Coba 5 Cara Membersihkan RAM HP OPPO Ini! HP Pasti Jadi Lancar!

Cara Membersihkan RAM HP OPPO – Bagi para pengguna OPPO, apakah sering mengalami HP lemot? Salah satu penyebab HP menjadi lemot adalah RAM yang terlalu penuh. RAM memiliki fungsi yang penting dalam menjalankan aplikasi dan program dalam ponsel sebagai ruang penyimpanan. Untuk mengembalikan performa ponsel bisa dilakukan dengan cara membersihkan RAM HP OPPO.

RAM bisa menjadi penuh jika HP menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan atau menginstal aplikasi terlalu banyak di luar kapasitas RAM. Tentu semakin besar kapasitasnya maka akan semakin banyak program yang bisa dijalankan dan diinstal. Terdapat beberapa cara untuk membersihkan RAM HP OPPO dengan fitur bawaan HP maupun dengan aplikasi eksternal. Simak 5 caranya berikut ini:

5 Cara Membersihkan RAM HP OPPO Ini! HP Pasti Jadi Lancar

Cara Membersihkan RAM HP OPPO

Hapus Cache Aplikasi

Ketika menjalankan suatu aplikasi terdapat data sementara yang disimpan dalam RAM. Data sementara inilah yang disebut dengan cache. Jika pengguna menghapus cache aplikasi secara rutin, maka itu dapat membuat ruang penyimpanan menjadi lebih longgar sehingga kinerja ponsel lebih optimal. Untuk menghapus cache pada HP OPPO, pertama-tama buka “pengaturan”, pilih “setelan tambahan”, lalu “manajemen aplikasi”, dan pilih “hapus cache”.

Tutup Aplikasi yang Berjalan

RAM berfungsi untuk menyimpan data sementara ketika ada aplikasi dijalankan. Semakin banyak aplikasi yang dijalankan penyimpanan RAM akan semakin penuh. Jadi, dengan menutup aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan, pengguna dapat membersihkan RAM HP OPPO secara cukup mudah dan efektif. Caranya cukup dengan membuka navigasi recent app dan geser ke samping untuk menutup aplikasi-aplikasi yang berjalan.

Baca juga : Cara Mengatasi Jaringan WiFi Lemot Di Hp

Gunakan Memori Eksternal untuk Menyimpan Aplikasi

Jika pengguna memindahkan aplikasi ke penyimpanan eksternal, maka beban penyimpanan RAM akan berkurang. Cara membersihkan RAM HP OPPO ini akan mengurangi penyimpanan RAM dengan signifikan. Apalagi mengingat aplikasi yang terinstal pada HP memiliki ukuran yang cukup besar.

Untuk memindahkan aplikasi ke memori eksternal, pastikan sudah ada memori eksternal yang terpasang di HP. Berikut adalah langkah-langkah untuk memindahkan aplikasi yang terinstal di HP OPPO ke dalam memori eksternal:

  • Bukalah “Setting” atau “Pengaturan”
  • Klik “Setelan Tambahan”
  • Ketuk “Managemen Aplikasi”
  • Buka “Aplikasi yang Diinstal”
  • Pilih “Pindahkan ke SD Card”

Hapus Aplikasi

Cara membersihkan RAM HP OPPO selanjutnya adalah dengan menghapus aplikasi yang tidak digunakan. Mengingat penyimpanan RAM yang terbatas, pengguna HP OPPO harus selektif dalam menggunakan aplikasi. Aplikasi-aplikasi yang tidak digunakan hanya akan memenuhi ruang penyimpanan. Oleh karenanya, aplikasi-aplikasi yang tidak terpakai lebih baik untuk dihapus.

Baca juga : Cara Mengatasi Keyboard Laptop Error

Untuk menghapus aplikasi yang tidak terpakai, pengguna perlu masuk ke menu “Setelan” lalu pilih menu “Aplikasi”. Pada menu itu, akan ditampilkan daftar aplikasi yang terinstal di ponsel. Pilih aplikasi yang ingin dihapus dan tap pada tombol uninstal. Pastikan menghapus aplikasi yang benar-benar tidak diginakan dan tidak penting.

Gunakan Aplikasi Pembersih RAM

Cara untuk membersihkan RAM HP OPPO ini memerlukan aplikasi eksternal yang harus diinstal. Terdapat banyak aplikasi jenis ini yang bertebaran di Play Store. Aplikasi ini akan membantu untuk membersihkan RAM pada HP OPPO sehingga HP akan berjalan menjadi lebih optimal. Beberapa rekomendasi aplikasi pembersih RAM yang bisa dicoba adalah Keep Clean, AVG Clean, dan Greenfy.

Itulah tadi 5 cara membersihkan RAM HP OPPO yang dapat dicoba. Cara-cara tersebut akan membantu HP OPPO yang digunakan bekerja lebih optimal dan lebih cepat. Pemakaian RAM ini perlu untuk dipantau secara rutin. RAM akan digunakan dan penyimpanannnya akan bertambah seiring dengan penggunaan HP OPPO. Pastikan menggunakan aplikasi yang sesuai kebutuhan untuk mengurangi beban penyimpanan RAM.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar