Cara Mengembalikan Aplikasi Whatsapp Yang Terhapus Di Android Melalui Google PlayStore

Cara mengembalikan aplikasi WhatsApp yang terhapus di Android menjadi langkah solusi bagi pengguna WhatsApp yang mengalami kehilangan data aplikasi. Terkadang pengguna tidak sengaja menghapus aplikasi yang seharusnya masih dibutuhkan. Pengguna pun terkadang merasa bingung bagaimana cara mengembalikan data yang terhapus.

Pengguna bisa saja melakukan download ulang, tetapi terkadang terkendala dengan kuota internet atau tidak bisa tersambung wifi sehingga tidak bisa download ulang. Saat ini ada cara untuk mengembalikan aplikasi WhatsApp tanpa download ulang. Berikut langkah – langkah menginstall kembali data aplikasi WhatsApp yang terhapus.

Cara Mengembalikan Aplikasi Whatsapp Yang Terhapus Di Android Melalui Google PlayStore

cara mengembalikan aplikasi whatsapp yang terhapus di android
cara mengembalikan aplikasi whatsapp yang terhapus di android

1. Membuka Kembali Sumber Aplikasi Google Play Store

Langkah harus dilakukan pengguna android pertama kali adalah mengunjungi sumber dari aplikasi yang di unduh. Sumber dari aplikasi WhatsApp sendiri berasal dari Google Play Store khusus aplikasi android.

Google Play Store menjadi tempat download khusus untuk sistem operasi android. Pastikan sistem operasi android menggunakan versi terbaru, minimal 5.0 keatas untuk menghindari terjadinya ketidaksesuaian support pada aplikasi.

2. Melakukan Pengaturan Pada Akun Google Playstore

Cara mengembalikan aplikasi WhatsApp yang terhapus di Android pada langkah kedua  adalah membuka pengaturan akun Google Play Store. Pengaturan Google Play Store dapat dibuka pada bagian atas dengan ikon garis titik tiga vertikal diatas.

Baca juga : Cara Mengatasi Sinyal 4G Tidak Muncul

Ikon pengaturan  biasa terdapat pada pencarian yang bertuliskan “Google Play”. Lakukan klik ikon sampai muncul pilihan menu side drop down di bawah ikon garis tiga dan akan muncul pilihan menu kebawah.

3. Buka Menu My Apps & Games

Pengguna selanjutnya melakukan klik pada menu pengaturan dengan simbol tiga titik dan muncul dropdown menu pilihan. Ikon titik tiga akan menunjukkan banyak menu pilihan. Menu tersebut berhubungan dengan pengaturan akun profil pada Google Play Store.

Pilih menu My Apps & Games tepat di bawah simbol titik tiga. Pengguna selanjutnya bisa melihat daftar aplikasi yang mau di install kembali. Cara mengembalikan aplikasi WhatsApp yang terhapus ini cukup mudah untuk dipahami pengguna pemula. Ini adalah langkah wajib pengguna untuk android.

4. Perhatikan Menu Library Pada Google PlayStore

Saat membuka menu My Apps & Games pengguna akan diarahkan pada tiga sub menu yaitu updates yang berisi aplikasi yang sudah diperbaharui. Install yang berisi aplikasi yang sudah terpasang pada handphone.

Baca juga : Cara Mengatasi Flashdisk Shortcut

Pengguna selanjutnya membuka menu library untuk melihat aplikasi yang pernah terpasang pada handphone. termasuk juga dengan aplikasi yang tidak sengaja terhapus oleh pengguna android.

5. Pilih Aplikasi Yang Ingin Diinstal Ulang Pada Aplikasi

Pada saat pengguna membuka menu library, pengguna akan melihat daftar aplikasi yang pernah diunduh di handphone. Pengguna dapat melihat nama aplikasi dengan disebelahnya terdapat tombol install yang menandakan bahwa pengguna tidak perlu lagi melakukan pengunduhan ulang.

Hal ini disebabkan data dari aplikasi masih tersimpan pada library. Pengguna cukup melakukan install kembali melalui fitur library. Tunggu sampai proses install kembali selesai sampai muncul notifikasi untuk membuka kembali aplikasi chat WhatsApp. Namun, proses ini tidak bisa dilakukan jika pengguna pernah menghapus isi Library, jadi pastikan pengguna belum melakukan penghapusan.

Itulah tadi langkah-langkah yang harus dilakukan sebagai cara mengembalikan aplikasi WhatsApp yang terhapus di Android. Melalui Google PlayStore, WhatsApp yang terhapus bisa dikembalikan dengan mudah. Hanya saja, pengguna benar-benar harus memastikan bahwa WA diunduh melalui PlayStore, sebab jika tidak maka pengguna tidak bisa menemukan aplikasi WA pada menu Library.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar