5 Cara Mengatasi Google Drive Minta Izin Akses Dengan Mudah

Cara Mengatasi Google Drive Minta Izin Akses – Saat ini tidak perlu ribet memikirkan dimana harus menyimpan file penting yang berkaitan dengan pekerjaan ataupun keperluan perkuliahan. Ada Google Drive yang bisa digunakan untuk menyimpan sekaligus berbagi segala jenis dokumen secara online. Tetapi masih diperlukan cara mengatasi Google Drive minta izin akses ketika tidak ada akses yang bisa dibuka.

Karena Google Drive masih memiliki security untuk memberikan kenyamanan pada penggunanya sehingga file tidak bisa diakses oleh sembarang orang. Maka jangan heran ketika pertama kali mendapatkan link Google Drive dari rekan atau kerabat, diperlukan izin akses terlebih dahulu. Berikut beberapa cara untuk mengatasi minta izin akses pada Google Drive:

5 Cara Mengatasi Google Drive Minta Izin Akses Dengan Mudah

cara mengatasi google drive minta izin akses
cara mengatasi google drive minta izin akses

1. Mengajukan Izin Akses Google Drive Pada Pemilik

Cara mengatasi Google Drive minta izin akses yang pertama adalah dengan mengajukan izin untuk mengakses file kepada pemilik. Biasanya tampilan awal ketika membuka file Google Drive dari orang lain memerlukan izin akses terlebih dahulu. Pengguna perlu memasukkan email akun yang digunakan untuk mengajukan akses pada pemilik.

Setelah mengajukan izin akses, file belum bisa langsung dibuka karena masih memerlukan persetujuan dari pemilik yang membuat file atau folder. Hal ini dilakukan untuk tetap menjaga keamanan dan kerahasiaan file yang disimpan sehingga tidak bisa diakses orang lain. Namun tidak berlaku ketika pemilik tidak menghidupkan izin akses file.

Baca juga : Cara Mengatasi Gangguan Jaringan Indosat

2. Membuka Dengan Akun Google Yang Benar

Salah satu penyebab mengapa Google Drive tetap meminta izin akses adalah akun yang digunakan untuk membuka file yang dibagikan salah. Di awal akan keluar pilihan akun yang ingin digunakan untuk membuka Google Drive. Bisa saja akun yang digunakan saat itu adalah akun yang belum diberikan izin akses.

3. Mengubah Pengaturan Berbagi Dengan Pribadi Dan Grup

Ubah izin akses ketika ingin membagikan file atau folder sebagai salah satu cara mengatasi Google Drive minta izin akses. Biasanya untuk pengaturan default akan memberikan akses ketika pengguna lain melakukan pengajuan izin akses. Baru kemudian pengguna lain bisa melihat file maupun folder terkait yang terdapat pada Google Drive.

Ubah pengaturan tersebut menjadi mode lihat saja atau editor bagi siapa saja yang memiliki link. Hal ini bertujuan agar pengguna lain tidak perlu lagi melakukan permintaan izin akses kepada pemilik file. Setelah melakukan perubahan pada bagian pengaturan, jangan lupa untuk menyalin link yang tersedia untuk dibagikan kepada pengguna lainnya.

4. Memastikan Akses Tidak Ditolak

Mungkin ketika pengguna telah mengajukan izin akses, akan tetapi masih memerlukan izin. Selain itu ketika sudah pernah membuka file tetapi tiba-tiba akses terputus, coba periksa dan pastikan bahwa akses tidak ditolak. Pada penggunaan Google Drive, pemilik tetap bisa memutuskan izin akses secara tiba-tiba ketika terjadi salah penggunaan dan sejenisnya.

Baca juga : Cara Mengatasi Situs Ini Tidak Dapat Dijangkau di Chrome Android

5. Mendapatkan Link Yang Sudah Disetujui

Ketika ingin membuka atau mengakses sebuah file atau folder di Google Drive dari orang lain, biasanya melalui link yang dibagikan. Cara mengatasi Google Drive minta izin akses lainnya yakni dengan memastikan link yang didapati sudah disetujui pemilik untuk dibagikan. Terkadang masih bisa terjadi salah kirim link sehingga masih meminta akses.

Ketika pemilik mengubah pengaturan terkait akses yang akan diberikan untuk pengguna lain, biasanya aka nada perintah untuk menyalin link. Link yang telah disalin inilah yang nantinya akan dibagikan dan digunakan untuk membuka file yang telah di upload. Maka dari itu pastikan antara link yang disalin dan yang dibagikan tidak salah atau tertukar ya.

Google Drive memberikan kenyamanan bagi para pengguna dengan bisa bertukar dan menyimpan file secara praktis. Apalagi dengan menggunakan Google Drive, file bisa dibuka dan diakses dimana saja selagi terhubung internet. Tapi jangan khawatir beberapa cara mengatasi Google Drive minta izin akses diatas bisa dilakukan dengan mudah loh.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar