5 Cara Mengembalikan Pesan Wa Yang Sudah Terhapus

Cara Mengembalikan Pesan Wa Yang Sudah Terhapus – Cara mengembalikan pesan wa yang sudah terhapus untuk pengguna whatsapp yang tidak sengaja menghapus pesan perlu diketahui. Terkadang pengguna tidak sengaja menghapus pesan chat dan itu menjadi hal yang biasa, namun akan menjadi masalah apabila pesan tersebut adalah pesan penting.

Penyebab pengguna tidak sengaja menghapus pesan, bisa jadi karena menekan Clear all chats atau bisa juga Delete for me. Ini juga bisa disebabkan oleh rusaknya perangkat touchscreen dan menekan sendiri. Berikut beberapa cara mengembalikan pesan whatsapp di android:

5 Cara Mengembalikan Pesan Wa Yang Sudah Terhapus

cara mengembalikan pesan wa yang sudah terhapus
cara mengembalikan pesan wa yang sudah terhapus

1. Gunakan File Backup Untuk Mengembalikan Chat

Cara gampang mengembalikan pesan wa yang terhapus adalah dengan menggunakan file backup. Wa sudah menyediakan banyak pilihan backup, yaitu perhari, perminggu, perbulan, dan tanpa waktu sama sekali.

Backup data dapat dilakukan dengan beragam cara tergantung dari tipe handphone yang digunakan tetapi secara umum caranya hampir sama. Pertama masuk ke setting, kemudian buka chats menu, lalu lakukan backup data. Apabila pesan yang hilang masuk ke backup yang terakhir, maka pengguna wa bisa memulihkan pesan secara mudah.

Baca juga : Cara Membersihkan RAM HP OPPO

2. Gunakan Google Drive

Cara berikut ini mungkin bisa diterapkan oleh pengguna android. Dengan syarat, Pengguna sudah melakukan backup data sebelumnya dengan fitur yang ada pada aplikasi. Apabila pengguna belum melakukan backup sebelumnya, cara ini tidak akan bisa mengembalikan data chat yang terhapus, jadikan pastikan terlebih dahulu sudah terbackup.

Langkah cara yang bisa diikuti pengguna sangat mudah. Hal yang harus dilakukan pengguna adalah terlebih dahulu uninstall aplikasi whatsapp pada perangkat android. Unduh kembali aplikasi di PlayStore dan lakukan proses login disertai dengan verifikasi nomor telepon. Tunggu sampai verifikasi selesai, kemudian akan muncul notifikasi untuk melakukan pemulihan melalui google drive.

3. Pulihkan Chat Dengan Icloud Untuk Iphone

Ini adalah cara mengembalikan pesan wa yang sudah terhapus bagi pengguna iphone. Cara ini memiliki persamaan dengan cara yang digunakan pada sistem operasi android. Pengguna cukup melakukan backup terlebih dahulu agar dapat mengembalikan data chat yang terhapus.

Hal yang harus dilakukan terlebih pengguna adalah uninstall aplikasi whatsapp pada perangkat iphone. Unduh kembali aplikasi di AppStore dan lakukan proses login disertai dengan verifikasi nomor telepon. Tunggu sampai verifikasi selesai, kemudian akan muncul notifikasi untuk melakukan pemulihan melalui icloud.

Baca juga : Cara Mengatasi Keyboard Laptop Error

4. Pulihkan Chat Dengan Fitur Default Wa

Secara default whatsapp menyediakan fitur backup secara otomatis. Aplikasi whatsapp akan membuat salinan chat untuk disimpan ke penyimpanan lokal di handphone. File data tersebut tersimpan selama 1 minggu, jadi pengguna whatsapp mempunyai waktu satu minggu untuk memulihkan pesan whatsapp yang terhapus.

Cara ini hanya bisa terapkan pada iphone saja, caranya adalah dengan masuk ke file manager pada handphone, lalu masuk ke whatsapp dan buka folder database folder. Buka folder dengan nama “msgstore.db.crypt12” ubah nama menjadi “ msgstore_BACKUP2.db.crypt12 ”. File backup di drive google dihapus dulu, maka aplikasi akan secara otomatis memulihkan data.

5. Lakukan Backup Data Secara Rutin

Cara yang terakhir adalah pengguna harus melakukan backup data secara rutin. Pengguna juga harus sadar bahwa data yang disimpan suatu saat juga pasti akan hilang karena kesalahan sendiri. Pengguna bisa melakukan backup untuk perhari, perbulan, atau pertahun mengantisipasi kehilangan data, terutama chat pesan whatsapp yang merupakan privasi pengguna yang perlu diamankan.

Dengan penyampaian informasi cara mengembalikan pesan wa yang sudah terhapus ini bisa menjadi referensi bagi pengguna untuk lebih berhati-hati lagi. Data pesan bisa saja sangat penting untuk kebutuhan tertentu.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar