6 Cara Cek Touchscreen Di Android

Cara Cek Touchscreen – Cek touchscreen tujuannya adalah untuk mengetahui perangkat device dapat disentuh dengan baik atau tidak. Touchscreen menjadi salah satu komponen yang sangat vital pada smartphone, apabila bagian tersebut mengalami kerusakan atau error tentu akan sangat mengganggu. Oleh karena itu perlu diketahui bagaimana cara cek touchscreen.

Cara mengetahui touchscreen tersebut  mengalami kerusakan atau tidak, maka harus dilakukan pengecekan. Pengecekannya bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi atau dengan menggunakan kode rahasia. Berikut ini cara yang bisa dicoba pengguna untuk melakukan pengecekan touchscreen:

6 Cara Cek Touchscreen Di Android

cara cek touchscreen
cara cek touchscreen

1. Lakukan Cek Touchscreen Dengan Kode Rahasia

Hp android memiliki keunikan yaitu kode rahasia yang bisa dimanfaatkan untuk fungsi tertentu, seperti melakukan pengecekan IMEI, tipe hp, dan melakukan reset. Termasuk juga fungsi kode rahasia untuk melakukan pengecekan layar sentuh atau touchscreen.  Cara melakukan pengecekan touchscreen dengan menggunakan rahasia memiliki langkah yang cukup mudah.

Langkah pertama yang harus dilakukan pengguna adalah membuka aplikasi Dial Pad, kemudian tekan kode *#0*#*. Setelah selesai akan muncul jendela untuk melakukan pengecekan touch screen berbentuk vertikal dan horizontal, lakukan dengan menyentuh pola garis pada touchscreen.

2. Lakukan Pengecekan Dengan Aplikasi Touchscreen Test

Aplikasi Touchscreen Test berfungsi untuk membantu melakukan pengecekan layar sentuh yang rusak. Perlu diketahui, aplikasi ini memiliki cara yang agak berbeda dengan aplikasi cek LCD lainnya.

Baca juga : Cara Mengembalikan Pesan Wa Yang Sudah Terhapus

Aplikasi Touchscreen test menggunakan gambar bintik kecil yang mati pada bagian tertentu serta akan memunculkan gambar lingkaran pada layar. Apabila layar sentuh normal maka akan muncul  lingkaran berwarna hijau, jika tidak maka tidak akan berwarna.

3. Lakukan Pengecekan Dengan Aplikasi Screen Test Pro

Aplikasi Screen Test Pro termasuk ke dalam aplikasi yang masih baru. Aplikasi ini cukup handal untuk melakukan pengujian pada layar sentuh smartphone pengguna. Pasalnya aplikasi Screen Test Pro mampu memberikan gambaran visual dan detail mengenai kondisi layar smartphone pengguna.

Selain gambar, aplikasi ini menyediakan informasi mengenai kondisi resolusi, piksel, dan besaran DPI. Screen Test Pro bisa mengetahui warna layar yang mengalami masalah, piksel yang tidak berfungsi serta masalah lainnya.

4. Lakukan Pengecekan Dengan Aplikasi Display Tester

Cara cek touchscreen bisa juga dilakukan dengan aplikasi Display Tester. Aplikasi ini memiliki fitur yang cukup handal untuk melakukan testing, juga mendukung jenis layar LCD, OLED, dan AMOLED.

Display Tester dapat melakukan pengujian pada layar dengan warna, kalibrasi test, screen viewing test, dan dead pixel test. Cara kerja aplikasi ini hampir dengan aplikasi sejenis lainnya perbedaannya hanya pada analisanya yang banyak menggunakan angka.

Baca juga : Spesifikasi HP Elitebook 8440p

5. Gunakan Aplikasi Multitouch Tester

Aplikasi Multitouch dapat difungsikan untuk mengecek berapa banyak sentuhan yang direspon oleh layar smartphone. Pengguna cukup menyentuh  layar dengan jari satu persatu. Aplikasi juga akan melakukan pencatatan berapa jari yang menyentuh layar.

Apabila  pada layar sentuh tidak berwarna maka tandanya layar tidak melakukan respon. Sebaliknya apabila banyak warna yang muncul ketika disentuh maka tandanya layar dapat disentuh dengan jari.

6. Gunakan Touch Screen Test

Aplikasi Touch Screen Test adalah alat untuk melakukan pengecekan terhadap layar smartphone. Aplikasi ini cukup sederhana, tetapi memiliki kegunaan penting. Fungsi aplikasi ini ialah sebagai pembantu testing untuk smartphone pengguna.

Cara menggunakannya cukup dengan menggunakan tombol volume naik dan turun sebagai navigasi di dalam menu. Kegunaan lainnya adalah bisa untuk melakukan pengecekan pada multi-touch layar.

Bermacam – macam cara cek touchscreen handphone android mulai dari menggunakan kode rahasia sampai dengan menggunakan aplikasi tambahan. Fungsi semuanya tidak lain adalah untuk mengetahui kondisi layar dari smartphone pengguna.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar