Cara Mempercepat Kinerja Windows 10, Dijamin Laptop Tidak Akan Lemot Lagi

Cara Mempercepat Kinerja Windows 10 – Windows keluaran terbaru yaitu Windows 10 sampai saat ini masih menjadi operating system yang banyak digunakan. Sudah menjadi hal umum seiring dengan berjalannya waktu, kinerja sistem operasi tersebut menurun. Oleh karenanya berikut beberapa cara mempercepat kinerja Windows 10 agar komputer tidak lemot :

6 Cara Mempercepat Kinerja Windows 10

cara mempercepat kinerja windows 10
cara mempercepat kinerja windows 10

Bersihkan Hard Disk dengan Disk Clean Up

Membersihkan hard disk dapat dilakukan dengan fitur Disk Cleanup. Ini menjadi cara mempercepat kinerja Windows 10 yang paling mudah. Disk cleanup merupakan fitur bawaan dari windows. Membersihkan cache dan file-file sampah yang tidak digunakan adalah fungsi utamanya.

Klik start, lalu ketik disk cleanup. Kemudian tekan enter untuk membukanya. Selanjutnya pilih hard disk mana yang akan dibersihkan lalu klik OK. Setelah jendela disk cleanup muncul, ceklis file mana saja yang ingin dihapus, klik lagi OK dan terakhir klik Delete Files.

Tingkatkan Optimasi Hard disk

Optimasi dan tata ulang (defragment) blok-blok memori juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kinerja Windows. Proses ini diperlukan agar dapat membaca dan menyimpan file dengan lancar. Fitur untuk melakukan proses ini yaitu Defragment and Optimize Drives.

Cara menjalankannya yaitu dengan membuka defragment and Optimize drives. Dapat dicari di kolom pencarian start. Pilih hardisk yang akan dioptimasi, kemudian klik optimize. Tunggu sampai proses optimize dan defragmentation selesai. Proses ini dapat dilakukan secara teratur.

Baca juga : Cara Merubah Suara Telepon di WhatsApp

Uninstall Aplikasi yang Tak Perlu

Beberapa pengguna pasti sering menginstal banyak aplikasi pada komputernya. Pada dasarnya, aplikasi yang diinstall di komputer akan memakan ruang penyimpanan. Apalagi aplikasi berat seperti game pasti memakan banyak ruang. Untuk itu menguninstall nya adalah solusi yang tepat.

Menguninstall aplikasi atau software dapat dilakukan dengan mengetik add or remove programs pada menu start. Lalu tekan enter untuk membukanya. Setelah terbuka, aplikasi yang terinstall akan muncul di sebelah kanan. Klik pada aplikasi yang akan di Uninstall kemudian klik Uninstall.

Ubah Pengaturan Menjadi Best Performance

Menggunakan penghemat daya pada Windows dapat memperlambat kinerja sistem operasi. Baterai memang akan menjadi lebih awet, akan tetapi kinerja PC jadi terganggu. Penghemat daya menyebabkan PC tidak melakukan pekerjaan-pekerjaan berat sehingga kinerja menjadi lambat.

Untuk itu pengguna harus mengubahnya menjadi best performance. Caranya sangat mudah. Klik icon baterai yang ada di kanan bawah. Lalu akan muncul battery setting. Pengguna dapat mengatur penggunaan baterai dengan menggeser tuas ke arah best performance.

Baca juga : Cara Melihat Pemakaian WiFi Indihome

Update Windows Secara Berkala

Pembaharuan Windows sering kali membawa banyak perbaikan yang dapat meningkatkan kinerja sistem operasi. Terutama pada Windows 10. Ini merupakan tujuan dari Microsoft yang dirancang agar dapat memperbaiki setiap bug yang sering kali mengurangi kinerja sistem operasi.

Ketik check for updates pada menu start, lalu tekan enter. Selanjutnya check di sebelah kanan jika ada pembaharuan, maka klik install now. Update akan dilakukan jika komputer terhubung dengan internet. Sebelum update, pastikan sudah mencadangkan data penting agar tidak hilang.

Matikan Program Startup

Pada saat PC/laptop dinyalakan, banyak program yang berjalan otomatis. Hal ini dinamakan startup. Program yang berjalannya pun kadang ada yang tidak begitu diperlukan. Ini bisa membuat kinerja sistem operasi sedikit melambat. Untuk itu, pengguna dapat menonaktifkannya.

Cara menonaktifkan program startup adalah dengan membuka Task Manager pada menu start. Atau tekan CTRL+ALT+Delete lalu pilih task manager. Selanjutnya pilih tab startup lalu pilih aplikasi yang tidak terlalu diperlukan, klik kanan dan klik disable.

Itulah beberapa cara mempercepat kinerja Windows 10 yang terbukti dapat meningkatkan performa sistem operasi Windows. Akan tetapi para pengguna harus melakukannya secara berkala dan terus menerus. Laptop/PC dijamin tidak akan lemot lagi.


Dapatkan informasi teknologi paling update rekomendasi dari Terminal Tekno langsung ke smartphone kamu melalui aplikasi Telegram dengan bergabung di https://t.me/terminaltekno



5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar