Beberapa Aplikasi Screenshot PC Terbaik & Terupdate 2021

Aplikasi screenshot pc saat ini sudah banyak tersedia, bagi kalian yang menggunakan PC tentunya sudah tidak asing dengan kata screenshot, screenshot atau yang biasa disebut dengan tangkap layar adalah sebuah fitur gambar digital yang menampilkan isi layar komputer. Tangkapan layar dibuat oleh sistem operasi atau perangkat lunak yang berjalan pada perangkat yang menyalakan layar.

Ada berbagai macam cara yang dapat digunakan untuk dapat melakukan screenshot atau tangkap layar. Screenshot bisa dilakukan dengan cara yang sudah tersedia di masing-masing PC, namun selain itu screenshot juga bisa dilakukan menggunakan aplikasi.

Adapun aplikasi untuk melakukan screenshot yang paling terkenal untuk saat ini adalah aplikasi lightshot, selain itu masih banyak lagi aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan screenshot, berikut akan disajikan beberapa informasi mengenai aplikasi yang dapat dilakukan untuk  screenshot atau tangkap layar.

Aplikasi Screenshot PC Terbaik & Terupdate

LightShot

LightShot
LightShot

Aplikasi lightshot merupakan aplikasi yang populer dan banyak digunakan oleh orang-orang, aplikasi ini banyak digunakan karena penggunaan dari aplikasi ini yang sangat mudah, cara menggunakannya adalah hanya dengan sekali klik menekan tombol Print Screen untuk melakukan screenshot. Ukuran dari aplikasi ini juga sangat ringan sehingga aplikasi ini tidak banyak memakan ruang penyimpanan pada laptop ataupun komputer.

 Selain itu, kelebihan aplikasi ini yang membuat orang minat menggunakannya adalah terletak pada fitur editingnya, para pengguna dari aplikasi ini bisa mengedit hasil dari tangkap layar sebelum menyimpannya. Seperti anda dapat menambahkan teks, frame, arrow, dll. Setelah anda selesai mengedit, terdapat pilihan apakah anda ingin menyimpannya di laptop, atau hanya copy saja, atau anda ingin mengunggahnya kemudian menyalin link url untuk dibagikan. Oleh karena itu, aplikasi ini menjadi aplikasi screenshot yang paling banyak diminati oleh pengguna PC, baik dengan sistem windows ataupun sistem Mac.

Baca juga : Cara Melihat Spesifikasi Laptop

GreenShot

GreenShot
GreenShot

Seperti layaknya aplikasi Lightshot, software screenshot layar PC yang satu ini juga tidak tersedia interface. Namun aplikasi ini juga sangat cocok untuk anda yang ingin melakukan proses tangkap layar dengan cara simple dan cepat seperti kilat. Untuk melakukan proses tangkap layar, anda cukup menekan tombol Hotkey yang tersedia, anda juga bisa melakukan tangkapnlayar melalui System Tray. Pada aplikasi greenshot terdapat beberapa mode screenshot yang dapat anda pilih, yaitu tangkap layar penuh atay full screen, tangkap layar hanya di bagian yang anda inginkan atau region, last region, dan window.

ScreenPresso

ScreenPresso
ScreenPresso

Aplikasi screenpresso selain dapat digunakan untuk menangkap layar atau screenshot, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk merekam layar pada PC anda. Aplikasi ini sangat cocok untuk anda yang memiliki profesi sebagai konten kreator. Aplikasi ini memiliki banyak fitur yang tersedia, beberapa fitur yang tersedia pada aplikasi ini adalah rectangle, bubble arrow, dan juga beberapa simbol dan ikon menarik, sehingga ketika anda ingin mengambil tangkapan layar anda bisa lebih leluasa sesuai yang anda inginkan.

Selain itu, tersedia juga fitur untuk memotong tangkapan layar anda atau fitur crop, fitur buram atau blur, canvas size dan cut out. Aplikasi ini tersedia dalam dua versi, yaitu gratis dan berbayar. Namun kekurangan dari aplikasi ini adalah, aplikasi ini hanya dapat digunakan untuk pengguna windows, mulai dari windows 7, windows 8, dan windows 10.

Skitch

Skitch
Skitch

Aplikasi skitch memiliki kaitan erat dengan situs Skitch.com, skitch.com adalah sebuah sius hosting tangkapan layar. Aplikasi ini bisa melakukan tangkapan layar, membuat anotasi, dan menggambar dengan grafik. Aplikasi skitch dapat membagikan hasil dari tangkapan layar secara online dengan mudah. Interface dalam aplikasi ini cukup ramah untuk para penggunanya. Fitur pengeditan dalam aplikasi ini hampir semuanya terletak pada lingkaran di sekitar tangkap layar. Fitur-fitur edit yang tersedia dalam aplikasi ini memudahkan anda dalam menentukan gambar yang anda inginkan.

TinyTake

TinyTake
TinyTake

Aplikasi tinytake adalah sebuah software aplikasi screenshot pc  yang memiliki fungsi ganda. Aplikasi ini memiliki kemiripandengan aplikasi screenpresso, selain tinytake berfungsi untuk menangkap layar, aplikasi ini juga bisa berfungsi untuk perekam layar PC anda atau bisa disebut software screen recorder. Selain berfungsi untuk menangkap layar dan melakukan perekaman layar, aplikasi ini juga bisa digunakan sebagai webcam.

Baca juga : Cara Membuat Power Point

Webcam adalah kamera yang bisa mengambil foto atau merekam wajah saat berada di depan PC. Fitur dari aplikasi ini tidak jauh bed dari aplikasi lainnya. Pada aplikasi tinytake tersedia fitur crop, rectangle, arrow, line, blur, menambah teks, dan lainnya. Namun aplikasi ini memiliki kekurangan yang cukup bisa membuat anda repot, yaitu anda harus mendaftar dan membuat akun terlebih dahulu untuk dapat menggunakan aplikasi ini.

PicPick

PicPick
PicPick

Aplikasi picpick adalah salah satu aplikasi gratis yang dapat anda gunakan untuk menangkap layar atau screenshot. Aplikasi ini tidak jauh beda dengan aplikasi lainnya, selain bisa digunakan untuk melakukan tangkap layar, aplikasi ini juga memiliki fitur edit. Kelebihan dari aplikasi ini adalah aplikasi pickpick memiliki beberapa mode capture yang jarang dijumpai di aplikasi lainnya, di antaranya yaitu fixed region, window control, scrolling window, dan lainnya. Pada versi terbaru aplikasi ini anda dapat membagikan hasil tangkapan layar anda ke aplikasi facebook, email, skype, twitter, dan yang lain-lain.

Jing

Jing
Jing

Aplikasi jing adalah aplikasi yang memiliki fungsi ganda seperti aplikasi tinytake dan screenpresso. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengambil tangkapan layar pada PC anda dan dapat merekam video pada layar PC anda. Aplikasi jing memiliki keunikan, yaitu terdapat bubble yang berawarna orange terletak pada sisi monitor bagian kanan layar yang memiliki fungsi sebagai tombol yang digunakan untuk mengambil tangkapan layar atau screenshot, akses untuk masuk ke menu history dan menu untuk menuju pengaturan. Setelah anda melakukan tangkapan layar atau perekaman, anda akan diarahkan ke menu editor untuk mengedit hasilnya.

MonoSnap

MonoSnap
MonoSnap

Aplikasi software untuk tangkap layar terakhir yang akan disajikan adalah aplikasi monosnap. Aplikasi ini adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk menangkap layar atau screenshot. Fitur yang tersedia dari aplikasi ini tidak jauh beda dengan aplikasi yang lain. Namun aplikasi ini memiliki keunikan yaitu aplikasi ini memiliki fitur untuk menambah keterangan serta anda dapat mengunggahnya ke cloud. Untuk bisa menggunakan aplikasi ini anda harus mendaftar dan membuat akun terlebih dahulu. Aplikasi ini memanglah cukup merepotkan namun sebanding dengan fitur-fitur yang tersedia dalam aplikasi ini.

Itulah beberapa aplikasi screenshot PC yang anda dapat gunakan untuk menangkap layar atau melakukan perekaman layar. Setiap aplikasi memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Jika anda ingin menggunakan aplikasi tersebut anda bisa langsung download aplikasinya di google. Ketiklah aplikasi yang anda ingin pakai kemudian halaman google akan menyediakan situs yang akan menyediakan aplikasi-aplikasi tersebut.

Tinggalkan komentar