5 Pilihan Aplikasi Pengukur Luas Tanah yang Mudah Digunakan

Aplikasi pengukur luas tanah dapat digunakan untuk mengetahui luas tanah secara cepat dan akurat. Kegiatan menghitung luas tanah tentunya bukanlah hal yang mudah dilakukan, apalagi oleh seseorang yang tidak menguasai bidang matematika.

Oleh karena itu, hadirnya aplikasi yang dapat mengukur luasan tanah secara akurat sangat membantu orang yang ingin menjual dan membeli properti atau membangun gedung dan rumah. Berikut beberapa rekomendasi aplikasi yang patut dicoba untuk mengukur luas tanah:

Aplikasi Pengukur Luas Tanah Terbaru 2021

Google Maps

Rekomendasi aplikasi pengukur luas tanah yang dapat digunakan adalah Google Maps. Pastinya, banyak orang tidak asing lagi dengan aplikasi ini. Google Maps merupakan software buatan Google yang dapat menampilkan informasi geografis tentang sebuah wilayah. Fitur ini dapat dimanfaatkan untuk mengukur besar luasan tanah yang akan dihitung.

Walaupun hasil yang diperoleh tidak seakurat dengan menghitung manual, namun aplikasi ini dapat digunakan untuk memperoleh gambaran luas tanah secara lebih pasti. Untuk mengukur besar luasan tanah dengan aplikasi ini pun cukup mudah dan praktis. Selain itu, aplikasi ini dapat mengetahui total jarak masing-masing bidang tanah yang akan dihitung.

Area Calculator

Aplikasi penghitung luas tanah berikutnya ini cukup direkomendasikan bagi seseorang yang ingin cepat mengetahui luasan tanah. Hanya dengan satu kali tap pada peta yang telah tersedia, ukuran suatu area dapat langsung diketahui dengan cepat. Menariknya, aplikasi ini juga dapat menghapus tanda titik, sehingga hasil yang diperoleh lebih fleksibel dan sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga : Aplikasi Pendeteksi Emas

Fitur lain yang dapat diperoleh yaitu dapat menyimpan area untuk pengukuran lain waktu, menyimpan hasil ukur yang telah dilakukan, dan masih banyak fitur-fitur menarik lainnya. Area Calculator ini telah terbukti lebih praktis dan lebih simple dalam proses pengukuran luas area yang diinginkan. Dengan tampilan yang sederhana, mempermudah para pengguna dalam memakainya.

GPS Area Calculator Perimeter Land Measurement

GPS Area Calculator Perimeter Land Measurement merupakan aplikasi selanjutnya yang patut dicoba untuk mengukur luas tanah secara cepat dan tentunya dengan hasil yang cukup akurat. Dalam mengoperasikannya, pengguna tidak akan dibuat pusing karena tampilannya cukup simple dan mudah digunakan.

Aplikasi ini menawarkan beberapa fitur menarik yang dapat menghitung luas area dengan melakukan pemetaan area. Hasil perhitungannya pun dapat diperoleh secara akurat. Selain itu, aplikasi ini juga cukup populer bagi pengguna smartphone karena terbukti dengan banyaknya orang yang telah mengunduhnya.

AutoCAD

AutoCAD merupakan salah satu aplikasi penghitung luas tanah yang dikembangkan oleh Autodesk. Aplikasi ini dapat menjadi pilihan yang tepat karena banyak arsitek, insinyur, dan para profesional konstruksi yang telah menggunakannya. Selain terjamin, aplikasi ini juga mudah dalam penggunaannya terlepas dari pengalaman pengguna software CAD.

Baca juga : Cara Menggunakan HDMI Dongle Anycast

Langkah pertama dalam menggunakannya, pengguna harus membuat gambar denah menggunakan polyline dengan tujuan agar semua garis dapat menyatu. Kemudian, klik garis yang telah digambar agar semua garis terblokir.

Dengan demikian, garis yang pada awalnya lurus akan berubah menjadi garis putus-putus. Selanjutnya, ketikkan “Li” pada command section dan tekan enter. Setelah itu, halaman baru akan muncul dengan memuat luas area dari tanah yang telah digambar.

Geo Area Calculator

Bagi seseorang yang ingin membeli properti dan ingin mengetahui luasan area dari property tersebut, Geo Area Calculator dapat menjadi solusi yang tepat. Aplikasi ini memiliki filed ukur dan alat yang sangat cerdas untuk mengukur area pada peta. Geo Area Calculator memiliki GPS area yang berisi berbagai tipe Map View, satelit, peta medan, serta peta pencaharian.

Kelebihan dari aplikasi menghitung luas tanah satu ini yaitu cukup nyaman untuk survei, dapat membantu dalam pekerjaan kebun serta pertanian. Bahkan bagus untuk menyimpan catatan area, dan praktis untuk pengukuran area lahan padang rumput. Aplikasi Geo Area Calculator juga sangat praktis untuk instalasi panel surya, estimasi area atap, serta perencanaan perjalanan.

Itulah beberapa cara menghitung luas tanah yang dapat dicoba. Aplikasi pengukur luas tanah terbukti lebih praktis serta lebih simpel dalam proses pengukuran luas area yang diinginkan. Dengan tampilan yang sederhana, penggunaannya pun juga cukup mudah dan praktis.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar