7 Cara Mengatasi Keyboard Laptop Error Dengan Mudah

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Error – Keyboard merupakan satu dari bagian laptop yang cukup sering mengalami error. Error yang dialami baik seperti tombol yang keliru memasukkan karakter sampai tombolnya yang tidak dapat berfungsi sama sekali. Untuk itu dibutuhkan sekali suatu cara mengatasi keyboard laptop error tersebut.

Error pada keyboard laptop biasanya disebabkan karena terkena debu, air, kotoran, atau yang lainnya. Terkadang juga errornya keyboard disebabkan oleh sistem pada laptop bahkan terkadang bisa juga tidak diketahui penyebabnya sama sekali. Untuk mengatasi hal tersebut, berikut 7 cara mengatasi keyboard laptop error:

7 Cara Mengatasi Keyboard Laptop Error Dengan Mudah

cara mengatasi keyboard laptop error
cara mengatasi keyboard laptop error

1. Restart Laptop

Cara ini merupakan hal dasar yang dapat digunakan untuk memperbaiki error pada laptop, termasuk error pada keyboard laptop. Restart laptop bisa membenahi sistem operasi pada laptop secara langsung. Untuk melakukannya dengan klik power pada laptop, lalu restart atau dapat juga dengan tekan tombol power hingga mati.

2. Cek Driver Laptop

Keyboard laptop error juga dapat disebabkan masalah pada driver laptop. Pemasangan software pihak ketiga, virus yang menyerang pada laptop, atau yang lainnya biasanya menjadi penyebab keyboard error. Maka dari itu cara mengatasinya ialah dengan mengecek driver melalui Device Manager. Apabila muncul segitiga kuning menunjukkan ada masalah pada driver keyboard, sehingga lebih baik untuk mendownload driver keyboard baru.

Baca juga : Cara Cek Kesehatan Harddisk

3. Bersihkan Kotoran atau Debu pada Keyboard Laptop

Cara mengatasi keyboard laptop error dapat juga dengan membersihkan kotoran serta debu-debu yang ada di dalamnya. Debu dan kotoran ini merupakan salah satu hal yang sering menyebabkan keyboard laptop error. Untuk membersihkannya dapat dengan membalikkan laptop dan menggoyangkannya atau dapat dengan menggunakan pembersih keyboard.

4. Lepas Baterai Laptop

Cara yang dapat dilakukan agar mengatasi error keyboard laptop atau tidak berfungsi yakni dengan melepas baterai laptop. Caranya dengan matikan laptop, kemudian lepaskan baterai dan kabel adapternya lalu biarkan sekitar satu menit. Apabila sudah, tekan lama tombol power selama satu menit, masukkan kembali baterai, dan hidupkan laptop kembali.

5. Cek Konektor Keyboard

Permasalahan keyboard laptop error terkadang juga karena konektor yang rusak, renggang, tertekuk atau lepas. Untuk membenahinya, maka perlu menghubungkan kembali konektor tersebut dengan membuka laptop. Cara lengkapnya dapat dilakukan dengan melihat tutorial video yang ada pada YouTube. Apabila tidak bisa maka disarankan untuk tidak melakukannya.

Baca juga : Cara Membuat Alat Penangkap Sinyal Wifi Jarak Jauh Untuk Hp

6. Pakai On-Screen Keyboard

Untuk mengatasi keyboard yang tidak berfungsi dan juga error dapat dengan on-screen keyboard. Akan tetapi cara ini dapat dilakukan apabila hanya sedikit tombol yang tidak berfungsi. Cara melakukannya dengan buka ‘Accessibility’ pada bagian ‘Program’ lalu ‘Accessories’, kemudian pilih ‘On-Screen Keyboard’. Apabila sudah untuk menggunakannya hanya perlu klik huruf atau angka di dalamnya.

7.  Gunakan Keyboard Eksternal

Keyboard eksternal adalah keyboard yang dipasang diluar keyboard laptop itu sendiri. Keyboard ini akan sangat membantu apabila ingin mengatasi keyboard sementara waktu. Biasanya keyboard eksternal disambungkan melalui USB. Apabila terlalu ribet maka dapat juga dengan membeli keyboard wireless yang hanya dengan Bluetooth penyambungannya, sehingga lebih praktis.

Demikianlah, ulasan mengenai cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi keyboard laptop yang mengalami error atau tidak berfungsi. Cara tersebut cukup mudah untuk diterapkan, sehingga pengguna dapat memilih cara mana yang sesuai. Untuk diperhatikan apabila cara yang diuraikan masih belum mengatasi error keyboard, maka disarankan untuk mengeceknya pada servis keyboard.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar