6 Rekomendasi Aplikasi Mengecilkan Ukuran PDF yang Mudah Digunakan

Aplikasi mengecilkan ukuran PDF atau compress PDF merupakan jalan keluar bagi seseorang yang ingin mengirimkan file PDF melalui, E-mail, Whatsapp, maupun G-forms namun terhalang ukuran PDF yang terlalu tinggi. Jika hal tersebut terjadi, tentunya akan menjadi sebuah hambatan dalam produktivitas kerja.

Walau begitu, kini banyak developer menghadirkan aplikasi khusus untuk mengecilkan ukuran file PDF yang mudah digunakan sekalipun di HP. Nah, bagi yang belum tahu, ini beberapa rekomendasi sebagai referensi:

6 Rekomendasi Aplikasi Mengecilkan Ukuran PDF Terbaik

Smallpdf

Smallpdf cocok digunakan bagi seseorang yang menyukai aplikasi yang tidak rumit dalam memakainya. Selain menyuguhkan tampilan yang sederhana, aplikasi ini juga memberikan pilihan fungsi yang mudah dipahami oleh para penggunanya.

Salah satu fungsinya adalah sebagai aplikasi mengecilkan ukuran PDF. Dengan Smallpdf, pengguna dapat memilih 2 pilihan ukuran compression, yaitu basic compression dan strong compression. Hal tersebut ditujukan untuk menentukan ukuran kompresi file PDF sebesar 40% dan 60%.

ILovePDF

Memiliki review dan penilaian yang cukup tinggi, aplikasi ini dapat dijadikan pilihan untuk mengecilkan file PDF. ILovePDF menawarkan fungsi agar para pengguna dapat memilih dan menentukan ukuran yang diinginkan dengan tetap mempertahankan kualitas yang tinggi.

Baca juga : Aplikasi Pembuat Logo Gaming

Selain berguna untuk mengecilkan ukuran PDF, aplikasi ini juga menyajikan berbagai macam fungsi, seperti memisahkan dan menggabungkan file PDF, rotate PDF, mengubah file PDF ke format file yang lain, dan fungsi-fungsi lainnya yang dapat digunakan secara gratis.

Compress PDF File

Compress PDF file merupakan aplikasi yang kerap digunakan untuk mengecilkan ukuran file PDF. Selain praktis, aplikasi ini juga gratis dan tidak berbayar. Memiliki kapasitas yang cukup kecil, aplikasi ini dapat diunduh melalui apa saja tanpa takut akan kehabisan ruang di smartphone.

Aplikasi ini menawarkan fitur mengubah ukuran file PDF dengan sangat cepat dan tetap menjaga kualitas dari file yang telah diturunkan ukurannya. Semua file yang telah dikecilkan akan otomatis masuk ke dalam folder khusus di dalam penyimpanan smartphone. Hal tersebut bertujuan agar penggunanya dapat dengan mudah untuk mencari file yang telah di compress.

Compress PDF

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini ditujukan bagi seseorang yang ingin mengecilkan ukuran file PDF yang terlalu besar. Memiliki ukuran yang tidak terlalu menguras memori, Compress PDF cukup populer di kalangan pengguna smartphone. Selain menawarkan fitur yang mudah digunakan, aplikasi ini juga dapat digunakan secara offline tanpa tersambung ke internet. Sebagai tambahan, aplikasi ini juga dapat digunakan secara gratis.

Baca juga : Aplikasi Cari Jodoh Gratis

PDF Compressor

PDF Compressor dapat digunakan untuk mengurangi ukuran file PDF dengan memilih kualitas ukuran yang diinginkan. Dengan aplikasi ini, para penggunanya dapat mengatur ukuran yang diinginkan secara akurat tanpa menurunkan kualitas file.

Selain itu, aplikasi ini juga dapat dengan mudah mengecilkan ukuran file yang memiliki banyak gambar di dalamnya. Apabila file PDF yang dipilih memiliki banyak gambar berwarna, maka gambar dalam file tersebut dapat diubah menjadi gambar black and white agar ukurannya dapat sedikit berkurang.

PDF Small

PDF Small merupakan aplikasi kompresor yang dapat digunakan untuk mengkompres atau mengecilkan ukuran file PDF dengan mudah. Aplikasi ini dapat mengurangi ukuran file PDF hingga 90% dengan tetap menjaga kualitasnya. Pengurangan file PDF tersebut memiliki beberapa opsi kompresi untuk memenuhi kebutuhan penggunanya.

Aplikasi ini menawarkan tiga tingkat kompres yang berbeda, yaitu recommended compression (pengurangan 50%), high quality (pengurangan 30%), dan low quality (pengurangan 70%). Semakin besar tingkat kompresi yang dipilih, semakin kecil pula ukuran file PDF.

Itulah beberapa aplikasi mengecilkan ukuran PDF yang dapat mengatasi masalah ukuran file PDF yang terlalu besar. Dengan aplikasi di atas, tentunya akan sangat membantu bagi seseorang agar bisa mengirimkan file secara praktis dan cepat ke rekan kerja, teman, ataupun kerabat tanpa terhalang kapasitas ukuran file.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar