Inilah 5 Cara Mengembalikan Nomor WA Yang Terhapus Tanpa Ribet

Cara Mengembalikan Nomor WA Yang Terhapus – WhatsApp merupakan salah satu platform komunikasi jarak jauh yang sudah memiliki banyak pengguna. Namun terkadang saat menggunakan smartphone baru, kontak di WA tiba-tiba hilang begitu saja. Adakah cara mengembalikan nomor WA yang terhapus tanpa ribet? Terlebih jika ada banyak nomor penting di WA yang terhapus tentu akan meresahkan pengguna WA.

Maka dari itu pengguna harus selalu berhati-hati apabila terdapat file atau kontak penting di WhatsApp. Apabila hal seperti ini terjadi begitu saja tentu akan sangat merugikan pihak-pihak tertentu. Namun tidak usah khawatir lagi kini sudah ada cara yang dapat dilakukan untuk memulihkan kontak WhatsApp. Simak penjelasan berikut untuk mengetahui caranya:

5 Cara Mengembalikan Nomor WA Yang Terhapus Tanpa Ribet

cara mengembalikan nomor wa yang terhapus
cara mengembalikan nomor wa yang terhapus

1. Bersihkan Cache

Cara mengembalikan nomor WA yang terhapus pertama adalah dengan membersihkan cache yang terdapat pada WhatsApp. Fungsi cache adalah sebagai tempat penyimpanan data sementara pada WhatsApp. Apabila pengguna jarang membersihkan cache maka secara otomatis kinerja dari WhatsApp akan menurun. Hal seperti ini bisa menjadi salah satu penyebab nomor WA tiba-tiba terhapus.

Adapun cara untuk membersihkan cache WhatsApp cukup mudah, pertama buka menu pengaturan pada smartphone. Setelah itu, buka aplikasi dan pilih WhatsApp. Lalu akan muncul tulisan “Apps Info” klik “Force Stop”. Pilih opsi “Clear Cache” lalu cobalah untuk me-restart smartphone. Terakhir, buka WhatsApp dan cek nomor WA yang ada pada kontak.

2. Aktifkan Menu Permission

Apabila nomor di WhatsApp tiba-tiba hilang kemungkinan pengguna WA belum mengaktifkan menu permission. Hal seperti ini biasa terjadi saat pengguna me-restart WhatsApp yang belum terkoneksi. Untuk meminimalisir kehilangan data penting, pengguna disarankan untuk mengaktifkan menu permission lebih awal.

Baca juga : Cara Mengatasi Google Drive Kuota Terlampaui

Cara untuk mengaktifkan menu permission sangat mudah, pertama-tama pengguna perlu membuka pengaturan pada smartphone. Lalu buka menu aplikasi dan pilih opsi WhatsApp. Setelah itu, masuk ke menu permission di WhatsApp agar sistem dapat membaca nomor WA yang hilang.

3. Sinkronkan Dengan Akun Gmail

Siapa yang tidak kenal dengan Gmail? Banyak yang mengira bahwa Gmail hanya untuk mengirim dan membalas pesan saja. Ternyata Gmail juga bisa digunakan untuk mengembalikan nomor WA yang terhapus. Cara ini tergolong mudah untuk dilakukan karena semua pengguna smartphone pasti mempunyai Gmail.

Adapun cara untuk mengembalikan nomor WA yang hilang dengan menggunakan email yaitu pertama buka pengaturan smartphone. Lalu pilih opsi “contact to display”. Secara otomatis akan muncul banyak pilihan aplikasi, klik Gmail. Setelah itu, tunggu beberapa saat dan refresh kembali WA. Cara ini tergolong mudah dan cepat untuk dilakukan.

4. Install Ulang WA

Cara mengembalikan nomor WA yang terhapus selanjutnya yaitu dengan menginstall ulang WhatsApp. Terdengar sangat beresiko namun cara ini bisa dilakukan untuk dapat mengembalikan nomor WA yang terhapus. Apabila ingin menggunakan cara yang satu ini backup data terlebih dahulu.

Baca juga : Cara Mengatasi Google Drive Minta Izin Akses

Adapun caranya yaitu hapus permanen WhatsApp terlebih dahulu. Lalu install ulang WhatsApp dari Google Play Store. Setelah itu log in kembali dan masukkan data-data yang diperlukan. Terakhir, cek nomor yang ada di kontak WhatsApp. Pihak WhatsApp sendiri akan memberikan informasi kontak secara detail. Pengguna tidak perlu menambahkan kontak baru lagi.

5. Menggunakan Kontak Cadangan Di Google

Cara terakhir untuk mengembalikan nomor WA yang hilang yaitu dengan menggunakan kontak cadangan di Google. Cobalah untuk membuka akun Google, bisa jadi disana terdapat data-data penting dari WhatsApp yang telah dicadangkan sebelumnya.

Adapun caranya yaitu masuk ke pengaturan smartphone terlebih dahulu. Setelah itu, cari menu “contact to display”. Lalu cek daftar akun Google tempat pengguna mencadangkan kontak WhatsApp. Terakhir, cobalah untuk merefresh kembali WhatsApp dan secara otomatis nomor WA yang hilang akan muncul kembali.

Itulah tadi cara mengembalikan nomor WA yang terhapus tanpa ribet. Pengguna dapat mencoba beberapa cara diatas untuk dapat memulihkan kembali kontak WA yang hilang. Namun pastikan koneksi jaringan yang digunakan stabil agar semua proses berjalan dengan lancar.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar