Kelola Keuangan Keluarga dengan Lebih Mudah Menggunakan 5 Aplikasi Ini!

Dalam berumah tangga, mengatur keuangan adalah sebuah hal yang sangat penting sama seperti ketika mengelola sebuah bisnis. Bisnis yang memiliki pengelolaan uang yang buruk akan merugi dan pada akhirnya akan bangkrut. Oleh karena itu, dalam sebuah keluarga pentingnya mengelola keuangan dengan baik adalah agar masa depan keluarga tersebut dapat terjamin masa depannya secara finansial.

Mengelola uang secara tradisional dengan menggunakan buku kas sudah banyak dilakukan oleh beberapa keluarga. Namun, karena perhitungan yang manual dan sifatnya yang tidak fleksibel, seringkali  menyebabkan terjadinya kesalahan hitung atau perencanaan yang tidak matang.

Untuk menghindari hal tersebut, saat ini sudah terdapat banyak aplikasi keuangan yang dapat membantu pengelolaan keuangan menjadi lebih mudah dan terperinci. Selain itu, penggunaan aplikasi juga lebih fleksibel sehingga dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja melalui OPPO Reno ataupun iPhone milik pengguna.

Akan lebih baik jika pengaturan keuangan mulai dialihkan dari menggunakan buku kas menjadi menggunakan aplikasi. Berikut ini adalah daftar aplikasi keuangan yang dapat membantu pengelolaan keuangan dalam rumah tangga menjadi lebih mudah dan praktis.

1. Dompetku

Dompetku
Sumber: Google Play Store/Dompetku

Aplikasi satu ini menghadirkan fitur pencatatan setiap pengeluaran dan pemasukan untuk beberapa kategori. Tersedia pula fitur untuk disambungkan ke dalam beberapa rekening yang sedang digunakan. Selain untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mencatat hutang dan pinjaman yang dapat ditampilkan dalam laporan grafik yang menarik dan mudah dipahami.

Untuk menjaga privasi, setiap catatan keuangan juga dilengkapi dengan PIN pengaman. Dan yang paling penting, tidak perlu khawatir untuk kehilangan data catatan karena aplikasi ini juga tersambung dengan Google Drive sehingga data yang dicadangkan dapat dipulihkan sewaktu-waktu.

2. Catatan Keuangan Harian

Sebuah aplikasi yang sederhana dan mudah untuk digunakan yang pada dasarnya berfungsi seperti buku kas yang dapat diakses melalui perangkat elektronik. Fitur utama yang dapat digunakan adalah untuk pencatatan pengeluaran harian, catatan pemasukan, perhitungan selisih, dan laporan keuangan per bulan.

Laporan tersebut dapat diubah ke dalam format Excel dan setiap aktivitas pengeluaran akan dicatat per transaksi sehingga mempermudah untuk melihat riwayat keuangan pada periode sebelumnya. Setiap kategori pengeluaran juga dapat dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Aplikasi ini juga mempunyai fitur kode PIN untuk menjaga keamanan dan privasi penggunanya.

3. Wallet: Budget Expense Tracker

Wallet
Sumber: Google Play Store/Wallet: Budget Expense Tracker

Menggunakan aplikasi Wallet, kamu dapat mengatur dan mengawasi keuangan secara real time karena dapat tersinkronisasi dengan rekening pengguna. Dengan aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk mengatur perencanaan keuangan dan target finansial di masa depan.

Pembayaran tagihan atau asuransi juga dapat diatur menggunakan aplikasi ini dan dapat diperlihatkan juga dampak dari tagihan tersebut terhadap cash flow pengguna. Laporan keuangan yang diberikan juga lengkap dan menarik sehingga dapat membantu untuk menentukan rencana keuangan keluarga.

Terdapat pula fitur untuk berbagi akun sehingga memudahkan sesama anggota keluarga untuk saling berkontribusi dalam pengaturan keuangan. Aplikasi ini juga dapat tersinkronisasi antar platform seperti Windows, Android, ataupun iOS sehingga tidak perlu khawatir untuk berbagi akun dengan pengguna yang menggunakan perangkat berbeda.

4. Money Manager

Money Manager dapat memperlihatkan dan mengatur anggaran keuangan berdasarkan bulan, minggu hingga hari sehingga mempermudah pengguna untuk melacak pengeluaran dan pemasukan dalam periode waktu tertentu dengan mudah. Terdapat pula fitur pencarian untuk dapat langsung mencari data dari kategori atau periode waktu tertentu.

Aplikasi Money Manager juga dapat melacak aliran keuangan dari berbagai sistem pembayaran seperti rekening, e-wallet, uang tunai hingga kartu kredit. Semua dapat dirangkum dan dicatat melalui satu aplikasi dan dijabarkan dalam laporan statistik yang mudah dibaca. Tidak hanya itu saja, pengguna juga dapat berbagi akun dengan keluarga ataupun partner untuk melacak keuangan bersama.

Perencanaan anggaran juga dapat dilakukan dengan mudah menggunakan aplikasi ini. Caranya, hanya dengan mengatur tujuan menabung dan target finansial yang ingin dicapai. Pencatatan pinjaman dan hutang juga dapat dilakukan sehingga pengawasan anggaran bisa dilakukan lebih mendetail.

5. Finansialku – Asisten Keuangan Pribadi

Tidak hanya menyediakan fitur untuk membantu pengelolaan keuangan, aplikasi ini juga membantu pengguna dengan fitur edukasi keuangan, rencana keuangan, dan konsultasi dengan pakar keuangan. Terdapat berbagai artikel, podcast ataupun video edukasi tentang bagaimana cara mengatur keuangan yang baik dan benar. Untuk itu, para pengguna dapat mengetahui bagaimana memanfaatkan fitur pengelolaan keuangan dengan maksimal.

Para pengguna juga dapat mengetahui tingkat kesehatan keuangan dan melakukan konsultasi dengan para pakar untuk mendapatkan solusi dari masalah keuangan yang sedang dihadapi. Fitur ini tersedia dalam format live chat sehingga dapat digunakan kapan saja.

Sama halnya dengan aplikasi pengatur keuangan lainnya, dengan menggunakan aplikasi ini para pengguna dapat mencatat setiap transaksi yang dilakukan hingga mengatur anggaran belanja. Menggunakan aplikasi Finansialku, pengguna juga dapat mengelola dan mencatat aliran keuangan dari investasi ataupun aset yang dimiliki.

Selain pengelolaan anggaran keuangan, perencanaan keuangan masa depan akan terbantu dengan memahami penggunaan asuransi, menambah aset, dan melakukan investasi sejak dini. Perlu juga untuk setiap orang agar memiliki pengetahuan tentang finansial secara lebih mendalam.

Semoga daftar aplikasi di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk mengatur keuangan dalam keluarga. Tujuannya, di masa yang akan datang keuangan rumah tangga akan lebih stabil dan siap menghadapi situasi tak terduga. Selamat mencoba.


Dapatkan informasi teknologi paling update rekomendasi dari Terminal Tekno langsung ke smartphone kamu melalui aplikasi Telegram dengan bergabung di https://t.me/terminaltekno



Terminal Tekno

Teminal Tekno adalah Blog yang menyajikan berbagai macam informasi seputar review, teknologi, smartphone, komputer, aplikasi, dan sejenisnya yang paling update.

Leave a Comment