua data yang tersimpan dengan akun google yang sudah terdaftar. Jika ingin melihat data yang tersimpan di akun google maka cukup install aplikasi Google Drive pada Smartphone lalu login dengan akun google yang telah terdaftar.

Bila ingin melihat melalui website maka masuklah ke website resmi Google Drive lalu pilih ‘Buka Drive Anda’. Otomatis akan terhubung ke google drive dari akun yang telah didaftarkan. Jika belum login ke akun google drive yang digunakan maka login terlebih dahulu. Setelah masuk ke GDrive maka seluruh data yang disimpan di akun tersebut akan ditampilkan bersusun.

Melalui Google Photos

Untuk cara melihat data yang tersimpan di akun google selanjutnya ada melalui google photos yang berisi data berupa foto. Sama halnya dengan Google Drive, Google Photos juga bisa diinstal pada Smartphone. Kelebihan dari Google Photos ini selain untuk melihat data, bisa juga untuk menyimpan foto secara otomatis hasil dari potret kamera jadi tak perlu takut bila ada foto yang hilang.

Baca juga : Cara Memasang Bluetooth di PC Windows 7

Menghubungkan perangkat dengan google photos harus ada koneksi internet dan akun yang telah terdaftar. Jika ingin membuka google photos di website maka bukalah website resminya lalu pilih ‘Buka Google Foto’ dan login dengan akun yang telah terdaftar. Data foto yang ditampilkan bisa diurutkan berdasarkan bulan dan tahun upload foto tersebut.

Melalui Google Account

Data berupa kontak maupun password yang disimpan ke akun google bisa dilihat dalam Google Account. Google Account ini bisa diakses pada website baik melalui google chrome atau aplikasi pencarian lainnya. Untuk mengaksesnya, ketikkan Google Account pada pencarian lalu klik hasil paling atas yang merupakan website resmi.

Jika telah berada pada halaman resmi maka akan ada tulisan ‘Go to Google Account’, kliklah tulisan tersebut dan login menggunakan akun yang dimiliki. Pada Google Account terdapat pilihan Beranda (halaman awal setelah login), Info Pribadi, Data & Privasi, Keamanan, Orang dan Berbagi, Pembayaran dan Langganan. Untuk melihat data kontak, klik Orang dan berbagi dan disitulah data kontak berada.

Melalui Files by Google

Cara ini harus menggunakan aplikasi Files dari Google LLC. Di Google Files ini pengguna bisa melihat, menelusuri serta mengganti nama atau folder dari data yang telah disimpan. Langkah pertama untuk melihat data, pasanglah aplikasi Files lalu login menggunakan akun google yang ingin digunakan.

Baca juga : Cara Melihat Log Panggilan WA Yang Sudah Dihapus

Data tersebut akan diperlihatkan berdasarkan kategori dan bisa disesuaikan ingin dalam bentuk petak atau daftar. Opsional yang disediakan juga ada pengurutan, dimana data yang ditampilkan akan diurutkan berdasarkan Nama file, Tanggal atau Ukuran.

Melalui Aplikasi Autosync for Google Drive

Sama halnya dengan google photos yang bisa menghubungkan perangkat dan akun google lalu mengupload foto yang ada, auto sync ini juga digunakan seperti itu. Bedanya dengan google photos hanya mengupload foto tapi aplikasi ini bisa untuk semua data yang ada di perangkat.

Yang ditampilkan pun datanya berupa histori sinkronisasi. Lengkap dengan letak sumber data, tanggal, dan nama data tersebut. Untuk cara menguploadnya pun terdapat 7 pilihan cara, mulai dari hanya upload atau bahkan upload lalu hapus otomatis. Cara ini opsional karena data yang ditampilkan tidak bisa dibuka bila data telah dihapus di perangkat.

Nah, itu tadi 5 cara melihat data yang tersimpan di akun google baik dari aplikasi atau dari website. Data-data yang di simpan di google dapat dilihat atau diakses kapanpun dan dimanapun asalkan pengguna mengingat akun tersebut.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar