Informasi Tentang Cara Menggunakan Aplikasi Discord

Cara menggunakan aplikasi discord sulit apabila sudah mengetahui langkah-langkahnya dengan tepat. Aplikasi discord sendiri merupakan yang sudah cukup familiar di kalangan para gamers karena biasanya dipakai untuk berkomunikasi antara satu gamers dengan gamers lainnya.

Dalam permainan game online aplikasi diskon ini menjadi salah satu yang sudah banyak digunakan. Aplikasi discord sendiri sudah ada sejak pada tahun 2015 dan saat ini cukup kembali populer seiring dengan eksis nya dunia game online.

Apabila ditelisik lebih dalam sebenarnya aplikasi discord ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan Skype. Aplikasi discod ini memang dirancang dengan adanya fitur yang berfungsi sebagai media koordinasi antar gamers. Hal tersebut bisa dilakukan karena adanya server pribadi yang memungkinkan untuk mengirim obrolan suara maupun teks kepada pengguna lainnya.

Selain Itu bisa dikatakan bahwa aplikasi diskon ini dilengkapi dengan fitur-fitur yang mempermudah para gamers untuk berkomunikasi satu sama lain. Meskipun demikian cara penggunaan discord sendiri harus diketahui secara jelas supaya bisa melakukan komunikasi dengan baik dan lancar. Adapun cara menggunakan aplikasi discord adalah sebagai berikut.

Cara Menggunakan Aplikasi Discord
Cara Menggunakan Aplikasi Discord

Cara Memakai Aplikasi Discord

Aplikasi discord bisa digunakan dengan beberapa langkah yang mudah. Pastinya Hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan perangkat telah terinstal aplikasi discord. Apabila perangkat yang bersangkutan belum terinstal oleh aplikasi diskon maka langsung saja download melalui Google Play Store.

Setelah terinstal silakan buka aplikasi discord untuk segera melanjutkan ke tahap pembuatan akun. Silakan pilih register di tampilan awal yang akan muncul ketika aplikasi discord dibuka. Isikan informasi yang dibutuhkan agar bisa membuat akun di aplikasi discord. Biasanya pembuatan akun di aplikasi discord membutuhkan informasi seperti username email dan juga password. Isikanlah sesuai dengan keinginan dan pastikan mudah untuk diingat.

Setelah akun dibuat, maka selanjutnya adalah masuk ke bagian halaman friends. Ini pengguna akan menemukan pada bagian pojok kanan atas ikon bertanda ‘+’ atau plus. Ikon ini digunakan untuk bisa bergabung dalam server discord maupun membuat server discord itu sendiri.

Baca juga : Cara Membuat Poster

Agar bisa masuk ke dalam server discord ini pengguna diharuskan mencari link discord ikan kepada publik. Misalnya saja untuk komunitas game online seperti, PUBG Mobile, Dota, CODMobile, Fornite, Free Fire dan yang sebagainya. Selanjutnya silakan langsung bergabung atau join ke server discord tersebut.

Cara Memutar Musik Di Aplikasi Discord

Selain untuk berkomunikasi, cara menggunakan aplikasi discord juga terkait dengan fitur untuk para penggunanya memutar musik. Oleh sebab itu saat aplikasi diskon ini digunakan para gamers, mereka bisa memutar musik di aplikasi discord untuk kemudian mendengarkannya.

Agar bisa memutar musik di aplikasi discord maka pengguna harus memiliki server discord sendiri ataupun bergabung dengan server discord yang ada. Setelah bergabung maka selanjutnya pengguna memasukkan buat musik. Perlu digarisbawahi bahwa pada umumnya, server yang tergolong sudah besar sudah mempunyai buat musik discord. Hal ini membuat para anggota server bisa langsung memainkannya tanpa harus mengundang terlebih dahulu.

Lagu Dengan Bot Rhythm Discord

Perlu diketahui bahwa pengguna server bisa mendengarkan serta menikmati lagu secara bersamaan. Namun sebelumnya, admin biasanya akan menambahkan bot musik terlebih dahulu. Untuk buat musik discord sendiri pilihannya cukup banyak salah satunya adalah bot rhythm discord. Adapun cara memutar musik melalui bot rhythm discord ini adalah sebagai berikut.

Pertama Silakan masuk lebih dahulu ke voice channel server discord lalu masukkan command musik. Setelah itu secara otomatis akan memutarkan musik yang diinginkan pengguna. Agar bisa menambahkan daftar musik yang akan didengarkan secara bergantian para pengguna server bisa mengulangi perintah yang sama untuk bisa menggantinya dengan yang lain. Lanjutkan dengan memasukkan command lyric.

Hal ini memungkinkan para pengguna server untuk dapat karaokean bersama teman teman lainnya dengan adanya lirik yang muncul. Dengan demikian para pengguna server yang ingin karaokean bisa membaca lirik tersebut.

Untuk perintahnya sendiri bisa dilakukan dengan lirik+ judul lagu/ penyanyi. Satu lagi juga bisa memasukkan command disconnect apabila ingin berhenti. Hal ini dilakukan apabila ingin menghentikan rhythm bot discord dalam memutar musik. Perintahnya adalah disconnect ataupun dc.

Baca juga : Download Video Tanpa Software

Fitur Aplikasi Discord

Saat ingin mengetahui cara menggunakan aplikasi discord, maka fitur-fiturnya juga harus diketahui. Ketika membuka aplikasi discord pertama kali maka pengguna bisa menemukan adanya menu Friend. Disana akan terlihat status teman  tersebut sedang online atau tidak. Tidak hanya itu pengguna juga bisa menghubungkan aplikasi discord dengan Facebook untuk bisa melihat saran daftar teman Facebook yang juga menggunakan discord.

Dengan hal ini pengguna bisa menambahkan teman di Facebook tersebut sebagai teman di discord. Apabila memang ingin menambahkan teman tersebut maka bisa langsung menuju menu Friend lalu pilih add friend pada bagian kanan atas. Apabila langkah tersebut sudah dilakukan maka tinggal memasukkan discord berupa tag nama teman tersebut.

Apabila sudah bisa dikonfirmasi terkait pertemanan tersebut, maka antar pengguna sudah bisa melakukan chat melalui direct message lalu pilih teman yang akan diajak chatting. Selain chatting pengguna juga bisa melakukan komunikasi berupa video call bersama teman dengan mengakses menu pada bagian pojok kanan atas ketika berada di tampilan chatting.

Komunitas Aplikasi Discord

Perlu diketahui bahwa pengguna bisa membuat server di aplikasi discord. Server tersebut memiliki kemampuan untuk menampung hingga ratusan user discord dalam satu buah voice channel maupun channel chat. Setelah tergabung dalam satu server maka antar pengguna bisa melakukan komunikasi dengan cara memilih tanda plus di bagian pojok kanan atas lalu memilih create server.

Lanjutkan dengan mengisi beberapa identitas terkait dengan nama server serta server region. Apabila pengguna ingin mengikuti komunitas yang sudah ada, maka bisa memilih join server serta memasukkan link invite join server discord. Pada dasarnya aplikasi discord ini akan sangat memudahkan para gamer untuk melakukan komunikasi satu sama lain sehingga berbagai fitur-fitur yang tersedia bisa dijalankan untuk dapat membantu komunikasi tersebut.

Hal-Hal yang Bisa Dilakukan Melalui Aplikasi Discord

Aplikasi discord memungkinkan bagi para penggunanya untuk bisa mengganti status misalnya do not disturb online ataupun invisible. Agar bisa mengatur hal tersebut maka pengguna bisa memilih menu option lalu pilih akun yang terletak pada bagian pojok kiri atas kalau sesuaikan status yang diinginkan. Lain halnya Apabila ingin melakukan penyetelan akun maka pengguna perlu memilih menu option lalu memilih user setting yang tepat berada di pojok kanan bawah.

Untuk fitur penyetelan ini pengguna bisa melakukan pengaturan terhadap app setting, user setting dan juga logout akun. Semua pilihan pilihan yang ada di aplikasi discord ini akan membantu pengguna untuk melakukan berbagai hal yang tentunya terkait dengan komunikasi dan berbagai hal terkait privasi.

Demikian informasi terkait cara menggunakan aplikasi discord. Semoga dapat menambah informasi.

Tinggalkan komentar