Tanpa Ribet, Inilah Trik Jitu Cara Uninstal Aplikasi Laptop

Saat ini terdapat banyak cara uninstal aplikasi laptop yang tidak lagi terpakai. Sebuah laptop tentunya memiliki daya penyimpanan dengan batasan tertentu. Banyaknya aplikasi yang tidak terpakai dapat membuat sebuah laptop kekurangan performa.

Hal ini akan berdampak buruk pada harddisk maupun menghambat kinerja beberapa software. Lambat laun tidak menutup kemungkinan bisa terserang virus serta kerusakan berat lainnya. Berikut ini ada beberapa cara uninstal aplikasi laptop:

5 Cara Uninstal Aplikasi Laptop Sampai Bersih

cara uninstal aplikasi laptop
cara uninstal aplikasi laptop

Melakukan Uninstal Dengan Start Menu

Cara termudah untuk dapat menghapus aplikasi yang tak terpakai adalah dengan menggunakan menu start. Start menu adalah sebuah fitur pada aplikasi sistem operasi Windows. Dengan tujuan memudahkan pengguna untuk segera menemukan aplikasi ataupun pengaturan yang hendak dituju, seperti langkah berikut ini:

  • Langkah pertama cukup klik fitur Windows pada keyboard. Ataupun bisa dengan mengklik icon Windows yang terdapat pada sudut kiri bawah di taskbar.
  • Nantinya akan muncul berbagai menu ataupun tampilan berbagai aplikasi yang terdapat di laptop.
  • Pilihlah aplikasi yang akan dihapus, klik kanan pada icon aplikasi tersebut dan klik uninstall. Tunggu hingga proses uninstall selesai.

Baca juga : Cara Memindahkan Video Offline YouTube Ke Kartu SD

Menggunakan Fitur Menu Setting

Melakukan uninstall aplikasi lewat menu setting atau pengaturan masuk dalam opsi pilihan mudah berikutnya. Semua laptop pastinya memiliki fitur menu setting. Dimana hal ini bertujuan untuk mengontrol sistem yang ada. Adapun langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Untuk memulai proses uninstall, ketik setting atau pengaturan pada start menu atau taskbar.
  • Begitu terbuka, double klik pada bagian Apps.
  • Selanjutnya, klik Apps and Feature.
  • Pilih aplikasi yang hendak dihapus lalu ikuti petunjuk lainnya hingga selesai. Terkadang sistem meminta untuk dilakukannya restart PC. Hal ini bertujuan baik bagi fitur laptop setelah proses uninstall.

Uninstall Aplikasi Lewat Task Manager

Terkadang melakukan uninstall aplikasi lewat cara biasa bisa mengalami hambatan karena berbagai hal. Misal salah satunya disebabkan oleh aplikasi yang akan diuninstal sedang berjalan. Maka dari itu, pastikan jika aplikasi yang akan dihapus tidak sedang berfungsi. Berikut urutan langkah uninstall lewat task manager:

  • Sebelum melakukan uninstall aplikasi, maka periksa dan tutup terlebih dahulu di task manager.
  • Caranya cukup dengan tekan kombinasi ‘CTRL + SHIFT+ ESC’ secara bersamaan di keyboard.
  • Setelah task manager muncul, akan memperlihatkan aplikasi apa saja yang sedang berjalan. Silahkan pilih, dan klik akhiri tugas. Pada aplikasi yang akan dihapus, klik kanan di mouse dan pilih uninstall.

Baca juga : Cara Memindahkan Penyimpanan iCloud ke iPhone

Menghapus Aplikasi Lewat Control Panel

Setiap laptop jenis apapun pasti memiliki control panel. Cara uninstal aplikasi laptop melalui control panel juga sangat mudah untuk dilakukan sendiri, sehingga tidak perlu mengeluarkan bayaran dengan meminta bantuan ahli. Berikut langkahnya:

  • Pertama cukup dengan klik menu start atau mengklik tombol Windows pada keyboard.
  • Kedua, ketik control panel lalu searching kemudian lakukan double klik.
  • Langkah selanjutnya cukup klik uninstall serta pilih aplikasi yang ingin dihapus. Jangan lupa lakukan klik kanan dan pilih uninstall dan lakukan double klik.

Gunakan Fitur Safe Mode

Terakhir, bisa menggunakan safe mode sebagai cara uninstal aplikasi laptop. Sebelumnya pastikan mengklik menu setting yang ada di start menu. Kemudian akan ada banyak pilihan menu yang muncul. Selanjutnya ikuti langkah berikut ini:

  • Pilih update and security. Pada icon ini, juga ada beberapa perintah pilihan.
  • Cukup klik recovery serta pilih now restarts.
  • Setelah laptop kembali menyala, pastikan untuk memilih perintah Troubleshoot. Pada bagian Advanced Options, pilih opsi Startup Settings untuk melakukan Restart.
  • Gunakan tombol F4 atau F5 untuk menjalankan perintah mengaktifkan fitur safe mode. Ketika prosesnya selesai maka lakukan uninstall pada aplikasi yang akan dihapus.

Nah itulah beberapa trik jitu bagaimana cara uninstal aplikasi laptop secara sederhana. Cara simple ini dapat dikerjakan siapa saja. Bahkan untuk pemula yang baru mengenal elektronik.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar