Jenis – Jenis Asuransi Jiwa yang Wajib Kamu Ketahui

Ada beberapa jenis – jenis asuransi jiwa di Indonesia yang ditawarkan oleh perusahan asuransi. Tentunya dari tiap – tiap tersebut memiliki manfaat yang berbeda – beda. Silahkan pilih jenis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan yang kamu inginkan.

Untuk itu, ada baiknya kita sedikit membahas mengenai detail jenis – jenis asuransi jiwa yang ada di Indonesia saat ini.

Jenis - Jenis Asuransi Jiwa
Asuransi Jiwa

Asuransi Jiwa Berjangka (Term Life Insurance)

Jenis asuransi ini memberikan pertanggungan selama satu jangka waktu tertentu, yang biasanya disebut dengan istilah waktu polis (policy term). Adapun manfaat polis asuransi ini bisa dibayarkan ketika :

  • Si tertanggung meninggal dunia dalam jangka waktu yang telah di tetapkan, dan
  • Polis itu sendiri masih berlaku (in force) ketika si tertanggung meninggal dunia.

Ketika si tertanggung masih hidup hingga berakhirnya jangkwa waktu yang telah ditentukan. Maka polis itu akan memberikan hak pada si pemegang polis untuk melanjutkan pertanggungan asuransi jiwa. Dan jika si pemegang polis tidak melanjutkan pertanggungan tersebut, maka polis akan berakhir dan si pihak perusahaan asuransi jiwa tidak berkewajiban memberikan pertangungan selanjutnya.

Berikut adalah jenis – jenis pertanggungan asuransi jiwa berjangka :

  • Asuransi jiwa berjangka dengan uang pertanggungan tetap (Level Term Life Insurance). Jenis ini memberikan manfaat kematian dalam jumlah yang sama selama jangka waktu polis.
  • Asuransi jiwa berjangka dengan uang pertanggungan menurun (Dcreasing Term Life Insurance). Jenis ini memberikan manfaat kematian yang nilaikan akan menurun selama jangka waktu tertentu tersebut.
  • Asuransi jiwa berjangka denga uang pertanggungan meningkat (Increasing Term Life Insurance). Jenis ini membeirkan manfaat kematian yang dimulai pada suatu nilai dan meningkat dengan nilai ataupun persentase tertentu pada jangka waktu tertentu dalam polis.

Asuransi Jiwa Seumur Hidup (Whole Life Insurance)

Asuransi jiwa seumur hidup ini mempunyai 2 karakteristik, yaitu :

  1. Memberikan pertanggungan seumur hidup pada tertanggung semalam polis masih berlaku (in force), dan
  2. Memberikan pertanggungan asuransi dan mengandung unsur tabungan.

Adapun jenis – jenis pertanggungan dari asuransi jiwa seumur hidup ini adalah :

  • Asuransi jiwa seumur hidup tradisional (Traditional Whole Life Insurance). Jenis asuransi ini akan memberikan pertanggungan selama seumur hidup dengan tarif premi yang tetap (level premium rate). Nilai premi tidak akan meningkat sejalan dengan bertambahnya usia si tertanggung.
  • Last Survivor Life Insurance. Jenis asuransi ini sering disebut dengan second-to-die life insurance. Dimana merupakan jenis asuransi jiwa seumur hidup gabungan yang manfaat polisnya dibayarkan setelah kedua orang tertanggung di dalam polis telah meninggal dunia. Adapun premi asuransi jiwa ini hanya dibayarkan hingga tertanggung pertama meninggal dunia, ataupun premi dapat dibayarkan hingga kedua tertanggung meninggal dunia.
  • Asuransi jiwa seumur hiudp gabungan (Joint Whole Life Insurance). Asuransi ini mempunyai manfaat yang sama halnya seperti asuransi jiwa seumur hidup untuk individu. Kecuali jenis asuransi ini menanggung 2 jiwa dalam 1 polis yang sama. Jenis ini sering disebut dengan istilah first-do-die life insurance. Karena setelah kematia salah satu yang tertanggung, maka manfaat kematian di dalam polis akan dibayarkan kepada si tertanggung yang masih hidup dan pertanggungan polis pun berakhir.

Asuransi Jiwa Dwiguna (Endowment Insurance)

Selanjutnya ada jenis asuransi jiwa dwiguna. Jenis asuransi ini memberikan manfaat tertentu apakah tertanggung hiidup sampai akhir jangka waktu pertanggungan ataupun meninggal dunia selama jangka waktu pertanggunng tersebut. Adapun tiap polis asuransi jiwa dwiguna mempunyai tanggal jatuh tempo (maturity date). Ini merupakan tanggal pembayaran dana pertanggungan oleh perusahaan kepada si pemegang polis jika si tertanggung masih hidup. Tanggal jatuh tempo akan tercapai pada akhir suatu jangka waktu tang sudah ditetapkan. Atau ketika si tertanggung telah mencapai umur yang telah di tentukan.

Asuransi Unit Lik

Asuransi jenis ini merupakan jenis asuransi yang menggabungkan manfaat asuransi dan investasi. Adapun premi yang dibayarkan juga akan dialokasikan ke dalam dua mekanisme pengelolaan yang terpisah. Yaitu pengelolaan premi dasar bagi kepentingan proteksi dan pengelolaan premi untuk investasi. Premi investasi tersebut di pegang oleh seorang Manajer Investasi atapun seseorang ahli Investasi dalam perusahaan tersebut.

Dengan membeli jenis asuransi ini, si tertanggungg akan mendapatkan manfaat perlindungan asuransi dan juga bagi hasil atas investasi produk unit link di Indonesia yang diselenggarakan oleh perusahaan – perusahaan asuransi jiwa di Indonesia.

Demikian informasi mengenai jenis – jenis asuransi jiwa yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi di atas memberkan tambahan ilmu bagi rekan – rekan seputar asuransi jiwa yang sedang rekan – rekan cari detailnya. Terima kasih.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar