Inilah 5 Cara Mengatasi Sinyal 4G Tidak Muncul Pada Smartphone Paling Ampuh

Cara Mengatasi Sinyal 4G Tidak Muncul – Kini telah hadir jaringan 4G yang dapat membuat akses internet lancar. Pengguna 4G tidak perlu menunggu lama untuk dapat membuka sosial media maupun Google. Namun terkadang saat sedang asik membuka sosial media tiba-tiba sinyal 4G hilang begitu saja. Adakah cara mengatasi sinyal 4G tidak muncul pada smartphone paling ampuh?

Hal ini bukanlah suatu permasalahan besar, namun sangat menjengkelkan apabila terjadi saat sedang mencari informasi penting. Adapun penyebabnya biasa terjadi karena cuaca di daerah tersebut sedang buruk. Jika pengguna 4G sudah banyak di dalam ruangan akan membuat sinyal menjadi hilang. Gunakan beberapa cara dibawah ini untuk dapat mengembalikan sinyal 4G yang hilang:

5 Cara Mengatasi Sinyal 4G Tidak Muncul Pada Smartphone Paling Ampuh

cara mengatasi sinyal 4g tidak muncul
cara mengatasi sinyal 4g tidak muncul

1. Mengaktifkan Mode Pesawat

Cara mengatasi sinyal 4G tidak muncul pada smartphone yang pertama yaitu dengan mengaktifkan mode pesawat. Cara ini terlihat sepele namun sangat ampuh untuk dapat mengembalikan sinyal 4G seperti semula. Apabila dilihat dari namanya, mode pesawat hanya dapat diaktifkan saat pengguna smartphone sedang berada di dalam pesawat, namun nyatanya tidak.

Mode ini dapat digunakan untuk mengatasi beberapa permasalahan, salah satunya untuk dapat membuat sinyal kembali stabil. Ada Pun cara nya yaitu buka pengaturan dan cari opsi mode pesawat. Aktifkan selama beberapa detik lalu matikan kembali. Tidak lama kemudian sinyal 4G akan kembali normal. Pengguna sudah dapat mengakses internet dengan koneksi yang cepat.

2. Mengganti Mode Jaringan

Saat sinyal 4G tiba-tiba hilang maka cobalah untuk mengganti mode jaringan. Tidak hanya 4G saja, ada beberapa opsi sinyal yang tersedia pada smartphone seperti H+ atau 3G, 2G dan CDMA. Oleh karena itu, gunakan mode jaringan lainnya untuk dapat membuat sinyal menjadi stabil.

Baca juga : Cara Mengatasi Flashdisk Shortcut

Adapun caranya yaitu buka pengaturan terlebih dahulu. Setelah itu buka opsi seluler dan klik tulisan “data seluler”. Lalu terdapat beberapa pilihan mode jaringan, pilih 3G only. Setelah beberapa menit ubah mode jaringan agar kembali ke 4G. Secara otomatis jaringan pada smartphone akan ter-refresh dan akan kembali normal.

3. Menggunakan Aplikasi Penguat Sinyal

Cara selanjutnya yaitu dengan menggunakan aplikasi tambahan yaitu aplikasi penguat sinyal. Masih banyak yang belum mengetahui bahwa terdapat aplikasi penguat sinyal yang dapat digunakan untuk menstabilkan jaringan.

Buka Google Play Store lalu cari aplikasi penguat sinyal. Akan muncul banyak pilihan aplikasi, pilih sesuai dengan kebutuhan. Namun agar lebih jelasnya, carilah informasi mengenai aplikasi penguat sinyal yang paling banyak digunakan. Pengguna dapat mengunduh aplikasi tersebut secara gratis.

4. Pindah Ke Ruangan Terbuka

Tidak semua tempat mendukung sinyal 4G. Maka dari itu apabila sinyal 4G tiba-tiba hilang begitu saja maka cobalah untuk berpindah ke tempat lain. Terlebih jika dalam suatu ruangan ada banyak pengguna smartphone yang memakai sinyal 4G juga. Hal ini akan membuat sinyal yang digunakan menjadi lemah bahkan hilang.

Baca juga : Cara Mengatasi Lupa Akun Mi

Solusinya adalah dengan pindah ke tempat lain yang lebih terbuka. Dengan begitu pengguna dapat menikmati sinyal 4G kembali tanpa hambatan apapun. Ruangan terbuka membuat sinyal 4G tersedia tanpa batas karena luasnya jangkauan tempat yang digunakan.

5. Mengecek Kartu SIM

Cara terakhir yang dapat dilakukan untuk mengembalikan sinyal 4G adalah mengecek kartu SIM yang digunakan. Keseringan gonta ganti kartu membuat pengguna biasa lupa memperbaiki posisi kartu SIM pada smartphone. Maka dari itu cek posisi kartu SIM terlebih dahulu. Bisa jadi sinyal 4G yang hilang karena posisi kartu SIM yang salah.

Maka dari itu non aktifkan smartphone terlebih dahulu lalu memperbaiki posisi kartu SIM. Selain itu, bisa jadi kartu SIM yang digunakan rusak atau sudah terblokir. Apabila telah mencoba semua cara namun masih saja gagal maka cobalah untuk mengganti kartu SIM smartphone.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi sinyal 4G tidak muncul pada smartphone paling ampuh. Apabila semua cara telah dilakukan namun sinyal 4G masih saja hilang maka cobalah untuk mengecek hardware pada smartphone. Bisa jadi hardware smartphone sedang bermasalah atau terdapat kerusakan.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar